Baywatch (2017) : Penjaga Pantai Lucu-lucuan

Dunia Sinema Review Baywatch
Paramount Pictures

Film Baywatch yang mengisahkan drama para penjaga pantai, merupakan adaptasi dari serial televisi yang dulu sering ditayangkan di Indonesia, sekaligus menjadi favorit para pria remaja dan dewasa, termasuk saya yang setia menunggu penayangannya di malam hari.

Versi serial yang mulai mengudara dari tahun 1989 hingga 2001 tersebut, kian melambungkan nama David Hasselhoff, setelah sebelumnya populer melalui serial Knight Rider. Serial Baywatch juga mempopulerkan sejumlah aktris seperti mantan model Erika Eleniak, si bombastis Pamela Anderson, serta nama lainnya seperti Yasmine Bleeth atau pun Carmen Electra, yang selalu mengundang fantasi dan imajinasi liar para pria.

Baywatch adaptasi layar lebarnya ini dibintangi oleh Dwayne Johnson bersama dengan aktris senior India, Priyanka Chopra, bintang muda Zac Efron, serta beberapa nama yang baru saya kenal yakni Alexandra Daddario dan Kelly Rohrbarch. Film versi ini lebih bernada komedi dan kekonyolan, dibandingkan serial televisinya.
Penjaga pantai lucu-lucuan tersebut, jelas tidak jauh dari sebuah komedi petualangan ringan dan mungkin renyah, atau bahkan hampir tidak saya lirik jika tidak ada cameo dari Hasselhoff dan Anderson, kecuali seroang teman saya yang penasaran dengan penampilan seksi Daddario.

Baywatch
mengisahkan sebuah tim penjaga pantai yang dipimpin Mitch Buchannon (Dwayne Johnson) dengan anggotanya seperti Stephania Holden (Ilfenesh Hadera) dan CJ Parker (Kelly Rohrbarch). Mereka merekrut anggota baru yakni, Matt Brody (Zac Efron), Summer Quinn (Alexandra Daddario) dan Ronnie (Jon Bass).

Dalam kasus penyelidikan pengedaran narkoba di wilayah pantai tersebut, mereka mencurigai pemilik salah satu klub malam yang baru dibuka, yakni Victoria Leeds (Priyanka Chopra) sebagai pengedarnya. Maka, berbagai aksi dan konfrontasi pelik pun terjadi.

Tampak jelas bahwa berbagai aksi dalam alur cerita yang disajikan, lebih mengarah pada gaya kepolisian dibandingkan drama penjaga pantai. Apakah mungkin sebaiknya, aksi mereka lebih banyak di wilayah pantai, bukannya malah menjadi detektif dengan memasuki wilayah sang antagonis, seperti di ruang jenazah atau menyamar menjadi kru di dapur klub malam, hingga aksi laga dalam pesta di sebuah yacht.

Dengan menjual Dwayne Johnson yang hanya bisa bergaya di depan kamera melalui akting standar ala WWF, maka berakibat pula film ini tidak lebh sebagai parodi. Begitu pula dengan Zac Efron yang mengandalkan charming dan bentuk tubuh maskulinnya, sebagai karakter arogan sekaligus dumb ass yang ceroboh, semakin memperparah kekonyolan yang ada. Bahkan karakter yang diperankan aktor Jon Bass yang nerd, gagal total membuat saya tertawa.

Sebaliknya, para pemeran wanita seperti Kelly Rohrbarch sebagai CJ (versi layar lebarnya dari Pamela Anderson) sedikit mengaggumkan, kontras dengan
Daddario terasa biasa saja. Mereka masih tertutupi oleh performa Priyanka Chopra, yang cukup signifikan, mempesona sekaligus mematikan. 

Namun dari semua itu, penampilan David Hasselhoff dan Pamela Anderson-lah yang mampu mengangkat film ini, meski hanya beberapa menit saja. Yang paling fenomenal tentu saja gaya Anderson yang terulang sama persis dengan versi serial telvisinya.

Film Baywatch versi ini memang bisa menawarkan hanya hiburan semata yang terlupakan, sebagai tim penjaga pantai lucu-lucuan. Dengan genre action comedy sangat datar dan standar, komedi dan humor kering meski hanya sedikit yang mengundang tawa lepas, secara keseluruhan bakal terlupakan sebagai parodi sesaat.

Score : 0.5 / 4 stars

Baywatch | 2017 | Aksi Laga, Drama, Komedi | Pemain: Dwayne Johnson, Zac Efron, Priyanka Chopra, Kelly Rohrbarch, Alexandra Daddario, Jon Bass, David Hasselhoff, Pamela Anderson | Sutradara: Seth Green | Produser: Ivan Retiman, Michael Berk, Douglas Schwartz, Gregory J. Bonann | Penulis: Jay Scherick, David Ronn, Thomas Lennon, Robert Ben Garant | Musik: Christopher Lennertz | Sinematografi: Eric Steelberg | Distributor: Paramount Pictures | Negara: Amerika Serikat | Durasi: 116 Menit

Comments