The Dirt (2019) : Karir dan Kontroversi Mötley Crüe

the dirt karir motley crue
Netflix

I have managed the Scorpions, Bon Jovi, Skid Row, KISS. I had been dragged to the deepest s**t with all kind of mentally ill people. But I have never been through what Mötley Crüe put me through.” Doc McGhee

Sex, Drugs and Rock & Roll!

Sinema drama biopic musikal review The Dirt, perjalanan karir dan kontroversi rock band Mötley Crüe.

The Dirt adalah biografi perjalanan karir penuh kontroversi rock band populer Mötley Crüe pada era 1980'an.

Slogan "Sex, Drugs and Rock & Roll" memang diterapkan Mötley Crüe dalam film The Dirt.

Para musisi dan band rock termasuk heavy metal pada era 1980'an kala itu mampu bersaing dengan musik pop, apalagi kehadiran MTV mendongkrak popularitas termasuk 
Mötley Crüe.

Mötley Crüe termasuk salah satu genre glam metal melalui penampilan rambut panjang bergelombang, jubah super ketat berbahan spandek, terkadang pakai syal, serta riasan muka terutama eyeliner.

Ciri khas lirik rock band era 1980'an cenderung "fun" dan tidak jauh dari kisah cinta melalui tembang balada.

the dirt kontroversi motley crue
Netflix

Bersama dengan Twisted Sister, Hanoi Rocks dan bahkan Def Leppard, Mötley Crüe adalah salah satu band pionir dalam popularitas glam metal, dengan penjualan lima album mereka dengan status multi platinum di Amerika.

Film The Dirt merupakan adaptasi dari biografi Mötley Crüe berjudul The Dirt: Confessions of the World’s Most Notoriuos Rock Band dalam perjalanan karir band dan kontroversi masing-masing anggota yang dicap sebagai "bad boys".

Mulai dari isu satanisme dalam album Shout at the Devil, Vince Neil masuk penjara akibat kecelakaan moibil menewaskan drummer Hanoi Rocks, Nikki Six sempat mati suri karena heroin, hingga kehidupan liar Tommy Lee.

The Dirt mengisahkan pada tahun 1981 saat pemain bass Nikki Sixx (Douglas Booth) meninggalkan band London.

Ia bertemu dengan pemain drums Tommy Lee (Colson Baker) dan mengadakan audisi seorang gitaris, sehingga Mick Mars (Iwan Rheon) akhir nya bergabung.

Saat mereka mencari vokalis, Tommy Lee memberi rekomendasi Vince Neil (Daniel Webber) yang punya pesona terhadap para gadis terpesona, sehingga terbentuk band Mötley Crüe.

Konser mereka dinilai atraktif, maka tawaran rekaman datang dari Elektra Records melalui Tom Zutaut (Pete Davidson) dengan kontrak sebanyak lima album, serta seorang manajer yaitu Doc McGhee (David Costabile).

Perjalanan karir musik mereka tak lepas dari pesta, seks dan narkoba, serta dalam sebuah tur melakukan sejumlah hal gila dan menjijikkan bersama Ozzy Osbourne (Tony Cavalero) di sebuah hotel.

film the dirt biopic motley crue
Netflix

Setahun setelah mereka rilis album kedua, dalam sebuah pesta di Redondo Beach, Tommy Lee bertemu dengan aktris Heather Locklear (Rebekah Graf) lalu mereka menikah.

Sedangkan insiden terjadi saat Vince Neil mengemudikan mobil dan kecelakaan fatal, menewaskan seorang penumpang yaitu Razzle (Max Milner) drummer band Hanoi Rocks.

Vince Neil masuk penjara tiga puluh hari, sementara masa lalu kelam Nikki Sixx menjadikan dirinya sebagai pecandu heroin, serta kelakuan destruktif terhadap sesama anggota band.

Nikki Sixx marah terhadap Doc McGhee dan memecat nya, karena mempertemukan dirinya dengan sang ibu yang memiliki hubungan buruk di masa kecil.

Ia semakin kecanduan heroin dan overdosis, sempat dinyatakan tewas oleh tim paramedis dan media, namun berhasil hidup kembali dan menjalani rehabilitasi, sebelum Mötley Crüe rilis album Dr. Feelgood.

Karena jauh dari keluarga, Vince Neil ditinggalkan sang istri, Sharise dan putri belia nya yaitu Skylar. Ia sempat bersitegang dengan anggota band, akibat nya ia keluar dari 
Mötley Crüe.

Vince Neil semakin tertekan dan sedih setelah mengetahui bahwa Skylar mengidap kanker dan akhir nya meninggal. Sementara Mötley Crüe merekrut vokalis baru, John Corabi dan merilis album baru di tengah serbuan musik grunge.

Selain itu, Tommy Lee diceraikan Heather Locklear karena hubungan gelap dirinya dengan bintang porno, adapun Mick Mars menjalani perawatan tulang belakang yang dideritanya sejak lama.

review film the dirt
Netflix

Kegagalan album Mötley Crüe membuat penggemar minta Vince Neil kembali, sehingga Nikki Sixx punya inisiasi untuk rekonsiliasi sesama anggota band.

Mötley Crüe pun kembali dengan format semula dengan merilis beberapa album dan tur hingga perpisahan mereka di tahun 2015, dan kemudian reuni kembali hingga saat ini.

Meski cerita film The Dirt diawali pada tahun 1981, namun suara narator pertama diisi figur Nikki Sixx dengan kilas balik masa remaja bernama asli Frank Feranna, Jr yang ditinggali sang ayah dan ia diasuh sang ibunya dengan buruk.

Ia berkelana menuju Kota Los Angeles dan mengganti nama jadi "Nikki Sixx". 

Saat alur cerita kembali di tahun 1981 dan Tommy Lee menghampiri nya, giliran Tommy Lee sendiri isi suara narasi melalui kehidupan masa remaja dan keluarga yang harmonis, begitu pun dengan Mick Mars.

Tidak seperti film Bohemian Rhapsody yang agak keluar dari kronologi urutan lagu saat adegan rekaman, rilis, serta dalam konser dari perjalanan karir Queen, film The Dirt tetap setia karena faktual.


Baca juga: Bohemian Rhapsody (2018) : Mengenang 45 Tahun Karir Queen

Meski demikian ada beberapa hal janggal, dalam film ini Doc McGhee adalah manajer pertama 
Mötley Crüe, tapi sesungguhnya adalah manajer kedua setelah Allan Coffman.

Pertemuan pertama Tommy Lee dan Heather Locklear bukan dalam sebuah pesta, namun di belakang panggung konser REO Speedwagon, juga Heather Locklear adalah orang kedua yang dinikahi Tommy Lee.

ulasan film the dirt
Netflix
 
Selain itu Doc McGhee dipecat bukan karena mempertemukan Nikki Sixx dengan sang ibu, namun karena ia ingkar janji terhadap 
Mötley Crüe untuk mendapatkan tempat lebih besar dalam ajang Moscow Music Festival 1989,  malah memberikan nya kepada Bon Jovi.

Banyak sekali momen kontroversial dalam cerita karir Mötley Crüe, namun dalam film The Dirt terasa dipersingkat dan terkesan melalui performa yang terlalu ringan.

Mungkin seharus nya dibuatkan adegan saat proses pembuatan lagu "Kickstart My Heart", karena sangat relevan dengan kebangkitan matian suri Nikki Sixx. 

Lagu "You're All I Need" tak kalah punya kontroversi dari lirik dan klip video yang dilarang tayang MTV juga tak kalah menarik.

Beberapa adegan dikenang pun jelas haodr, memompa adrenalin dan gejolak emosi, mulai dari tertawa, terasa ngeri, hingga sedih.

Kelakuan liar Vince Neil yang selalu bercinta dengan wanita menarik termasuk dengan sang kekasih yaitu Zutaut,.serta
 adegan vandalisme Mötley Crüe di hotel, bikin saya tertawa renyah.

Yang paling mengerikan, ngilu, sekaligus menjijikkan tentu adegan saat Ozzy Osbourne mengenakan daster di area kolam renang.

Puncak kegilaan terjadi saat ia menghisap kawanan semut melalui sedotan yang diarahkan ke hidung, seperti menghisap narkoba, serta jilat cairan urin.

Adegan mengharukan dalam The Dirt tentu saja saat Vince Neil dalam keadaan duka sedang menghibur Skylar di rumah sakit. 

Performa aktris belia Kamryn Ragsdale sebagai Skylar sungguh meyakinkan dan mampu membuat suasana emosional.

sinopsis film the dirt
Netflix
 
Adapun berbagai performa 
Mötley Crüe saatmanggung membawakan lagu "Shout at the Devil" termasuk penempatan alat musik gong di belakang Tommy Lee, adalah rekaan ulang koreografi saat syuting klip video untuk lagu "Looks That Kill".

Begitu pula performa dalam konser saat bawakan lagu "Girls, Girls, Girls" tampak Tommy Lee memainkan drums dengan posisi diputar 360 derajat, serta konser dalam stadion saat bawakan lagu "Same Ol’ Situation", sesuai dengan fakta.

Performa keempat figur utama Mötley Crüe pun memang brilian pas secara fisik maupun gaya, termasuk para figur pendukung lainnya.

Penampilan Ozzy Osbourne yang diperankan Tony Cavalero secara fisik muka dan mimik tampak berupaya maksimal.

Hanya saja performa Rebekah Graf sebagai Heather Locklear kurang mirip, meski mampu ditutupi karakter suara nya. Selain itu ada cameo dari karakter David Lee Roth dan Slash!

Film The Dirt tidak direkomendasikan ditonton bersama keluarga, mengingat ada beberapa adegan seks vulgar, sesuai tema akan kehidupan liar dan brutal dalam karir dan kotnroversi Mötley Crüe.

Secara keseluruhan, The Dirt layak ditonton sebagai drama biopic menyenangkan namun sayang tidak tayang bioskop.

Mötley Crüe adalah rock band legendaris yang punya dampak besar dan jadi inspirasi terhadap band lain hingga kini.

Itulah sinema drama biopic musikal review The Dirt, perjalanan karir dan kontroversi rock band Mötley Crüe.

Long live the Crüe!

Score : 3.5  / 4 stars

The Dirt | 2019 | Biografi, Drama, Musikal | Pemain:  Douglas Booth, Colson Baker, Daniel Webber, Iwan Rheon, Pete Davidson, David Costabile | Sutradara: Jeff Tremaine | Produser: Allen Kovac, Erik Olsen, Julie Yorn, Rick Yorn | Penulis: Berdasarkan buku The Dirt : Confessions of the World’s Most Notoriuos Rock Band oleh Neil Strauss, Tommy Lee, Mick Mars, Vince Neil, Nikki Sixx. Skenario: Rich Wilkes | Musik: Paul Haslinger | Sinematografi: Toby Oliver | Distributor: Netflix | Negara: Amerika Serikat | Durasi: 108 Menit

Comments