Rebel Without A Cause (1955) : Balada Remaja Ikonik

film rebel without a cause
Warner Bros Pictures

Sinema drama review Rebel Without A Cause, tentang balada seorang remaja ikonik.

Rebel Without A Cause merupakan salah satu film dengan tema remaja awal sekaligus ikonik. berkat karisma James Dean.

Pada masa itu, terjadi "counter culture" dari generasi muda menantang berbagai nilai tradisional yang dianggap kolot dan kaku.

Tema tentang anak muda "rebellion" menjadi tanda awal yang diwakilkan Rebel Without A Cause melalui performa ikonik James Dean sebagai idola remaja.

Rebel Without A Cause mengangkat isu penting tentang eksistensi remaja dan anak muda, melalui eksploitasi dan gesekan antar generasi.

Ada pandangan berbeda diantara orang tua dengan anak, terhadap kultur, sosial, serta moralitas terhadap pencarian jati diri dan kebebasan.

Sebelum James Dean, sudah ada Marlon Brando dalam A Streetcar Named Desire (1951) dan The Wild One (1953).

Sayang nya, karir James Dean terlalu singkat, hanya sempat berada dalam tiga film yaitu East of Eden dan Rebel Without A Cause yang dirilis tahun 1955, serta Giant (1956).

Penampilan James Dean dalam tiga film itu, memang punya ciri khas unik dan menciptakan gaya baru, mulai dari tatanan rambut, pakaian yang dikenakan, gaya bicara, hingga mimik serta gerakan tubuh.


review rebel without a cause
Warner Bros Pictures

James Dean terlanjur meninggal dunia, setelah kecelakaan mobil sebelum tayang film Rebel Without A Cause, sungguh tragis.

Rebel Without A Cause mengisahkan tentang seorang remaja yaitu Jim Stark (James Dean), bersama dengan kedua orang tuanya merupakan pendatang baru di Kota Los Angeles.

Suatu malam dalam keadaan mabuk, ia ditangkap dan dibawa ke kantor polisi. 

Jim memiliki masalah dengan kedua orangtuanya yang terus bertengkar, terutama sang ayah yang tidak memiliki pendirian tegas.

Dalam proses investigasi di kantor polisi oleh Inspektur Rey, Jim bertemu dengan Plato (Sal Mineo) dan Judy (Natalie Wood) dengan kenakalan remaja yang sama.


Plato ditinggalkan sang ayah sejak ia bayi sedangkan sang ibu jarang berada di rumah, sehingga ia tinggal dengan seorang pengasuh. 

Judy merasa kurang mendapatkan perhatian sang  ayah, saat ia tumbuh menjadi remaja.

Pada hari pertama sekolah, Jim menawari Judy untuk pergi dengan nya, namun Judy malah pergi bersama kelompok sahabat yang dipimpin Buzz (Corey Allen).


balada remaja ikonik
Warner Bros Pictures

Hingga di Griffith Observatory setelah kegiatan kelompok sekolah, Jim ditantang Buzz untuk berkelahi, lalu dilanjutkan dengan duel balap mobil menuju jurang pada malam hari. 

Namun malang bagi Buzz hingga akhirnya tewas akibat lalai, akibat nya mereka semua membubarkan diri tak lama setelah polisi datang.

Jim sering melakukan konfrontasi dengan kedua orangtua nya, karena ia merasa bertanggung jawab.

Sang ayah dan ibu malah berupaya mencegah Jim untuk tidak memberi laporan kepada polisi.

Merasa tertekan, Jim yang tidak berhasil menemui Rey di kantor polisi, akhir nya bertemu dengan Judy.

Atas sikap Judy, ia pun meminta maaf kepada Jim, dan mereka berdua menuju ke rumah besar yang tak berpenghuni, dekat Griffith Observatory.

Sementara rekan-rekan Buzz hendak melakukan balas dendam terhadap Jim, dengan mengejar Plato. 

Sadar akan nyawa Jim yang terancam, Plato pun segera mencari Jim untuk memberitahukan hal tersebut.

Premis Rebel Without A Cause di jaman sekarang, mungkin sudah biasa dan malah terkesan klise. 

Namun di jaman itu menjadi sebuah terobosan penting, berkenaan dengan eksploitasi kenakalan dan pemberontakan kaum remaja, serta pandangan kritis mereka.

Rebel Without A Cause merangkum sisi psikologis remaja terhadap lingkungan dan eksitensi jati diri, terhadap berbagai hal kritis hanya dalam peristiwa selama dua malam.


ulasan film rebel without a cause
Warner Bros Pictures
 
Dalam adegan awal diperlihatkan bagaimana figur Jim yang mabuk dan tertekan, dibawa ke kantor polisi, sehingga timbul kecemasan dari kedua orang tuanya.

Melalui dialog, jelas ada argumen besar antara Jim dengan kedua orangtua nya, sehingga terkesan bahwa keluarga punya isu besar.

Pagi hari nya mereka semua terlihat cukup harmonis, namun dalam beberapa adegan berikut nya, tampak Jim bergitu kesal, terutama terhadap sang ayah.

Ayah Jim merupakan figur yang dinilai lemah dan sangat lunak, melalui sikap dan tindakan, kontras dengan sang ibu yang keras, tegas, serta temperamen.

Sementara Judy tertekan karena merasa diacuhkan sang ayah, bahwa diri nya menjadi gadis remaja, sehingga ia mengadukan nya kepada Inspektur Rey.
 

Hal itu ditegaskan melalui adegan saat Judy mencium pipi sang ayah, malah mendapatkan tamparan karena dianggap terlalu berlebihan. 


sinopsis rebel without a cause
Warner Bros Pictures
 
Sedangkan Plato dalam adegan awal di kantor polisi, diwakili seorang pengasuh yaitu wanita kulit hitam.

Sesungguh nya Plato adalah anak orang kaya, namun kesepian dan tidak mendapatkan kasih sayang dari kedua orangtua nya yang sering meninggalkan rumah.

Tiga persamaan nasib itulah yang mempersatukan Jim, Judy, serta Plato menjadi cepat akrab, bahkan Plato menganggap Jim sebagai "figur ayah" bagi diri nya.

Judy yang semula mengacuhkan Jim dan berpaling kepada Buzz, mulai sadar bahwa dirinya berada di lingkungan toksik.

Judy akhirnya paham bahwa Jim adalah remaja reguler, namun punya hati sensitif terhadap lingkungan, terutama dalam keluarga.

Selain itu juga, Jim sosok penyendiri dan cinta damai, serta perhatian terhadap lingkungan sosial, termasuk merasa iba terhadap Plato.


rebel without a cause james dean
Warner Bros Pictures
 
Jim juga awal nya menghindari konfrontasi dengan perundungan sekaligus tantangan dari Buzz. 

Rebel Without A Cause menyajikan berbagai karakter figur berlainan, namun begitu menarik, yang dikemas dengan drama emosional.

Adegan perseteruan diantara Jim dan Buzz adalah yang terbaik, mulai dari setting lokasi di Griffith Observatory, hingga duel balapan mobil di sisi jurang.

Karakter James Dean maupun Jim Stark, seperti nya memang sudah menyatu dan tak terpisahkan satu sama lain.

Rebel Without A Cause bukan sembarang film remaja, mengingat kualitas dan kapasitas James Dean yang ikonik itu.

Rebel Without A Cause adalah sebuah revolusi problema remaja melalui film yang menjadi inspirasi kepada generasi berikut nya. 

Demikian sinema drama review Rebel Without A Cause, tentang balada seorang remaja ikonik.

Score : 4 / 4 stars

Rebel Without A Cause | 1955 | Drama, Remaja | Pemain: James Dean, Natalie Wood, Sal Mineo, Jim Backus, Ann Doran, Corey Allen, William Hopper | Sutradara: Nicholas Rey | Produser: David Weisbart | Penulis: Nicholas Rey. Adaptasi: Irving Shulman | Musik: Leonard Rossenman | Sinematografi: Ernest Haller | Distributor: Warner Bros Pictures | Negara: Amerika Serikat | Durasi: 111 Menit

Comments