Lucas (1986) : Cinta Salah Kaprah

lucas cinta salah kaprah
20th Century Fox

Sinema drama romantis review Lucas, tentang cinta remaja salah kaprah.

Lucas adalah anak lelaki memasuki usia remaja, memasuki masa pubertas dan mengalami cinta yang salah kaprah.

Film Lucas memiliki premis menarik tentang cinta salah kaprah seorang remaja lelaki jatuh cinta kepada seorang gadis yang usianya lebih tua.

Judul film yang diambil dari nama karakter utamanya, diperankan idola remaja era 1980’an bernama Corey Haim.

Lucas juga didukung oleh Kerri Green, Charlie Sheen, serta debut penampilan dari Winona Ryder.

Film Lucas mengisahkan seorang remaja kutu buku berusia 14 tahun bernama Lucas (Corey Haim) yang tertarik dengan berbagai macam serangga. 

Ia adalah seorang penyendiri, namun pintar.

Suatu hari, Lucas bertemu dan tertarik kepada seorang gadis pendatang baru, berusia 16 tahun bernama Maggie (Kerri Green). 

Padahal teman sekelas Lucas bernama Rina (Winona Ryder), juga menyukai dirinya, namun sinyal itu tidak mendapatkan respon.

Sementara sekelompok anak senior yang menjadi bagian dari tim sepakbola di sekolah, sering melakukan perundungan terhadap Lucas.

Untung saja ada sang kapten tim, yaitu Cappie (Charlie Sheen) selalu membela Lucas.

Maggie yang tidak memiliki teman, menaruh simpati kepada Lucas, serta mengetahui bahwa Cappie memiliki hutang budi kepada Lucas.

Cppie sempat mengalami sakit, sehingga pelajaran sekolah nya dibantu Lucas.

review film lucas
20th Century Fox

Cappie dan Maggie lambat laun saling tertarik dan menjalin hubungan romantis, padahal saat itu Cappie memiliki kekasih dengan hubungan yang kurang baik yaitu Alise (Courtney Thorne-Smith).

Karena sering dirundung, Lucas benci tim sekolah dan mencibir pemandu sorak, namun ia kecewa terhadap Maggie yang malah bergabung ke dalam tim pemandu sorak.

Lucas tidak menyadari bahwa cinta nya kepada Maggie adalah salah kaprah, karena Maggie menganggap Lucas sebagai sahabat terbaik.

Ingin mendapatkan impresi dari Maggie, Lucas nekat bergabung dengan tim sepakbola untuk mendapatkan hati Maggie.

Film Lucas adalah sebuah kisah remaja romantis yang begitu sederhana melalui pesan akan cinta yang salah kaprah.

Alur cerita nya sangat enak dinikmati, melalui sejumlah intrik menarik dari awal hingga akhir jalan ceritanya.

Dengan mengambil lokasi di sebuah kota kecil serta eksistensi sejumlah karakter figur berlainan, mengingatkan saya akan film drama remaja Stand by Me (1986). 

Beda nya, bahwa film Lucas menekankan hubungan romansa remaja.

Figur Lucas sendiri diperankan dengan brilian oleh Corey Haim, dengan segala cara yang ia tempuh ingin menaklukan hati Maggie.

ulasan film lucas
20th Century Fox

Mulai dari pertemuan pertama, Lucas terpesona dengan sosok Maggie yang sedang bermain tenis. 

Kemudian ia mengetahui status sosial Maggie, saat mengendarai sebuah mobil mengantar Lucas pulang.

Lucas pun menunjukkan kepada Maggie sebuah rumah besar tempat ia tinggal, padahal sesungguh nya bukan.

Adegan terbaik dalam film ini adalah saat Lucas mengajak Maggie menyelusuri sebuah lorong bawah tanah yang menembus di bawah lokasi sebuah konser musik klasik.

Mereka berdua mendengarkan musik tersebut dari lorong bawah tanah dengan duduk saling membelakangi dan kedua bahu mereka menempel satu sama lain.

Lucas yang berada dalam kelas musik, ingin mengajak Maggie bergabung, namun ia kecewa setelah Maggie bergabung menjadi pemandu sorak.

Karena ia nekat mengikuti pertandingan sepakbola antar sekolah, mengakibatkan sejumlah hal konyol terjadi, mempermalukan diri nya sendiri.

Melalui film Lucas, sang figur utama memaksakan sesuatu di luar kemampuan dirinya, namun apa daya cinta salah kaprah dengan Maggie terjadi.

Sementara Maggie sempat kecewa sekaligus penasaran terhadap sikap Lucas yang tidak menyukai diri nya bergabung menjadi pemandu sorak.

Pandangan umum dan stereotip pemandu sorak biasanya seorang gadis populer dan ekstrovert dengan status sosial lebih tinggi.

sinopsis film lucas
20th Century Fox
 
Hal itu menjadi kontras dengan dunia yang dihuni Lucas, namun karena Maggie memiliki kerendahan hati, maka ia tetap mengharapkan hubungan dengan Lucas tetap terjaga sebagai sahabat.

Maggie merasa sedih dan prihatin, saat Lucas kerap mengalami perndungan oleh sekelompok kakak kelas dengan cara yang kocak namun terkesan tidak manusiawi.

Sedangkan Cappie berupaya untuk bijak sebagai penengah diantara sejumlah orang yang merundung Lucas, karena Lucas sendiri keras kepala.

Hingga kapan cinta salah kaprah Lucas terhadap Maggie berakhir?

Demikian sinema drama romantis review Lucas, tentang cinta remaja salah kaprah.

Score : 4 / 4 stars

Lucas | 1986 | Drama, Romantis, Remaja | Pemain: Corey Haim, Kerri Green, Charlie Sheen, Courtney Thorne-Smith, Winona Ryder | Sutradara: David Seltzer | Produser: David Nicksay, Kristi Zea | Penulis: David Seltzer | Musik: Dave Grusin | Sinematografi: Reynaldo Villalobos | Distributor: 20th Century Fox | Negara: Amerika Serikat | Durasi: 100 Menit

Comments