The Changeling (1980) : Bukan Sekadar Film Hantu

the changeling bukan sekadar film hantu
Associated Film Distribution

Film horor tentang hantu sudah terlalu banyak dirilis, baik yang serius, komedi, maupun yang bersifat psikologis.

Sejauh yang saya ketahui dalam dua dekade sebelumnya, sub genre tersebut agak langka ditemui seperti The Frighteners (1996), The Sixth Sense (1999) atau The Others (2002). Baru marak kembali dalam dekade ini, ketika sineas James Wan mempopulerkan Insidious dan The Conjuring.

Baca juga: The Nun (2018) : Horor Gothic yang Kurang Asyik

Salah satu elemen mendebarkan di sejumlah film hantu, biasanya sering kita temukan di jaman sekarang, yakni jump scare melalui kualitas audio yang semakin canggih, serta visual yang lebih tajam dan sempurna, tak lupa peran CGI!

Dari sekian banyak film hantu yang pernah dirilis, The Changeling adalah produksi Kanada yang disutradari oleh sineas Inggris kelahiran Hungaria, Peter Medak, merupakan salah satu yang terbaik dan unik, sehingga boleh dikatakan bukan sekadar film hantu.

Film The Changeling mengisahkan John Russell (George C. Scott), seorang komposer dan pianis mengalami trauma akibat kecelakaan yang menewaskan istri dan putrinya dalam sebuah perjalanan.

Untuk melanjutkan hidupnya, ia pindah ke kota Seattle dan menyewa sebuah rumah tua di pinggir kota, lewat seorang agen bernama Claire Norman (Trish Van Devere) yang bekerja pada Historic Society.

Namun saat ia tinggal di rumah tersebut, berbagai kejanggalan mulai terjadi, seperti suara logam yang dipukul keras berkali-kali setiap pukul 6 pagi, hingga pecahnya kaca jendela dari lantai paling atas. Ia lalu menemukan sebuah pintu tersembunyi di lantai paling atas, dan ada sebuah tangga sempit menuju ke sebuah ruangan berdebu.

review film the changeling
Associated Film Distribution

Ternyata dari ruangan itulah kaca jendela yang pecah itu, ia menemukan sebuah kursi roda untuk anak kecil, sebuah music box dan catatan yang berinisial C.S.B tertera tahun 1909. Penasaran, ia mendatangi kantor Claire dan sempat diwanti-wanti oleh kolega Claire, bahwa rumah tersebut seharusnya tidak dihuni, karena tidak menginginkan sosok manusia yang tinggal.

Penyelidikannya bersama dengan Claire, mulai mengarah kepada titik terang terhadap misteri di rumah tersebut. Mereka juga sempat mengundang seorang paranormal untuk berkomunikasi dengan hantu tersebut.

Lalu pada beberapa kejadian berikutnya, mereka mengalami berbagai kejutan yang tak disangka sebelumnya.

Secara keseluruhan, kisah yang disajikan di film ini lebih menekankan kepada aspek misteri atau suspens dan psikologis.

Berbagai kengerian dan ketegangan yang dibangun secara perlahan, cukup membuat bulu kuduk berdiri di beberapa adegan tertentu, terutama dalam kegelapan di dalam rumah besar tersebut, apalagi di malam hari.

Film The Changeling tidak menghadirkan sosok roh halus yang menyeramkan, karakter John Russell hanya mendapat beberapa visual atau penglihatan melalui adegan mengejutkan, berupa berbagai potongan kejadian peristiwa pembunuhan yang terjadi di rumah tersebut.

Alur cerita pun dibuat dengan lebih berhati-hati dalam berbagai pengalaman yang dilalui oleh Russell, sepeninggal istri dan anaknya dalam sebuah insiden, kemudian ia bertemu dengan Claire yang sepertinya mampu menggantikan peran mantan istrinya, sehingga mereka cepat akrab, meski romantisme diantara mereka tidak dirasakan secara langsung.

ulasan sinopsis the changeling
Associated Film Distribution

Sosok hantu yang mengganggu Russell, yang disinyalir ingin berkomunikasi dengannya, bisa jadi erat kaitannya dengan insiden tewasnya istri dan anaknya, yang menyebabkan ia sangat merasa kehilangan. Namun segera setelah itu, bunyi dentuman logam nyaring berkali-kali, membuat ia tersadar akan sesuatu yang janggal dalam rumah tersebut.

Cerita selanjutnya adalah lebih kepada penelusuran dan investigasi misteri hantu yang mendiami rumah tersebut, yang berujung kepada usaha Russell untuk memperbaiki kehidupannya dalam duka dan keterpurukan, dengan menjalin kembali hubungan baru dengan Claire, sekaligus melakukan sesuatu yang baik dalam hidupnya.

Performa George C. Scott sebagai Russell, dirasa cukup baik untuk membawakan sosok sebagai suami dan ayah yang begitu kehilangan dan mencoba ikhlas sekaligus bangkit dalam kehidupan barunya.

Sedangkan aktor/aktris pendukung seperti Trish Van Devere sebagai Claire Norman terlihat standar, hanya saja aktor veteran Melvyn Douglas sebagai Senator Carmichael tak kalah menonjolnya, akan karakter yang angkuh dan keras kepala.

Berbagai setting di area Seattle pada musim hujan pun sangat mendukung aura kesenduan karakter John Russell beserta keseraman cerita hantunya. Suasana tenang dan sepinya lingkungan rumah yang ditempati oleh John, dan rumah besarnya itu yang klasik bergaya Victoria di awal abad 20.

Tak lupa pula, adamya adegan memorable berupa percakapan antara Russell dan Claire di sebuah gedung kecil tiga lantai yang merupakan kantor Historic Society, yang terletak persis di depan pertigaan jalan raya yang sepi, dengan teras mungil yang indah di bagian rooftop-nya beserta latar jajaran gedung lain dengan ketinggian yang sama, sangat memanjakan mata.

bukan sekadar hantu film the changeling
Associated Film Distribution

Kepiawaian sineas Peter Medak dalam mengarahkan sorotan kameranya pun terkesan megah nan klasik, kebanyakan menyorot dari posisi atas, seperti ketika Russell bertemu dengan Claire di depan rumah yang akan ditempatinya.

Lalu mobil mereka memasuki jalan kecil menuju rumah tersebut, namun kamera tidak mengikuti mobil tersebut, malah perlahan naik keatas melewati dinding tinggi, hingga tampak mobil mereka mendekati pekarangan rumah tinggi dan besar, yang dikelilingi oleh ranting pohon-pohon besar yang menjulang tinggi.

Juga berbagai sorotan kamera dari posisi atas diambil di dalam rumah yang luas dan besar tersebut, karena rumah itu memiliki mezanin yang dihubungkan dengan tangga hingga ke lantai tiga, sehingga terkesan ada kehadiran hantu seperti sedang mengamati.

Scoring berupa dentuman piano dan terkadang bersamaan dengan orkestra pun dimainkan dalam beberapa sekuen, misalnya ketika Russell berada di area kampus atau suasana romantis Russell dan Claire sedang berkuda di alam terbuka sekitar rumahnya.

Baca juga: Dead Silence (2007) : Horor Ventriloquisme Modern Rasa Klasik

The Changeling memang bukan sekadar film hantu semata dengan jalinan kisah misteri yang sederhana, namun cukup kompleks dan tersusun rapi, sehingga kita mudah mengikuti alurnya, dengan kejutan yang tidak kita sangak sebelumnya.

Film ini pun sepertinya merefleksikan bagaimana karakter Russell sepertinya kembali mengulangi hal yang mirip dengan masa lalunya, melalui sebuah penebusan yang dirasa sanggup untuk dilakukannya.

Kehebatan film The Changeling yakni tidak diperlukan efek spesial dengan pencapaian visual untuk mewujudkan sesuatu yang khusus, karena narasinya itu sendiri yang bisa menggugah rasa penasaran, dengan penyelesaian yang memuaskan, tanpa mengurangi atmosfir horor yang kuat.

Score : 4 / 4 stars

The Changeling | 1980 | Drama, Horor, Thriller | Pemain: George C. Scott, Trish Van Devere, Melvyn Douglas, John Colicos, Jean Marsh, Helen Burns, Madeline Sherwood | Sutradara: Peter Medak | Produser: Joel B. Michaels, Garth H. Drabinsky | Penulis: Russell Hunter, William Gray, Diana Maddox | Musik: Rick Wilkins | Sinematografi: John Coquillon | Distributor: Associated Film Distribution | Negara: Kanada | Durasi: 107 Menit

Comments