6 Aktor Pemeran James Bond Berdasarkan Peringkat

enam aktor pemeran james bond berdasarkan peringkat

Setelah membahas Top 10 Film James Bond Terfavorit, kini rasanya tak lengkap tanpa membahas 6 Aktor Pemeran James Bond Berdasarkan Peringkat dari masa ke masa dalam generasi yang berbeda.

Keunikan di setiap film James Bond, selalu menyeimbangkan seluruh aspek terkait terhadap kelebihan dan kekurangannya, termasuk performa karakter utamanya sendiri selain karakter pendukung, juga hal lain seperti narasi, adegan aksi maupun sinematografi.

Keenam performa aktor tersebut, pada dasarnya memang terasa pas sesuai narasinya masing-masing, meski dalam perkembangan film selanjutnya mungkin saja berpengaruh terhadap kesuksesan warlaba Bond.

Maka, langsung saja berikut ini adalah urutan 6 Akor Pemeran James Bond Berdasarkan Peringkat, yang saya nilai secara singkat dari yang relatif medioker hingga terbaik: 



peringkat aktor pemeran james bond george lazenby
United Artists, MGM
6. George Lazenby

Keengganan Sean Connery setelah bermain dalam You Only Live Twice (1967), segera digantikan oleh seorang model sekaligus aktor asal Australia, yakni George Lazenby yang hanya bermain dalam satu film dan ironisnya adalah salah satu terbaik, yakni On Her Majesty’s Secret Service (1969).

Meski secara fisik cukup layak sebagai Bond, namun sayangnya Lazenby kurang memiliki karisma memadai, baik gerak-geriknya serta ekspresinya, maupun ikatan emosional terhadap para lawan mainnya.



peringkat aktor pemeran james bond daniel craig
United Artists, MGM, Sony Pictures Releasing
5. Daniel Craig

Daniel Craig hadir sesuai dengan narasi yang pas sekaligus sebagai sebuah prekuel sekaligus reboot, disaat karakter Bond belumlah terbentuk utuh dan stabil. Film Casino Royale (2006) yang diadaptasi dari novel perdana Bond karya Ian Fleming, merupakan momentum tepat bagi Craig dalam mengeksploitasi sisi rapuh Bond yang masih beradaptasi.

Awalnya begitu skeptis terhadap Craig yang terlihat kurang rupawan, hingga akhirnya dalam beberapa film selanjutnya cukup meyakinkan, meski tidak perlu berkelanjutan bagaikan Bond yang lama-kelamaan terasa generik seperti film spy thriller sejenis.



peringkat aktor pemeran james bond timothy dalton
United Artists, MGM
4. Timothy Dalton

Meski sempat ditawari sebagai Bond segera setelah Connery menyatakan pensiun di tahun 1968, namun Timothy Dalton sempat menolaknya karena pertimbangan usia yang terlalu muda serta arahan narasi filmnya sendiri yang tidak sesuai. Akhirnya ia berperan dalam dua film, yakni The Living Daylights (1987) serta Licence to Kill (1989).

Jauh sebelum Daniel Craig, karakterisasi yang diperankan oleh Dalton begitu serius dan lebih suram, sehingga terkesan agak kaku sebagai Bond. Perbedaan utama dengan Craig yakni Dalton jelas terlihat lebih tampan dan berkarisma. 



peringkat aktor pemeran james bond pierce brosnan
United Artists, MGM
3. Pierce Brosnan

Sempat menjadi kandidat kuat sebagai Bond pasca pensiunnya Roger Moore di tahun 1986 dan bahkan produser Albert L. Broccoli telah melihat potensinya sebagai suksesor Moore di tahun 1981, Brosnan harus menahan diri karena masih terikat kontrak dengan serial Remington Steel. Namun di tahun 1994 peran tersebut akhirnya terwujud bagi Brosnan untuk bermain dalam GoldenEye (1995).

Brosnan mampu mengembalikan karakter Bond dalam menggabungkan dari apa yang telah dikerjakan Sean Connery dan Roger Moore, melalui keunikan serta karismanya sendiri dengan pas dalam kombinasi wibawa serta humor segar 



peringkat aktor pemeran james bond roger moore
United Artists, MGM
2. Roger Moore

Sebagai bintang serial televisi di era 60’an, salah satunya yakni The Saint, mendiang Roger Moore memiliki insting kuat untuk menggantikan Connery, hingga akhirnya berperan dalam debut di film Live and Let Die (1973). Moore merupakan pemeran film resmi James Bond terbanyak dalam dua dekade dengan total tujuh film.

Sebagai bentuk karakter Bond yang lebih humoris dan pastinya sangat menghibur, Moore membuktikan bahwa kesuksesan waralaba tersebut secara konsisten mampu menampilkan petualangan Bond dari sisi yang ringan namun berkualitas. Mungkin saja hal tersebut menjadi resep awet muda Moore di masa hidupnya yang berusia satu tahun lebih tua daripada Connery! 



peringkat aktor pemeran james bond sean connery
United Artists, MGM
1. Sean Connery

Orisinalitas memang tak tergantikan, saat karakter ikonik yang disambut oleh banyak penggemar secara global, bahkan mungkin antar generasi.


Mungkin saja nama Sean Connery tidak terlalu populer jika tidak memerankan Bond, sehingga ia pun akhirnya sempat kembali di film Diamonds are Forever (1971) dan bahkan ia lakoni kembali dalam dekade berikutnya melalui jalur tidak resmi, yakni Never Say Never Again (1983) guna menyaingi Octopussy di tahun yang sama.

Connery adalah James Bond, begitu pula sebaliknya. Ia menginspirasikan sejumlah aktor setelahnya dengan gaya yang berbeda, ia pula yang meletakkan fondasi penting akan esensi karakter Bond itu sendiri. Connery memang seorang Bond yang paling komplit.

Comments

Popular Posts