Bruce Campbell: Aktor Kultus dan Raja Film Kelas B

bruce campbell aktor kultus raja film kelas b
bruce-campbell.com

Khususnya bagi kaum milenial dan generasi masa kini, mungkin hanya sedikit yang mengetahui siapa sosok yang bernama lengkap Bruce Lorne Campbell dalam dunia perfilman Amerika.

Jangankan mereka, generasi 90’an aja belum tentu semuanya mengenal aktor tersebut, mengapa? Karena nama Bruce Campbell tidak terdapat di dalam jajaran aktor populer melalui jalur utama.
 
Campbell lebih populer dalam perfilman kelas B yang bersifat kultus (berstatus cult), sehingga ia menyandang predikat “The King of B-Movies”. Gara-gara ada sebuah film horor yang dibuat ulang tahun 2013 itu, namanya kembali muncul sebagai salah satu produser, setelah dinanti-nantikan sejumlah penggemar yang menginginkan lanjutan film orisinalnya.

Jika ada yang menyebut film horor Evil Dead, pasti kebanyakan sudah mengetahui filmnya, melalui karakter ikonik Ash Williams.


Kesuksesan Film 'The Evil Dead'

Sebuah film horor yang dirilis tahun 1981 silam itu, adalah hasil kerjasama trio yang terdiri sineas Sam Raimi, produser Rob Tapert, serta aktor Bruce Campbell.

Dua sekuel berlanjut di film Evil Dead 2 : Dead by Dawn (1987) dan Army of Darkness (1992), dengan penambahan komedi yang semakin kental, tanpa mengurangi intensitas horor dan elemen sadisnya. 

Baca juga: Head to Head (Spoiler) : Evil Dead 1981 vs 2013  

Para penggemar telah lama menantikan kelanjutannya, namun trio tersebut malah membuat ulang film, tanpa melibatkan karakter Ash. Hingga di tahun 2015, trio tersebut meluncurkan serial Ash vs Evil Dead yang mengudara untuk pertama kalinya melalui jaringan media digital Starz.
 
Serial tersebut sukses mengudara selama tiga sesi, namun sangat disayangkan, entah mengapa tiba-tiba Starz membatalkan dan menghentikan serial tersebut, yang seharusnya berlanjut di sesi ke-4. Kekecewaan jelas sekali untuk fans di seluruh dunia, termasuk mungkin Campbell sendiri yang akhirnya mengumumkan pensiun dalam memerankan Ash.

bruce campbell aktor kultus raja film kelas b
Bubba Ho-Tep (2002), Vitagraph Films

Perjalanan Karir Melalui Sejumlah Film Kelas B
 
Tampaknya memang sosok yang lahir 22 Juni 1958 di Roal Oak, Michigan tersebut, selalu identik dengan Ash Williams. Hal itu tercermin pada kemiripan karakter keduanya, terutama gaya humornya yang khas, baik dari dialog, aksi maupun mimik wajah.

Karir terbesarnya dalam film layar lebar memang hanya waralaba film Evil Dead yang kultus itu dan memiliki pengaruh besar dalam perindustrian film horor, serta memiliki fans loyal –yang disebut deadites- di seluruh dunia dan antar generasi.

Baca juga: Bubba Ho-Tep (2002) : Elvis vs Mumi

Sepertinya memang perjalanan karir seorang aktor yang memiliki ciri khas bentuk dagu yang panjang tersebut, ‘ditakdirkan’ untuk membintangi film-film kelas B dengan biaya rendah.

Tidak seperti koleganya, Sam Raimi yang melejit lewat trilogi Spider-Man serta sejumlah film laris lainnya, Campbell malah bermain di film yang tak banyak dikenal orang, namun menjadi kultus, seperti Crimewave (1985), Maniac Cop (1988), Sundown : The Vampire Retreat (1989), Bubba Ho-Tep (2002) serta sekaligus menyutradarai My Name is Bruce (2007).


Tampil di Serial Televisi
 
Sayangnya untuk sejumlah film populer, sosoknya bisa dilihat melalui peran kecil atau cameo seperti dalam film Darkman (1990), Congo (1995), The Quick and the Dead (1995), Fargo (1996), Escape from L.A. (1996), McHale’s Navy (1997), trilogi Spider-Man (2002, 2004, 2007), The Ladykillers (2004) serta Sky High (2005).

Untungnya, ia juga sempat meminjamkan suaranya dengan porsi peran yang cukup besar di film animasi Ant Bully (2006), Cloudy with a Chance of Meatballs (2009) dan Cars 2 (2011). 

Tak hanya film layar lebar atau film format video (direct-to-video) saja, di layar kaca pun, Campbell selalu menjadi favorit sebagai tokoh utama dalam serial western yakni, The Adventures of Brisco County, Jr. (1993-1994), sebagai Autolycus di serial Hercules : The Legendary Journeys (1995-1999) sebanyak 10 episode.

Ia mengulangi peran Autolycus di serial Xena : Warrior Princess sebanyak 8 episode. Sedangkan penampilan terlamanya sebagai Sam Axe, yakni di serial Burn Notice, sebanyak 111 episode (2007-2013). Bahkan di tahun 2011 dibuatkan film prekuelnya berdasarkan kesuksesan serialnya, Burn Notice : The Fall of Sam Axe.

bruce campbell raja film kelas b
Evil Dead 2 (1987). De Laurentis Entertainment Group

Gaya Akting dan Karakterisasi

Campbell bukanlah tipe aktor yang stereotip atau cenderung terjebak dalam tipe akting yang tipikal, melainkan ia mampu berakting dengan berbagai karakter yang cukup variatif.

Ia bisa menjadi orang biasa, serius, kutu buku, konyol, antagonis, bahkan yang berwibawa sekalipun. Namun ada keunikan tersendiri dalam tipe aktingnya Campbell pada umumnya dan yang sering kita lihat, ia cenderung bergaya flamboyan dalam membawakan berbagai karakternya.

Mungkin berawal dari karakter Ash dalam The Evil Dead, gaya humornya selalu ia bawa di beberapa film berikutnya. Karakter Ash digambarkan sebagai seseorang yang biasa –bahkan cenderung nerd- namun mampu bertahan paling akhir melawan kekuatan jahat, padahal Ash merupakan pria biasa, jauh dari fisik maupun kekuatan dan karisma yang tinggi.


Baca juga: 3 Sekuel 'Evil Dead' yang Pantas Anda Tonton

Terlebih dalam Evil Dead 2 dan Army of Darkness, karakternya digambarkan lebih kuat serta konyol tentnunya, yang selalu siap bertarung dengan deadites.

Karena karakter Ash sudah identik dengan Campbell, maka di sejumlah film yang cenderung serius pun, ia bawa dengan sedikit sentuhan humor. Maka dari itulah, fans-nya pun benar-benar mengidolakan dirinya, ia boeh dikatakan sebagai seorang aktor kultus sejati.

Atas prestasinya pun, ia pernah dianugerahi berbagai penghargaan seperti : Best Actor di Fangoria Chainsaw Award 1993 (Army of Darkness) dan 2004 (Bubba Ho-Tep), Best Actor on Television di 2016 dan 2017 (Ash vs Evil Dead) dan Best Actor on Television di Saturn Awards 2016 (Ash vs Evil Dead).

 

Aktivitasnya Selain Akting

Campbell pernah menulis dan menerbitkan aoutobiografinya, seperti If Chins Could Kill : Confessions of a B Movie Actor yang terbit di tahun 2002, dan menjadi New York Times Best Seller.


Tiga tahun berikutnya, terbit sebuah buku yang ia tulis bergaya komik tentang dirinya sendiri dalam perjuangannya untuk masuk ke dalam dunia film kelas A, dalam buku Make Love! The Bruce Campbell Way.

Ia menjadi salah seorang co-creator, sekaligus menjadi pemandu acara kuis berjudul Last Fan Standing. Format kuis tersebut cukup unik, yakni ditayangkan langsung karena berupa tur antar kota, serta semua penonton kuis di lokasi bisa menjadi partisipan, dengan mengikuti beberapa prosedur khusus yang tertera di situsnya.


Kuis tentang budaya populer itu sendiri fokus pada konten superhero, fiksi ilmiah, horor dan fantasi.

Campbell juga sering diundang dan selalu hadir sebagai bintang tamu untuk menghadiri acara Horror atau Science Fiction Convention, Horror Panel, Comic Con, Evil Dead Reunion di berbagai festival atau event yang berkaitan dengan film horor, fiksi ilmiah atau cult untuk berbagai kota di Amerika Serikat dan Inggris.

Mungkin atas dasar itu, sejak tahun 2014, ia mendirikan Bruce Campbell Horror Film Festival yang diorganisasi dan dinarasikan oleh dirinya sendiri. Festival tersebut dipersembahkan oleh Wizard World, yang merupakan bagian dari Chicago Comic Con dan berlangsung setahun sekali.

profil bruce campbell
pop-culture.com

Performanya yang Selalu Menghibur

Performa Campbell di luar kamera atau layar, selalu dinanti-nantikan para penggemarnya yang hadir dalam berbagai acara yang telah saya sebutkan diatas, baik dalam kuis apalagi di berbagai talkshow, liveshow, jumpa penggemar, Q&A (sesi tanya jawab), dan lain sebagainya.

Kemampuan komedinya di setiap kemunculan berbagai event tersebut, bukanlah komedi standar layaknya selebritis umumnya. Jika anda pernah menonton film-filmnya -terutama Evil Dead- gaya humornya ia lakukan diluar kamera setiap ada talkshow atau temu penggemar.

Sepertinya ia menggunakan gaya dengan apa yang disebut sebagai Insulting Comedy atau Comic Comedy. Sasaran humornya memang audiensnya itu sendiri atau rekan-rekannya ketika mereka tampil bersama.

Jika anda perhatikan di Youtube, misalnya ketika ada Evil Dead Reunion atau temu penggemar film Evil Dead (2013) versi reboot, hanya Campbell seorang yang selalu menjadi pusat perhatian, karena ia mampu memberikan kesan luar biasa kepada para penggemar dan audiens, terutama dari sisi humor yang ia lontarkan.

Atau tontonlah di salah satu talkshow, ketika ia diminta untuk menjadi pembawa berita cuaca dan berbagai obrolan setelahnya, bagaimana kedua host bahkan cameraman bisa tertawa terbahak-bahak dengannya.

Seorang Bruce Campbell tidak hanya bisa berakting dengan baik, tapi bisa melakukan komedi atau humor yang selalu mengundang tawa. Jika umumnya, aktor/aktris komedi muncul di film karena sebelumnya mereka pernah menjadi komedian seperti standing comedy, maka ia melakukan hal yang sebaliknya.

Gaya komedinya ia asah melalui berbagai film yang ia bintangi. Maka tak salah, jika para penggemarnya begitu mencintainya … Groovy!  Hail to the King of B-Movies!

Sumber Referensi :
www.bruce-campbell.com | en.wikipedia.org

Comments