Silent Running (1972) : Aku dan Lingkungan

Dunia Sinema Review Silent Running
Universal Pictures

Film Silent Running sejatinya adalah sebuah kampanye  yang mempertanyakan lebih kurang seperti ini : Ada apa antara aku dan lingkungan?

Sebuah film debut dari sineas Douglas Trumbull dan dibintangi oleh aktor watak yakni Bruce Dern, bertemakan masa post-apocaylptic dengan setting lokasi di luar angkasa, ketika planet bumi kita sudah mengalami kerusakan ekosistem akibat suhu yang teramat tinggi, sehingga tidak ada lagi lingkungan alami seperti keadaan saat ini.

Dikisahkan, pesawat kargo luar angkasa memuat beberapa unit kubah berupa lingkungan alam Bumi yang dilestarikan, mengorbit di dekat Planet Saturnus. S
alah satu kru pesawat, yakni Freeman Lowell (Bruce Dern) seorang ahli botani dan ekologi, berantusias dengan menghidupkan proyek lingkungan alam di dalam kubah-kubah tersebut, guna merestorasi alam pada saat nanti kembali ke Bumi.

Namun semua pesawat kargo tiba-tiba mendapat perintah dari pusat komando untuk kembali ke Bumi dan harus menghancurkan kubah-kubah tersebut. Lowell yang begitu mencintai proyeknya dan memiliki visi ke depan, frustasi akan kondisi tersebut. Konflik pun terjadi antara Lowell dengan kru lainnya. Dibantu oleh beberapa unit drone (robot pembantu), Lowell mengupayakan segala cara untuk tetap mempertahankan kubahnya.

Filmnya sendiri cukup membosankan. Melalui penyajian ritme yang boleh dibilang mendatar, meski ada beberapa titik ketegangan yang dibangun perlahan, namun cukup efektif dalam pengaturan adegan demi adegan, serta tidak ada dramatisasi berlebihan.

Satu hal yang paling menarik perhatian, yakni performa brilian Bruce Dern sebagai seorang pecinta lingkungan yang cenderung obsesif, posesif, serta agak sedikit psikopat. Mulai dari tatapan mata yang misterius serta membahayakan, kita tidak pernah mengetahui apa yang ia lakukan berikutnya dari adegan satu menuju adegan lain.

Aktingnya mengingatkan saya akan karakter psikopat antagonis di film thriller berjudul Black Sunday (1977).

Untung saja film tersebut hanya berudurasi sekitar satu setengah jam dan tertolong oleh keindahan sinematografi terhadap visual dan berbagai sorotan kamera ala 2001 : A Space Odyssey (1968), mengingat sebelumnya Trumbull ternyata pernah menjadi pengawas efek spesial di film tersebut.

Selain itu, objek drone, berupa unit robot di film ini juga impresif melalui penampilan fisik dengan segala peregerakkannya yang lebih hidup, mungkinkah desainnya menginspirasikan film Wall-E (2008)?

Demi mengedepankan kampanye yang bermuatan pesan akan lingkungan hidup, film ini disisipkan oleh beberapa lagu dari musisi Joan Baez, yang juga seorang aktivis.
 
Secara keseluruhan, film Silent Running lumayan untuk dapat dinikmati dengan rasa kebosanan yang mulai melanda. Tanpa ada adegan aksi yang diharapkan cukup megah, ternyata jauh dari ekspektasi, namun elemen thriller-nya bekerja dengan baik dan cukup intens.

Kekuatan film ini jelas ada pada pesan lingkungan alam yang ingin disampaikan, serta hubungan manusiawi antara manusia dengan drone digambarkan secara gamblang dan apa adanya. Pada akhirnya, ending film ini cukup mengejutkan.

Score : 2.5 / 4 stars

Silent Running | 1972 | Fiksi Ilmiah, Drama, Thriller | Pemain: Bruce Dern, Cliff Potts, Ron Rifkin, Jesse Vint | Sutradara: Douglas Trumbull | Produser: Michael Gruskoff, Marty Hornstein, Douglas Trumbull | Penulis: Deric Washburn, Michael Cimino, Steven Bochco | Musik: Peter Schickele | Sinematografi: Charles F. Wheeler | Distributor: Universal Pictures | Negara: Amerika Serikat | Durasi: 89 Menit

Comments