Mengenang "Sang Eksentrik" Bill Paxton

rottentomatoes.com

Note :
Tulisan saya ini pernah dimuat di www.kompasiana.com (klik disini) di tanggal 27 Februari 2017.

Saya agak terkejut ketika membuka halaman Facebook hari ini, seorang aktor berkarakter, spesialis pemeran pendukung di film-film Hollywood berbujet besar, telah meninggal dunia karena komplikasi jantung. Yup …  khususnya yang pernah merasa besar di era 80an dan 90an dan seorang moviegoers pasti kenal dengan sosok Bill Paxton. Film-film blockbuster dan fenomenal seperti The Terminator (1984)Aliens (1986), Predator 2 (1990), True Lies (1994), Apollo 13 (1995)  hingga Titanic (1997), turut melambungkan namanya dalam meramaikan jagat hiburan di Hollywood.

Beliau seringkali –tidak beruntung?- kebagian menjadi pemeran pendukung diantara sederetan aktor-aktris yang lebih dikenal kala itu seperti Schwarzenegger, Sigourney Weaver, Danny Glover hingga Leonardo DiCaprio. Bahkan seorang Michael Biehn pun kebagian porsi peran yang lebih besar seperti dalam film The TerminatorAliens atau Navy SEALs (1990). Tapi, tunggu dulu!  Nama Bill Paxton pernah menjadi peran utama, berduet dengan aktris Helen Hunt di film blockbusterTwister (1996) garapan Jan De Bont, yang diproduseri oleh legenda semacam Steven Spielberg.

Film tersebut adalah film kedua terlaris di tahun tersebut dengan mengumpulkan hampir 500 juta dolar Amerika. Memang film tersebut laris manis, namun lagi-lagi yang menjadi pertanyaan, apakah sosok Bill Paxton menjadikan dirinya setenar aktor-aktris lain seangkatannya? Well, lagi-lagi … hanya kritikus/penggemar film sejati/fans sejati yang bisa menilainya, bahkan saya tidak mengatahui apa-apa. Tanpa mengurangi rasa hormat sedikitpun kepada beliau, sosoknya seringkali menghidupkan dan mencairkan suasana, seringkali membuat kesal dan tertawa, serta tentunya menghibur kita para audiens.

Lupakan dengan daftar film di wikipedia atau sumber lainnya –saya lagi jenuh untuk mencari selengkap-lengkapnya-, saya hanya ingin mengenang film-film yang saya sempat tonton dengan hadirnya sosok beliau. Menjadi seorang berandalan yang ingin bermaksud menjahili sang terminator, malah akhirnya terbunuh! Menjadi seorang prajurit sok berani, namun cengeng, juga terbunuh oleh alien! Menjadi polisi ‘berisik’ pun akhirnya terbunuh oleh predator! Juga tak lupa, waktu saya menyaksikan Next of Kin (1989) yang dibintangi mendiang Patrick Swayze, pun lagi-lagi tewas terbunuh oleh salah satu gangster (jika tak salah ingat). 

Mungkin masih ada beberapa film lainnya yang ‘memaksa’ beliau untuk terbunuh entah dengan cara apa. Berbicara nama Bill Paxton, kita tak mungkin lepas dari sosok sutradara ternama, yakni James Cameron. Berkat jasa beliau lah, nama-nama seperti Sigourney Weaver, Arnold Schwarzenegger, Michael Biehn atau Bill Paxton, beberapa kali terlibat proyek kolaborasi di film The TerminatorAliensNavy SEALsTombstone atau True Lies.

Saya bukan penggemar Bill Paxton, namun satu hal yang pasti, nostalgia akan film-film yang tadi dibahas, akan menjadikan momen abadi akan satu karakter  yang begitu mengganggu sekaligus mengundang kesal dan tawa, membuat kita semua terhibur.
Rest in Peace, Bill Paxton … your eccentric characters will always be memorable !


Baca juga : Nasib Saga Terminator, The Latest and The Future

Popular Posts