Bruce Campbell : Aktor Kultus dan Raja Film Kelas-B

 www.bruce-campbell.com

Khususnya bagi kaum millennial dan generasi masa kini, mungkin hanya sedikit yang mengetahui siapa sosok yang bernama lengkap Bruce Lorne Campbell dalam dunia perfilman Amerika. Jangankan mereka, generasi 90’an aja belum tentu semuanya mengenal aktor tersebut… mengapa? Karena nama Bruce Campbell tidak terdapat di dalam jajaran aktor hits di berbagai film mainstream atau blockbuster.

Dalam dunia perfilman cult atau film-film kelas-B, namanya tentu sudah tak asing lagi, dan bahkan ia menyandang julukan sebagai “The King of B-Movies”. Gara-gara ada sebuah film horor remake di tahun 2013 itu, namanya kembali muncul sebagai salah satu produser, setelah dinanti-nantikan sejumlah fans yang menginginkan lanjutan film orisinalnya. Jika ada yang menyebut film horor EvilDead, pasti kebanyakan sudah mengetahui filmnya, dengan karakter ikonik Ash Williams.

Kesuksesan Evil Dead

Kesuksesan film Evil Dead yang dirilis tahun 1981 silam itu, adalah hasil kerjasama trio yang terdiri sineas Sam Raimi, produser Rob Tapert, serta aktor Bruce Campbell. Sekuel berlanjut dengan film Evil Dead 2 : Dead by Dawn (1987) dan Army of Darkness (1992), dengan penambahan genre komedi yang semakin kental, tanpa mengurangi intensitas horor dan gory-nya. Fans telah lama menantikan kelanjutannya, namun trio tersebut malah me-remake film Evil Dead, tanpa melbatkan karakter Ash.

Hingga di tahun 2015, trio tersebut meluncurkan serial Ash vs Evil Dead mengudara untuk pertama kalinya melalui jaringan media digital Starz, yang bisa dinikmati di televisi dan streaming online. Serial Ash vs Evil Dead sukses mengudara selama tiga sesi, namun sangat disayangkan, entah mengapa tiba-tiba Starz membatalkan dan menghentikan serial tersebut, yang akan berlanjut di sesi keempat. Kekecewaan jelas sekali untuk fans di seluruh dunia, termasuk mungkin Bruce Campbell sendiri yang akhirnya mengumumkan pensiun untuk memerankan Ash Williams.

Bruce Campbell sebagai Ash Williams di film 
Evil Dead 2 (1987). (De Laurentiis Entertainment Group)

Perjalanan Karir Melalui Film-film Kelas-B

Tampaknya memang sosok yang lahir 22 Juni 1958 di Roal Oak, Michigan tersebut, selalu identik dengan Ash Williams. Hal itu tercermin pada kemiripan karakter keduanya, terutama gaya humornya yang khas, baik dari dialog, aksi maupun mimik wajah. Karir terbesarnya dalam film layar lebar memang hanya franchise Evil Dead yang berstatus cult dan memiliki pengaruh besar dalam perindustrian film horor, serta memiliki fans loyal –yang disebut deadites- di seluruh dunia dan antar generasi.

Sepertinya memang perjalanan karir seorang aktor yang memiliki ciri khas bentuk dagu yang panjang tersebut, ‘ditakdirkan’ untuk membintangi film-film kelas-B atau low budget. Tidak seperti koleganya, Sam Raimi yang melejit lewat trilogi Spider-Man dan beberapa film blockbuster lainnya, Bruce Campbell malah bermain di film yang tak banyak dikenal orang, namun menjadi kultus, seperti Crimewave (1985), Maniac Cop (1988), Sundown : The Vampire Retreat (1989), Don Coscarelli’s Bubba Ho-Tep (2002) atau juga sekaligus membintangi serta menyutradarai film My Name is Bruce (2007).  

Tampil di Serial Televisi

Sayangnya untuk film-film yang lebih mainstream, sosoknya bisa dilihat sebagai peran kecil atau hanya sebagai cameo –bahkan beberapa diantaranya, kreditnya tidak disebut- seperti di film Darkman (1990), Congo (1995), The Hudsucker Proxy (1994), The Quick and the Dead (1995), Fargo (1996), Escape from L.A. (1996), McHale’s Navy (1997), trilogi Spider-Man (2002, 2004, 2007), The Ladykillers (2004) atau Sky High (2005). Untungnya, ia juga sempat meminjamkan suaranya dengan porsi yang lumayan di film animasi Ant Bully (2006), Cloudy with a Chance of Meatballs (2009) dan Cars 2 (2011).

Tak hanya film layar lebar atau film direct-to-video saja, di layar kaca pun, ia menjadi favorit oleh para fans-nya akan penampilan sebagai tokoh utama di serial western yakni, The Adventures of Brisco County, Jr. (1993-1994), berperan sebagai Autolycus di serial Hercules : The Legendary Journeys (1995-1999) sebanyak 10 episode. Karakter Autolycus pun kembali ia perankan di serial Xena : Warrior Princess (8 episode). Sedangkan penampilan terlamanya sebagai Sam Axe, yakni di serial Burn Notice, sebanyak 111 episode (2007-2013), serta masih banyak lagi berbagai peran tamu di serial televisi. Bahkan di tahun 2011 dibuatkan film prekuelnya, berdasarkan kesuksesan serialnya, Burn Notice : The Fall of Sam Axe.

Akting Bruce Campbell yang memorable di film kultus,
Bubba Ho-Tep (2002). (Vitagraph Films)

Gaya Akting dan Karakterisasi

Bruce Campbell bukanlah tipe aktor yang stereotip atau cenderung terjebak dalam tipe akting yang tipikal, melainkan ia mampu berakting dengan berbagai karakter yang cukup variatif. Ia bisa menjadi orang biasa, serius, nerd, konyol, antagonis, bahkan yang berwibawa sekalipun. Namun ada keunikan tersendiri dalam tipe aktingnya Bruce Campbell pada umumnya dan yang sering kita lihat, ia cenderung bergaya flamboyan dalam membawakan berbagai karakternya.

Mungkin gara-gara ia memainkan karakter Ash di film Evil Dead pertama, gaya humornya selalu ia bawa di beberapa film berikutnya. Di awal, Ash digambarkan sebagai seseorang yang biasa –bahkan cenderung nerd- namun mampu bertahan paling akhir melawan kekuatan gelap, padahal Ash bertipe pria muda pada umumnya, jauh dari fisik maupun kekuatan dan karisma yang tinggi. Apalagi di Evil Dead 2 dan Army of Darkness, karakterisasi Ash digambarkan lebih kuat –plus lebih konyol- yang selalu siap bertarung dengan deadites.

Karena karakter Ash sudah identik dengan Bruce Campbell, maka di film-film yang cenderung serius pun, ia bawa dengan sedikit sentuhan humor dan semakin umurnya bertambah, semakin flamboyan-lah gayanya. Maka dari itulah, para fans-nya pun benar-benar mengidolakan dirinya, Bruce Campbell benar-benar seorang aktor kultus.  

Atas prestasinya pun, Bruce Campbell pernah dianugerahi berbagai penghargaan seperti : Best Actor di Fangoria Chainsaw Award 1993 (Army of Darkness) dan 2004 (Bubba Ho-Tep), Best Actor on Television di 2016 dan 2017 (Ash vs Evil Dead) dan Best Actor on Television di Saturn Awards 2016 (Ash vs Evil Dead).

Aktivitasnya Selain Akting

Bruce Campbell pernah menulis dan menerbitkan aoutobiografinya, seperti If Chins Could Kill : Confessions of a B Movie Actor yang terbit di tahun 2002, dan menjadi New York Times Best Seller. Tiga tahun berikutnya, terbit sebuah buku yang ia tulis bergaya komik tentang dirinya sendiri dalam perjuangannya untuk masuk ke dalam dunia film kelas-A, dalam buku Make Love! The Bruce Campbell Way. 

Ia menjadi salah seorang co-creator, sekaligus menjadi pemandu acara kuis berjudul Last Fan Standing. Format kuis tersebut cukup unik, yakni ditayangkan langsung karena berupa tur antar kota, serta semua penonton kuis di lokasi bisa menjadi partisipan, dengan mengikuti beberapa prosedur khusus yang tertera di website-nya. Last Fan Standing sendiri adalah kuis pop culture, yang fokus pada superhero, science fiction, horor dan fantasy, cocok ditonton bagi para ‘nerds’ seperti kita-kita ini ….

Ia juga sering diundang dan selalu hadir sebagai bintang tamu untuk menghadiri acara Horror atau Science Fiction Convention, Horror Panel, Comic Con, Evil Dead Reunion di berbagai Festival atau Event yang berkaitan dengan film horor, science fiction atau cult untuk berbagai kota di Amerika atau Inggris. Mungkin atas dasar itu, Bruce Campbell sejak tahun 2014, mendirikan Bruce Campbell Horror Film Festival yang diorganisasi dan dinarasikan oleh dirinya sendiri. Festival tersebut dipersembahkan oleh Wizard World, yang merupakan bagian dari Chicago Comiccon dan berlangsung setahun sekali.

www.portlandtribune.com

Performanya yang Selalu Menghibur

Performa Bruce Campbell diluar kamera film, selalu dinanti-nantikan para penggemarnya yang hadir dalam berbagai acara yang telah saya sebutkan diatas, baik dalam kuis apalagi di berbagai talkshow, liveshow, temu penggemar, Q&A (sesi tanya jawab), dan lain sebagainya. Kemampuan komedinya di setiap kemunculan berbagai event tersebut, bukanlah komedi standar layaknya selebritis umumnya.

Jika anda pernah menonton film-filmnya Bruce Campbell -terutama Evil Dead- gaya humornya ia lakukan diluar kamera setiap ada talkshow atau temu penggemar (coba anda tonton di Youtube). Sepertinya ia menggunakan gaya dengan apa yang disebut sebagai Insulting Comedy atau Comic Comedy, sebuah genre komedi yang dipopulerkan oleh legenda Don Rickles. Bedanya, Bruce Campbell tidak bersentuhan ras atau etnik, agama atau tradisi, seperti yang Don Rickles lakukan, respectively. Sasaran humor Bruce memang audiensnya itu sendiri atau rekan-rekannya ketika mereka tampil bersama.

Jika anda perhatikan di Youtube, misalnya ketika ada Evil Dead Reunion atau temu penggemar film Evil Dead (2013) versi remake, hanya Bruce Campbell seorang yang selalu menjadi pusat perhatian, karena ia mampu memberikan kesan luar biasa kepada para penggemar dan audiens, terutama dari sisi humor yang ia lontarkan. Atau tontonlah di salah satu talkshow, ketika Bruce diminta untuk menjadi pembawa berita cuaca dan berbagai obrolan setelahnya, bagaimana kedua host bahkan cameraman bisa tertawa terbahak-bahak dengannya.

Seorang Bruce Campbell tidak hanya bisa berakting dengan baik, tapi bisa melakukan komedi atau humor yang selalu mengundang tawa. Jika umumnya, aktor-aktris komedi muncul di film karena sebelumnya mereka pernah menjadi komedian (salah satunya, standing comedy), maka Bruce Campbell melakukan hal yang sebaliknya. Gaya komedinya ia asah melalui berbagai film yang ia bintangi.

Maka tak salah, jika para penggemarnya begitu mencintainya … Groovy!  Hail to the King of B-Movies!

Sumber Referensi :
www.bruce-campbell.com | en.wikipedia.org | dan sumber-sumber lainnya


Baca juga : Head to Head (Spoiler) : Evil Dead 1981 vs 2013

Popular Posts