What Women Want (2000) : Kepekaan terhadap Wanita

what women want kepekaan terhadap wanita
Paramount Pictures

Bagaimana jika seorang pria tiba-tiba mendapat sebuah berkah dengan kemampuan untuk membaca pikiran dari semua wanita yang ia temui? Tentu saja ia bisa dicap sebagai pria sejati oleh para wanita.

Kepekaan seorang pria terhadap wanita itulah merupakan tema komedi romantis di film What Women Want disutradarai oleh Nancy Meyers yang dikenal lewat film sejenis seperti The Parent Trap (1998), It’s Complicated (2009) atau The Intern (2015).

Film yang diproduksi ini dibintangi oleh Mel Gibson yang merupakan salah satu dari keempat film yang dibintanginya di tahun yang sama, selain Chicken Run, The Patriot serta The Million Dollar Hotel.

Sedangkan lawan mainnya yakni Helen Hunt yang saai itu sedang berada di puncak karirnya, setelah ia populer lewat sitkom Mad About You (1992-1999), serta mendapat penghargaan Oscar sebagai Aktris Terbaik dalam film As Good as it Gets (1997).

Film in mengisahkan Nick (Mel Gibson), seorang eksekutif yang seksis di sebuah perusahaan agen periklanan, yang superior dengan menjual produk untuk pria dan seringkali meremehkan wanita melalui berbagai rayuannya.

Alih-alih berharap ia dipromosikan oleh atasannya bernama Dan (Alan Alda), malah ia kedatangan seorang pesaing bernama Darcy (Helen Hunt), yang berhasil menjual produk untuk wanita, berdasarkan tren dan segmen pasar saat ini.

review film what women want
Paramount Pictures
 
Nick awalnya meremehkan Darcy dan berusaha ingin menyingkirkannya, namun di suatu malam ia mengalami kecelakaan ringan yang menyebabkan dirinya bisa membaca pikiran setiap wanita yang ia temui, termasuk Darcy.

Menyadari akan kekuatan anehnya, Nick mulai memanfaatkannya untuk menyingkirkan Darcy.

Film What Women Want adalah sebuah fantasi yang mengangkat sesuatu tentang “what if”, seperti bagaimana jika seorang bocah memiliki fisik dewasa dalam film Big (1988) atau jika seorang pria menjadi Tuhan dalam film Bruce Almighty (2006), yang tentu saja diwujudkan ke dalam bentuk drama komedi dalam dunia modern.


Baca juga: Some Like It Hot (1959): Komedi Romantis Klasik Ikonik Terbaik 

Begitu pula kisah film ini yang mengangkat karakter Nick dalam hal bagaimana caranya menyingkirkan Darcy sebagai pesaingnya yang kebetulan seorang wanita dan dianggap oleh Nick tidak pantas untuk menguasai atau mendominasi bahkan menjadi ancaman dunianya.

Harapan Nick ternyata terkabulkan secara mistis, saat ia mampu membaca apa yang dipikirkan oleh semua wanita di sekitarnya.

Maka Nick bisa memprediksi dengan tepat apa yang wanita inginkan, baik arah dan tujuannya maupun tindakan selanjutnya, mulai dari Darcy dan anak remajanya bernama Alex (Ashley Johnson).

Begitu pula pendekatannya dengan seorang barista bernama Lola (Marisa Tomei) hingga Erin (Judy Greer) seorang staf-nya yang kutu buku dan mengalami frustasi, serta beberapa staf wanita lainnya.

ulasan sinopsis film what women want
Paramount Pictures
 
Dari berbagai kejadian yang dialaminya, Nick baru menyadari bahwa selama ini ia melakukan kesalahan, hingga sebenarnya merekapun tidak menyukai dirinya. Lalu seperti halnya dongeng komedi klasik lainnya, terjadilah sebuah penebusan yang berakhir dengan akhir manis tentunya, tipikal Hollywood.

What Women Want
memang menarik, baik alur yang dibangun dari awal hingga akhir, meski ada sedikit penyelesaian dalam beberapa dialog akhir yang tanggung, sehingga terkesan sedikit dipaksakan.

Seharusnya adegan tersebut diletakkan pada tiga perempat cerita, agar lebih leluasa memainkan intrik drama yang dilalui para karakternya.

Elemen komedi segar termasuk slapstick yang dilakukan Gibson, maupun berbagai dialog yang tersaji juga mengesankan, dengan beberapa kejutan yang mampu mengundang tawa, terutama saat Nick bereksperimen dengan atribut yang dipakai wanita sambil diiringi lagu Bitch yang dinyanyikan Meredith Brooks.

Beberapa adegan kocak lainnya yakni dialog Nick dan seorang wanita penjaga pintu apartemen, atau saat Nick nekat mengikuti kelas aerobik dan aktivitas manikur dan pedikur yang dihayatinya sambil mendengarkan berbagai pikiran wanita di sekitarnya.

Performa Gibson mampu memainkan karakternya dengan gaya komedi yang, sedangkan Hunt sudah tak asing lagi dengan komedi romantis sebelumnya. Adapun performa Tomei cukup menarik perhatian terutama saat adegan percintaannya dengan Nick.

What Women Want adalah sebuah komedi romantis fantasi yang cukup ringan dan layak untuk ditonton, dengan penyampaian pesan bermakna terutama untuk kaum pria yang seksis, agar bagaimana harus belajar memahami kepekaan terhadap wanita, apa yang mereka inginkan.

Score : 3 / 4 stars

What Women Want
| 2000 | Drama, Komedi, Romantis, Fantasi | Pemain: Mel Gibson, Helen Hunt, Marisa Tomei, Lauren Holly, Mark Feuerstein, Alan Alda | Sutradara: Nancy Meyers | Produser: Susan Cartsonis, Bruce Davey, Gina Matthews, Nancy Meyers, Matt Williams | Penulis: Josh Goldsmith, Cathy Yuspa, Diane Drake | Musik: Alan Silvestri | Sinematografi: Dean Cundey | Distributor: Paramount Pictures | Negara: Amerika Serikat | Durasi: 127 Menit

Comments