My 25 Favorite Movies

Film favorit, bukan berarti film terbaik. Begitu pula sebaliknya. Jujur, mungkin jika saya beri peringkat, semua film tersebut diberikan empat bintang penuh, sesuatu yang biasa saya lakukan pada saat review film. Saya tegaskan, bahwa film adalah hasil kreasi dari seni yang digabungkan dengan unsur komersil. Hal yang umum di Hollywood, tapi kebanyakan film-film Eropa lebih mementingkan estetika sebagai nilai seni yang diangkat. 

Interpretasi dan persepsi hasil karya seni berbeda-beda dari setiap orang yang menikmatinya. Pun tak luput dari penilaian para kritikus top dunia, yang biasanya pada ‘nongkrong’ di situs rottentomatoes, misalnya. Memang, kebiasaan saya adalah menonton sebuah film, lalu saya baca referensinya di wikipedia, yang biasanya membahas kritik bersumber dari rottentomatoes dan metacritic ... maaf ya untuk imdb!. Pada akhirnya, membahas sebuah film adalah membahas selera, layaknya kita memilih makanan atau minuman.

Lalu, apa sih sebenarnya tolak ukur dari ke-25 film favorit saya itu?

Well, yang pasti ... film-film tersebut tidak pernah bosan saya tonton berkali-kali dan memiliki memori yang signifikan bagi saya. Memori signifikan? Yeahh, maksudnya adalah pertama kali saya menonton tuh film, langsung melekat di hati, bisa melalui karakter utama yang menjadi ikon pop culture, adegan atau dialog, yang gak mungkin saya lupakan. No matter para kritikus bilang apa tentang film itu, I don't give a damn about it!

Pada akhirnya, list ini bisa saja mengalami update, untuk film-film rilis yang baru (kalo ada sih, cuma jarang banget ya ...).

Dari semua jajaran film berikut, setelah saya rangkum, kebanyakan ber-genre thrillercrime dan action. Meski sebenarnya saya paling menyukai sub genre political thriller, namun saking banyak yang saya suka, sampai bingung milihnya ... maka saya pilih yang terbaik saja, seperti urutan film paling atas ini. Solet's get started :


All The President’s Men (1976)
Genre : Drama, thriller, suspense, politic
Sutradara : Alan J. Pakula
Pemain : Robert Redford, Dustin Hoffman, Jason Robards, Jack Warden, Hal Halbrook, Martin Balsam
Tak pelak, film sekaliber Oscar ini merupakan film terbaik sekaligus terfavorit (menurut saya) sepanjang masa.  Selama lebih dari dua jam, film ini menyajikan rangkaian penyelidikan dua reporter Washington Post akan skandal Watergate, dengan clue sekaligus quote yang terkenal di film itu : “Follow the money”. Karena otak saya lambat, perlu menonton lebih dari dua kali untuk mengerti jalan ceritanya adegan per adegan … sangat exciting untuk dinikmati.


The French Connection (1971)
Genre : Action, thriller, crime
Sutradara : William Friedkin
Pemain : Gene Hackman, Robert Scheider, Fernando Rey, Tony Lo Bianco, Marcel Bozzuffi
Permainan ‘petak-umpat’ antara pengedar narkotika asal Perancis dengan Polisi New York, menimbulkan berbagai konflik dan ketegangan, sekaligus berbagai kekerasan dilakukan dengan cara apapun. Film –yang juga menyabet Oscar- ini bukan film aksi polisi biasa, hingga mengejar kereta metro dengan mobil dari satu stasiun ke stasiun lain.  


Dirty Harry Series (1971, 1973, 1976, 1983, 1988)
Genre : Action, thriller, crime
Sutradara : Don Siegel, Ted Post, James Fargo, Clint Eastwood, Buddy Van Horn
Pemain : Clint Eastwood
Formula yang mirip dengan The French Connection, namun Inspektur Harry Callahan sebagai ‘the good guy’ namun juga ‘the anti-hero’ selalu berhadapan dengan berbagai kasus pembunuhan. Dengan karakter maskulin sekaligus sinis, Dirty Harry selalu melakukan ‘pekerjaan kotor’ dengan cara apapun. Sesuatu yang tak pernah ditemui di film manapun … kecuali memang terinspirasi darinya.



Bullitt (1968)
Genre : Action, thriller, crime
Sutradara : Peter Yates
Pemain : Steve McQueen, Robert Vaughn, Jacqueline Bisset
Ini bukan sekedar film balap-balapan spektakuler di jalanan San Fransisco, tapi investigasi yang dibangun secara perlahan namun pasti, ditambah teka-teki siapa penjahatnya, menjadi nilai plus yang tidak bisa dikesampingkan begitu saja. 



Where Eagles Dare (1969)
Genre : War, thriller, espionage
Sutradara : Brian G. Hutton
Pemain : Richard Butron, Clint Eastwood, Mary Ure, Ingrid Pitt
Adaptasi terbaik dari novelis beken, Alistair MacLean tersebut, menyuguhkan sebuah ‘mission quite impossible’ untuk membebaskan seorang Jenderal Amerika dari tangan Nazi. Berbagai intrik, konflik, kebingungan, tipu daya dan naluri, mengakibatkan kekacauan yang bombastis dengan latar belakang indah pegunungan di area Swiss.



First Blood (1982)
Genre : Action, war, thriller
Sutradara : Ted Kotcheff
Pemain : Sylvester Stallone, Brian Dennehy, Richard Crenna
Jangan pernah sekali-kalinya bermain api dengan seorang veteran perang! Sungguh suatu peristiwa yang fatal terjadi, ketika semuanya salah pengertian satu sama lain, meskipun hanya satu orang yang tewas karena kecelakaan!


The Terminator (1984)
Genre : Science fiction, action, thriller
Sutradara : James Cameron
Pemain : Arnold Schwarzenegger, Linda Hamilton, Michael Biehn
Adalah sesuatu yang brilian akan ide cerita mengenai sirkulasi waktu, terlebih dipadukan dengan unsur keberingasan seorang cyborg yang menjadi salah satu ikon legenda Hollywood. Pesan dari film ini adalah kita harus berjuang melalui sebuah ‘takdir’ yang memilih kamu, mesti kamu sendiri yang mungkin dapat mengendalikan ‘takdir’ tersebut.



Escape from New York (1981)
Genre : Science fiction, action, adventure, thriller
Sutradara : John Carpenter
Pemain : Kurt Russell, Lee Van Cleef, Harry Dean Stanton, Adrienne Barbeau, Ernest Borgnine, Donald Pleasance, Isaac Hayes
Dipenuhi oleh amunisi berupa jajaran aktor terkenal, namun dengan biaya yang tidak besar, membuat seorang maestro John Carpenter menjadi lebih kreatif dalam mewujudkan film aksi laga yang menghasilkan ikon seperti Snake Plissken yang berstatus cult. Mulai dari visual, angle, efek spesial yang ‘spesial’ di jamannya, dialog serta berbagai adegan aksi dan sedikit humor cerdas, semua terpadu dalam kesatuan utuh.


The Road Warrior (1981)
Genre : Science fiction, action, adventure
Sutradara : George Miller
Pemain : Mel Gibson, Bruce Spence, Virginia Hey, Vernon Wells
Sangat langka sebuah sekuel bisa lebih baik dari film pertamanya. Film fenomenal asal Australia yang mengangkat nama Mel Gibson ini, penuh dengan adegan aksi non-stop yang mendebarkan dan bikin greget. Banyak film-film sejenis, namun bagi saya kurang menarik.


Highlander (1986)
Genre : Fantasy, action, adventure, thriller
Sutradara : Russell Mulcahy
Pemain : Christopher Lambert, Sean Connery, Clancy Brown, Roxanne Hart
Unik, menjadi ikon tentunya, premis menarik yang menyentuh hati, soundtrack yang overpower, keindahan visual dataran tinggi Skotlandia … lalu apa lagi?



Back to the Future Trilogy (1985, 1989, 1990)
Genre : Science fiction, adventure, comedy
Sutradara : Robert Zemeckis
Pemain : Michael J. Fox, Christopher Lloyd, Lea Thompson, Crispin Grover
Ini bedanya yakni ingin mengubah ‘sejarah’ dari sirkulasi waktu yang terjadi. Lompatan ke masa lalu untuk merubah nasib, mengundang berbagai adegan seru nan kocak. Seri kedua lebih gila lagi, seakan ‘mengulang’ peristiwa di seri pertama, dengan sudut pandang berbeda. Banyak yang mengatakan, bahwa franchise ini tidak mungkin di remake, karena terlalu agung.



School of Rock (2003)
Genre : Musical, drama, comedy
Sutradara : Richard Linklater
Pemain : Jack Black, Joan Cusack, Mike White, Sarah Silverman, Miranda Cosgrove, Joey Gaydos Jr
Sebagai penggemar heavy metal dan classic rock, saya menemukan bahwa film ini so far the best and the most completed one. Bakat komedi dan akting brilian Jack Black dan seorang guru sekolah yang bikin ‘gregetan’ (Joan Cusack) mengundang berbagai cerita menakjubkan sekaligus mengundang tawa keras. Intinya adalah, jadilah dirimu yang sebenarnya … let it out! Oh ya, bintang utama sebenarnya, yaa anak-anak sekolah itu lho!



Grease (1978)
Genre : Musical, drama, romance
Sutradara : Randal Kleisser
Pemain : Olivia Newton-John, John Travolta
Ciri khas film tentang rebellion teenage, romansa dan petualangan yang membuktikan jati diri … semuanya terpadu apik lewat lagu dan tarian keren sepanjang sejarah. Rasanya berat sekali, begitu filmnya selesai.



 The Outsiders (1983)
Genre : Teenage, drama, adventure, romance
Sutradara : Francis Ford Coppola
Pemain : C. Thomas Howell, Matt Dillon, Ralph Macchio, Patrick Swayze, Rob Lowe, Diane Lane, Emilio Estevez, Tom Cruise
Dari sekian banyak film-film remaja terutama generasi awal Bratt Pack, mungkin inilah pionirnya, yang menggabungkan ‘all-pre-star’ (whatever the term is) dalam satu film. Kisah klasik perseteruan antar geng remaja, status sosial, romansa dan nilai-nilai hidup tertuang penuh emosi yang pas di film ini.  Superb!


A Shot in the Dark (1964)
Genre : Comedy, action, crime, mystery
Sutradara : Blake Edwards
Pemain : Peter Sellers, Elke Sommer, Herbert Lom, Burt Kwok, Geroge Sanders
Saya sebagai penyuka komedi slapstic dan menggemari The Pink Panther series –yang orisinal tentunya- juga menyukai film-film komedi arahan Blake Edwards. Tapi di seri kedua dari petualangan Inspektur Clouseau ini adalah yang terbaik dan terkocak. Penuturan cerita di film ini cukup unik, dengan gaya ala Detektif Hercule Poirot.


The Warriors (1979)
Genre : Crime, action, adventure, thriller
Sutradara : Walter Hill
Pemain : Michael Beck, James Remar, Dorsey Wright, Deborah Van Valkenburgh, Terry Michos, David Patrick Kelly
Bagaimana rasanya jika tergabung dalam sebuah geng, tiba-tiba difitnah oleh ‘geng sebelah’ yang bajingan, dan dikejar-kejar oleh seluruh geng? 


Sleepy Hollow (1999)
Genre : Horor, drama, fantasy
Sutradara : Tim Burton
Pemain : Johnny Depp, Christina Ricci, Miranda Richardson, Michael Gambon, Casper Van Dien, Jeffrey Jones
Entah mengapa, Johnny Depp -yang sekaligus idola saya- di film ini adalah yang terfavorit. Mungkinkah karena dukungan dari suasana horror gothic yang menarik dan selipan humor segar, serta nuansa suram yang menambah kengerian yang ada?


Army of Darkness (1992)
Genre : Horor, action, adventure, comedy
Sutradara : Sam Raimi
Pemain : Bruce Campbell, Embeth Davidtz
Bruce Campbell sang flamboyan yang selalu mengundang gelak tawa -meski dia sedang serius- sebagai Ash Williams, memberikan berbagai adegan super cool sekaligus konyol. Film komedi horor ini lebih komedi dibanding dua seri sebelumnya, dan pastinya lebih seru! Hiraukan berbagai efek buruk yang ada, wajarlah karena biaya produksi yang terbatas, ini bukan Spider-Man lhoo …


Halloween (1978)
Genre : Horor, slasher
Sutradara : John Carpenter
Pemain : Donald Pleasance, Jamie Lee Curtis, PJ Soles, Nancy Loomis
Dari intro di opening credit-nya saja sudah begitu mencekam … dan saya nobatkan sebagai horror original score terbaik yang pernah ada! Dari judulnya saja sudah sangat jelas dan lugas, bahwa sesuatu yang jahat terjadi di malam Halloween kepada seorang yang memakai topeng menakutkan, sekaligus menjadi ikon yang melegenda.


The Thing (1982)
Genre : Science Fiction, horor, mystery
Sutradara : John Carpenter
Pemain : Kurt Russell, Keith David, Wilford Brimley, T.K. Carter, David Clennon
Bagaimana rasanya berkelompok dan terisolir di tengah wilayah antartika yang menggigil, ditambah dengan teror mahluk asing yang tidak kita ketahui wujudnya? John Carpenter berhasil saya juluki sebagai master of body horror di film ini … ups, maaf ya David Cronenberg! Mungkin ini adalah sebuah film horror remake terbaik yang pernah ada. Jadi siapa yang terinfeksi??


The Dead Zone (1983)
Genre : Horor, drama, supernatural, mystery
Sutradara : David Cronenberg
Pemain : Christopher Walken, Brooke Adams, Martin Sheen, Tom Skerritt
Salah satu adaptasi terbaik dari maestro horor Stephen King. Nah, kali ini saya sanjung David Cronenberg, yang berhasil menterjemahkan ke dalam film dengan nyaris sempurna. Mulai dari alur cerita, sinematografi, dialog, efek spesial, hingga berbagai adegan yang membuat jantung berdetak kencang! Percayalah … beberapa adegan yang mengejutkan tersebut, bukanlah adegan horor lebay yang absurd (fantasi).


The Good, The Bad and The Ugly (1966)
Genre : Western, action, adventure
Sutradara : Segio Leone
Pemain : Clint Eastwood, Lee Van Cleef, Eli Wallach
Film ini adalah puncak kedigdayaan Clint Eastwood -yang juga aktor favorit saya- dalam dunia western movies. Epik dan perjalanan akhir the man with no name tersebut, menyajikan petualangan tiga jam yang melibatkan perburuan harta karun, di tengah-tengah Civil War. Adegan akhir di area pemakaman adalah yang terbaik dan yang tidak bisa tebak kemana arahnya.


Breakheart Pass (1975)
Genre : Western, action, adventure, thriller, espionage
Sutradara : Tom Gries
Pemain : Charles Bronson, Ben Johnson, Richard Crenna, Jill Ireland, Ed Lauter
Film dan kereta api! Dua paduan sempurna dan mengasyikan untuk ditonton. Dari beberapa film yang bagus, film inilah yang terfavorit. Lagi-lagi diadaptasi dari novelis Alistair MacLean, tidak hanya sekedar action yang disajikan oleh Charles Bronson, namun unsur intelejensi yang digaungkan cukup mempesonakan sebuah perjalanan yang berbahaya.  


Young Guns Duology (1988, 1990)
Genre : Western, action, adventure
Sutradara : Chrisopher Cain, Geoff Murphy
Pemain : Emilio Estevez, Kiefer Sutherland, Lou Diamond Phillips, Dermot Mulroney, William Peterson, Charlie Sheen, Christian Slater, Terence Stamp, Jack Palance
Mungkin banyak yang ‘underrated’ terhadap film ini, namun Emilio Estevez sebagai Billy The Kid dan kawan-kawan sangat menghibur. Aksi balas dendam tidak akan berakhir dengan damai, meski mereka dianggap pahlawan … ada simpati, ada pula antipati. Film yang muncul ketika saya remaja, menjadikan motivasi dan semangat juang para Regulators muda di dunia western, yang didominasi oleh para pahlawan dewasa atau paruh baya. 


The Punisher (1989)
Genre : Superhero, action, thriller
Sutradara : Mark Goldblatt
Pemain : Dolph Lundgren, Louis Gossett Jr, Jeroen Krabbé, Kim Miyori
Superhero favorit saya dan merupakan adaptasi film terbaik menurut saya. Meski dikategorikan ke dalam B-movie, namun penyajian The Punisher yang diperankan Dolph Lundgren sangat pas dan tidak lebay … no need a bloody ultra-violence to do that! Sangat disayangkan film ini hanya terbatas rilisnya, very rare.    




Popular Posts