5 Film ini Mengeksploitasi Tank Baja sebagai Objek Utamanya

lima film eksploitasi tank baja
Pixabay (yury rymko/artur pawlak/ichigo121212)

Tank Baja adalah salah satu kendaraan tempur yang didesain khusus bagi keperluan militer dalam menghadapi lawannya.

Tidak seperti kapal perang atau pesawat tempur dalam film, objek tank baja sepertinya sangat jarang dieksploitasi secara menyeluruh dari awal hingga akhir cerita. Memang cukup banyak film megenainya, namun apakah film tersebut popouler atau tidak, baik dari produksi, distribusi maupun kru-nya.

Seperti objek Kereta Api atau Kapal Selam, berikut ini adalah 5 film yang menggunakan objek Tank Baja, baik dalam penggunaannya yang mendominasi di sepanjang cerita, pertempuran besar antar dua pihak yang berlawanan, hingga sebagai objek utama dalam kondisi peperangan:

review film tank
Universal Pictures

1. Tank (1984)

Sersan Mayor Zack (James Garner) akan segera pensiun dalam dinas terakhirnya di Clemmons County dan lebih fokus kepada keluarga, meski ia pernah kehilangan anak tertuanya karena insiden latihan perang, mengakibatkan hubungan dengan anak kedua, Billy (C. Thomas Howell) kurang baik.

Sebuah insiden terjadi di dalam bar, mengakibatkan Sheriff kejam dan korup bernama Cyrus (G.D. Spradlin) kesulitan saat hendak menahan Zack. Melalui jebakan dengan menfitnah Billy terlibat dalam narkoba, rupanya bakal berhasil dengan cara Baker memeras Zack untuk menyerahkan sejumlah uang tebusan senilai uang pensiunnya.

Cyrus malah semakin melonjak karena Zack menawarinya sejumlah uang, dengan tidak melepaskan Billy yang ia penjarakan.

Akhirnya Zack bertindak dengan segala cara yakni menugndurkan diri dari militer, dan menggunakan Tank Baja model Sherman peninggalan Perang Dunia II miliknya untuk membobol kantor sheriff dan membobol penjara kota untuk membebaskan Billy.

Film drama yang serba tanggung ini berada di ambang keraguan akan gaya yang ringan namun bukan sebagai komedi, dari seluruh aspek yang ada terutama karakterisasi serta sejumlah aksi laga menghibur ala 80’an.

Figur Zack sendiri mulai beraksi dengan tank baja-nya saat berada di pertengahan film, lalu bertualang bersama Billy dan teman wanita yang ia temui di sebuah bar yakni Sarah. Mereka bertiga harus menghadapi pasukan sheriff arogan di kota tersebut.

Tank adalah sebuah film ringan tapi cukup signifikan terhadap figur veteran yang mengendarai tank baja sekaligus beraksi demi keadilan dan melawan kesewenangan hukum.
 

review film fury
Sony Pictures Releasing

2. Fury (2014)

Don Collier (Brad Pitt) memimpin tank baja M4 Sherman milik Angkatan Darat Amerika 2nd Armored Division dalam serangan Aliansi Sekutu ke dalam wilayah Jerman, menjelang akhir Perang Dunia II.

Bersama dengan pasukannya, ia ditugaskan menjaga sebuah persimpangan guna menetralisir jalur Sekutu. Sejumlah pertempuran pun terjadi dengan tank Nazi yakni SS Tiger, selain ancaman Panzerfaust maupun battalion Wafen-SS.

Film Fury dengan jelas mengeksploitasi bagaimana kru tank baja pasukan Amerika dalam menghadapi perlawanan Nazi menjelang berakhirnya Perang Dunia II, melalui banyak adegan kekerasan yang sarat akan intensitas, sadis serta brutal.

Selain sebagai judul film, nama “Fury” dipakai untuk menamai tank baja mereka dalam ceritanya. Film ini adalah inspirasi sineas David Ayer dari keluarga besarnya yang merupakan veteran Perang Dunia II, selain dari sebuah buku berjudul Death Traps yang ditulis Belton Y. Cooper tentang tingginya korban yang menderita akibat kru tank baja di Eropa.
 

review film the beast of war
Columbia Pictures

3. The Beast (of War) (1988)

Tahun ke-2 saat Uni Soviet menginvasi Afganistan di tahun 1981, sejumlah tank baja T-55 menghancurkan sebuah desa dan membantai para penduduk disana, mengakibatkan sejumlah pejuang lokal bernama Taj (Steven Bauer) dibantu kelompok Mujahidin bertekad memburu mereka.

Salah satu tank yang melakukan penyiksaan terhadap salah satu penduduknya dipimpin oleh Daskal (George Dzundza), tersesat dari rombongan tank lainnya. Aksi gerilya pun dilakukan oleh kelompok Taj terhadap tank yang mereka namai “The Beast” tersebut.

Area padang gurun yang liar dan panas tersebut, menyulitkan kru tank, termasuk Daskal yang mengincar salah satu kru orang Afganistan simpatisan Komunis yang dianggapnya berkhianat, hingga konfliknya dengan sang pengemudi Konstantin (Jason Patrick).

Film The Beast (atau juga The Beast of War) sungguh merupakan salah satu mahakarya film perang yang mengeksploitasi tank baja dan kru-nya dalam menghadapi ganasnya gurun Afaganistan, serta kelompok Mujahidin yang murka terhadap ulah tentara Soviet tersebut.

Karakterisasi antar-figurnya pun begitu impresif, terutama datang dari Taj, Daskal, Samad serta Konstantin, melalui drama yang mampu menggugah emosi maupun memompa adrenalin atas konflik dan intensitas yang tinggi.

Atmosfir film ini begitu terasa suram dan tidak menentu, mampu membuat audiens gelisah serta penasaran hingga akhir. The Beast kini berstatus kultus klasik karena tidak sukses secara komersil, namun diapresiasi oleh sejumlah penggemarnya. 

Baca juga: Top 10 Film Kereta Api: Thriller/Horor/Komedi
 

review battle of the bulge
Warner Bros Pictures

4. Battle of the Bulge (1965)

Desember 1944 saat kekuatan Nazi semakin melemah akibat tekanan Sekutu, Letkol Amerika Kiley (Henry Fonda) mengetahui keberadaan mereka di hutan Ardennes di sekitar wilayah Belgia, Luksemburg, Perancis dan Jerman.

Meski ia meyakini bahwa Nazi masih mampu menyerang balik, namun para atasannya mengabaikan hal tersebut. Sementara Kolonel Hessler (Robert Shaw) melancarkan misi rahasia untuk merebut kembali kota Antwerp melalui manipulasi dan penyamaran.

Puncaknya adalah pertempuran akbar saat Nazi mengirimkan rombongan besar tank andalan mereka, King Tiger, mampu menerobos pertahanan dari sejumlah tank Sherman miliki Sekutu.

Sejumlah upaya pun dilancarkan namun gagal, hingga satu harapan terakhir di sebuah depot bahan bakar yang akan menentukan nasib mereka.

Film Battle of the Bulge merupakan versi faktif dari pertempuran aktual “Ardennes Counteroffensive”, sedangkan pertempuran tank antara Sekutu dan Nazi dalam adegan menjelang akhir cerita merupakan gambaran kasar dari peristiwa aktual “The Battle of Celles”.

Meski kontroversial, film ini tetap menyuguhkan pertempuran epik dan masif dalam mengeksploitasi aksi tank baja diantar kedua belah pihak, secara terperinci baik dalam taktik gerak maupun kerusakan yang dialami.
 

review kellys heroes
Metro-Goldwyn-Mayer

5. Kelly’s Heroes (1970)

Melalui seorang tahanan Nazi, prajurit Kelly (Clint Eastwood) mengetahui keberadaan sejumlah emas batangan yang tersimpan di sebuah bank kota Clermont yang dijaga ketat Nazi.

Nekat dalam memanfaatkan waktu istirahat dalam dinas, ia sukses mengajak sejumlah rekannya termasuk komandan tank baja Sherman yakni Oddball (Donald Sutherland) dan Sersan Big Joe (Telly Savalas), sementara Sang Kapten sedang ada keperluan di tempat lain.

Mereka pun terbagi dalam dua kelompok, saat Kelly dan pasukan infanteri-nya bertemu dengan rombongan tank baja Oddball dekat Clermont. Di tengah perjalanan sebelum pertemuan kedua rombongan tersebut, sejumlah masalah terjadi.

Melalui radio komunikasi yang terlacak, seorang Mayor Jenderal Amerika yang mengetahui agresivitas mereka melawan Nazi di area musuh tersebut, memotivasi dirinya mengirim bala bantuan menuju Clermont. Akankah hal tersebut membuyarkan upaya Kelly dan kelompoknya itu?

Kelly’s Heroes merupakan film perang komedi yang sangat menghibur dari semua sisi, baik karakterisasi yang kuat, dialog mumpuni, serta aksi laga spektakuler yang menjadi bagian dari petualangan seru mereka. Penggambaran ringan antara figur Sekutu dan Nazi di film ini pun meyakinkan.

Adegan menjelang akhir Clermont sungguh mengejutkan dan tak disangka, sedangkan eksploitasi objek tank baja Sherman pimpinan Oddball, cukup mendominasi dalam memuluskan rencana mereka untuk memboyong emas batangan yang menggiurkan tersebut, termasuk pertempurannya dengan tank Tiger.

Itulah 5 film yang mengeksploitasi tank baja sebagai objek utama dalam pertempuran maupun peperangan, setidaknya yang pernah populer atau yang menjadi kultus klasik. Mungkin ada sejumlah film lainnya yang bisa anda tambahkan sendiri sebagai salah satu tontonan yang menarik.

Comments