Happy Death Day 2U (2019) : Terungkapnya Misteri Pusaran Waktu

happy death day 2u terungkapnya misteri pusaran waktu
Universal Pictures

Sinema horor komedi review Happy Death Day 2U, film sekuel dengan terungkap nya misteri pusaran waktu.

Happy Death Day 2U adalah sekuel dari film Happy Death Day (2017) dengan penjelasan tentang misteri pusaran waktu, akhir nya terungkap sudah.

Sebelum tonton sekuel ini, wajib simak Happy Death Day karena cerita misteri pusaran waktu itu bersambung menuju film sekuel ini.

Happy Death Day 2U masih ditangani sejumlah kru yang sama, mulai sutradara Christopher Landon, produser Jason Blum, serta para aktor diantaranya Jessica Rothe, Israel Broussard, Phi Vu, serta Ruby Modine.

Adapun dalam film ini, terdapat dua karakter figur baru yang membuat cerita semakin seru.

Baca juga: Horor Rasa Baru itu ada di Film 'Happy Death Day'

Formula Happy Death Day 2U mirip dengan Back to the Future Part II (1989) namun tetap saja menyisakan misteri lain, mengapa figur utama yaitu Tree terlibat dalam insiden tersebut.

Kali ini, Christopher Landon sendiri menuliskan naskah film, berupaya keras jelaskan situasi dari film sebelum nya, serta mengembangkan lanjutan yang sengaja disimpan sebagian, antisipasi untuk sekuel terbaru.

Happy Death Day 2U memberikan porsi yang lebih besar kepada figur Ryan (Phi Vu), teman sekamar Carter (Israel Broussard). 

Dalam film Happy Death Day, Ryan adalah seseorang yang selalu mengetuk pintu kamar Carter, tak lama setelah Tree yang selalu terbangun dari tempat tidur.

Namun kali ini justru Ryan terperangkap pusaran waktu dan terbunuh oleh sosok yang mengenakan topeng itu.

Dalam proses tersebut, sebuah insiden terjadi, akibat nya Tree kembali terperangkap dalam pusaran waktu yang sama, sehingga mengulangi serangkaian kejadian yang ia alami sebelumnya.


review film happy death day 2u
Universal Pictures

Upaya Tree dengan meminta bantuan kepada Carter, Ryan, Samar (Shuraj Sharma), dan Dre (Sarah Yarkin), ternyata diluar prediksi, maka berbagai kejutan tak terduga pun hadir.

Cerita Happy Death Day 2U memberikan penjelasan cukup gamblang tentang proses pusaran waktu, namun tetap saja masih menyisakan misteri, mengapa hanya Tree dan Ryan yang terperangkap?

Dalam salah satu adegan dialog, film Back to the Future Part II pun sempat dijadikan referensi diantara Carter dan Ryan.
 
Dengan terungkapnya misteri pusaran waktu tersebut, maka Happy Death Day 2U terkesan klise dan kurang segar, bagaikan membuat ulang dari beberapa film klasik sejenis, melalui skenario berbeda, 

Mungkin saja dalam pengembangan cerita selanjutnya, sejumlah figur lain bakal terperangkap dalam pusaran waktu yang sama seperti hal nya premis waralaba film Final Destination.

Meski demikian, sajian alur cerita Happy Death Day 2U lebih variatif, apalagi terhadap figur Tree kembali terperangkap pusaran waktu, sehingga muncul peristiwa alternatif.


Satu hal signifikan berkenaan dengan tema keluarga, dirasa sangat menyentuh dan emosional, namun penyelesaian menuju hasil akhir dirasa tidak terasa istimewa.

Selain itu, terkesan ada ada penurunan untuk adegan aksi, termasuk aspek "fun" akan interaksi antara figur Tree dengan sejumlah figur lain, serta lingkungan sekitar. 

Ada satu adegan humor yang terbaik saat Tree bunuh diri dengan hanya memakai bikini, melompat dari sebuah pesawat dan jatuh tepat dihadapan Carter dan Danielle yang sedang bercumbu.

ulasan sinopsis happy death day 2u
Universal Pictures

Pengungkapan sang figur pembunuh bertopeng juga seperti seperti dipaksakan, kurang nya seklias serta akurat, sehingga boleh jadi ada sejumlah lubang alur cerita tersisa.

Elemen dramatis antara figur Tree, baik dengan Carter, maupun dengan sang ayah dibuatkan lebih menarik dan emosional, sebagai penyeimbang dari berbagai kelemahan yang ada dalam film ini. 

Intensitas adegan saat para figur protagonis berhadapan dengan sang pembunuh dalam sejumlah adegan, termasuk jump scare cukup mengejutkan sekaligus membingungkan dalam waktu bersamaan.

Performa Jessica Rothe sebagai Tree saya nilai lebih baik terhadap pengembangan karakter lebih dalam dan matang dalam bersikap dan bertindak.

Sedangkan figur Ryan yang diperankan Israel Broussard punya porsi yang lebih besar daripada film sebelum nya, namun tetap standar. 

Happy Death Day 2U sebagai sekuel jelas kalah kualitas dari Happy Death Day, seperti prediksi saya, baik dalam pengembangan cerita maupun aksi seru.

Bagaimanapun juga, Happy Death Day 2U tetap jadi tontonan menghibur dan masih layak sebagai sekuel melalui premis akan alur alternatif, disertai berbagai kejutan ringan.

Itulah sinema horor komedi review Happy Death Day 2U, film sekuel dengan terungkap nya misteri pusaran waktu.

Score : 2.5 / 4 stars

Happy Death Day 2U | 2019 | Slasher, Thriller, Misteri, Fiksi Ilmiah | Pemain: Jessica Rothe, Israel Broussard, Phi Vu, Shuraj Sharma, Sarah Yarkin, Ruby Modine | Sutradara: Christopher Landon | Produser: Jason Blum | Penulis: Berdasarkan kisah karya Scott Lodbell. Naskah: Christopher Landon | Musik: Bear McCreary | Sinematografi: Toby Oliver | Distributor: Universal Pictures | Negara: Amerika Serikat | Durasi: 100 Menit

Comments