Top 10 Tema Lagu James Bond Terfavorit

top sepuluh tema lagu james bond terfavorit

Selera dalam lagu sepertinya lebih sulit dibandingkan film. Dari total 24 film James Bond yang resmi dirilis Eon, tidak semua satu tema lagu utama dilantunkan bersamaan dengan kredit pembuka dan kembali diulangi dalam kredit penutup.

Guna menghindar dari kesalahpahaman, maka pemilihan didasari oleh tema lagu utama yang pernah dirilis, dalam arti satu tema lagu mewakili satu film James Bond, mengingat beberapa diantaranya, dalam satu film terdapat lebhi dari satu tema lagu.

Pada dasarnya, penilaian berdasarkan selera pribadi meski secara musik dan vokal atau bahkan lirik, langsung menarik atensi serta rasa yang terbuai.

Sebelum melangkah dalam Top 10 Tema Lagu James Bond Terfavorit, berikut adalah urutan yang berada di luar daftar tersebut. Penyebutan dimulai dari nama penyanyi atau grup, lalu judul lagu serta filmnya itu sendiri.

Dimulai dari yang terendah hingga rata-rata cukup baik, yakni:

Jack White dan Alicia Keys: Another Way to Die | Quantum of Solace (2008)
Sam Smith: Writing’s on the Wall | Spectre (2015)
Shirley Bassey: Moonraker | Moonraker (1979)
Sheryl Crow: Tomorrow Never Dies | Tomorrow Never Dies (1997)
Lulu: The Man with the Golden Gun | The Man with the Golden Gun (1974)
Chris Cornell: You Know My Name | Casino Royale (2006)
Madonna: Die Another Day | Die Another Day (2002)
Nancy Sinatra: You Only Live Twice | You Only Live Twice (1967)

Maka sampailah pada urutan Top 10 Tema Lagu James Bond Terfavorit:

tema lagu james bond terfavorit goldeneye
mirror.co.uk
10. Tina Turner: GoldenEye | GoldenEye (1995)

Detik-detik awal dari suara musiknya saja sudah mampu membuat adrenalin perlahan terpicu oleh nada misterius dengan beat yang menghentak-hentak, namun menggoda.

Lagu GoldenEye memang terdengar standar bahkan hingga chorus-nya pun terdengar santai. Namun overtone menjelang akhir lagu yang sangat kuat, begitu menggelegar berkat vokal dahsyat dari legenda pop rock Tina Turner.



tema lagu james bond terfavorit for your eyes only
billboard.com
9. Sheena Easton: For Your Eyes Only | For Your Eyes Only (1981)

Terkesan standar, namun begitu sederhana dan mengena adalah salah satu tema lagu Bond terbaik berdasarkan judul film yang mengawali lirik lagunya tersebut. Mungkin terdengar aneh, namun kekuatan lagu yang dibawakan oleh Easton ini justru pada intro-nya sendiri yang begitu membuai perasaan yang begitu privat.



tema lagu james bond terfavorit thunderball
bbc.com
8. Tom Jones: Thunderball | Thunderball (1965)

Sang penyanyi legenda era klasik, Tom Jones sudah tidak perlu diragukan lagi karakter serta kekuatan vokalnya yang begitu dahsyat dalam menyanyikan tema lagu Thunderball. Diiringi oleh sejumlah alat tiup seperti saksofon, trumpet ataupun klarinet, lagu Thunderball begitu menggelegar dari awal hingga mencapai puncak klimaks hingga akhir.



tema lagu james bond terfavorit skyfall
grammy.com
7. Adele: Skyfall | Skyfall (2012)

Berdasarkan narasi filmnya, lagu berjudul sama yakni Skyfall mulanya terdengar standar, namun mulai begitu terasa saat memasuki bagian chorus serta musik yang menggelegar.

Kekuatan lagu ini terdapat pada lirik yang begitu bermakna sesuai dengan film Bond yang mungkin bernuansa paling gelap dan tragis sekaligus hal misterius yang telah menanti di depan, berkaitan dengan masa lalu Bond sendiri.



tema lagu james bond terfavorit diamonds are forever
express.co.uk
6. Shirley Bassey: Diamonds Are Forever | Diamonds Are Forever (1971)

Lagunya sendiri mencerminkan sekaligus mengekspoitasi bagaimana berlian identik dengan keabadian sekaligus keindahan, dibalik sisi misterius yang diiringi intro musik di awal.

Diamonds Are Forever merupakan tema lagu ke-2 film Bond yang kembali dinyanyikan Bassey setelah Goldfinger (1964) dan sebelum Moonraker (1979). Lagu ini mungkin tema yang paling membuai angan serta imajinasi audiens untuk larut dalam kesenangan yang berkilau, melalui nada sentimental.



tema lagu james bond terfavorit we have all the time in the world
bbc.com
5. Louis Armstrong: We Have All the Time in the World | On Her Majesty’s Secret Service (1969)

Lagu yang dibawakan oleh legenda musisi blues, Louis Amstrong, tentu saja berkaitan dengan tragedi yang menimpa Bond dalam petualangan romansa yang mengejutkan.

Tidak perlu melankolis dan emosional berlebihan, We Have All the Time in the World membawa suasana narasi berada di level yang lebih atas yang terdengar dalam adegan, bukan pada kredit pembuka maupun penutup.



tema lagu james bond terfavorit all time high
nypost.com
4. Rita Coolidge: All Time High | Octopussy (1983)

Sekilas memiliki irama yang mirip dengan Nobody Does it Better dan For Yours Eyes Only, namun lagu All Time High yang dilantunkan Rita Coolidge ini terasa lebih menyentuh emosi secara menyeluruh, bahkan saat pertama kali mendengarnya. Diawali dengan lantunan saksofon lembut, diikuti oleh karakter vokal Coolidge yang merdu, lagu ini mampu menyatukannya dengan solid serta tidak pernah bosan untuk didengarkan.



tema lagu james bond terfavorit from russia with love
bbc.co.uk
3. Matt Monro: From Russia with Love | From Russia with Love (1963)

Boleh dibilang seperti versi romansanya dari lagu Thunderball, Matt Monro melantunkan lagu From Russia with Love begitu kuasa dalam memberikan rasa melankoli dan sentuhan yang begitu pas dalam kesederhanaan lirik maupun tarikan vokalnya. Diiringi oleh petikan dawai indah, turut mewarnai lagu yang dihadirkan menuju kredit penutup film di kota Venesia.



tema lagu james bond terfavorit a view to a kill
billboard.com
2. Duran Duran: A View to a Kill | A View to a Kill (1985)

Seperti lagu The Living Daylights yang dibawakan oleh A-Ha, begitu pula dan bahkan diawali oleh Duran Duran dalam tema lagu A View to a Kill, menjadi perwakilan sekaligus revolusi akan pengaruh irama dan beat modern dengan sentuhan pop rock saat itu.

Kualitas musikal Duran Duran tidak perlu diragukan lagi kehandalannya dalam melabrak ciri khas tema lagu Bond yang cenderung kepada pop klasik.


Sebelum masuk ke peringkat 1, terdapat lima tema lagu James Bond yang menjadi Honorable Mention, yakni:
tema lagu james bond terfavorit honorable mention
Billboard, Ultimate Classic Rock, Rolling Stone, Auckland Live

Paul McCartney & Wings: Live and Let Die | Live and Let Die (1973)
Carly Simon: Nobody Does it Better (1977)
Gladys Knight: Licence to Kill | Licence to Kill (1989)
Garbage: The World is not Enough | The World is not Enough (1999)
A-ha: The Living Daylights | The Living Daylights (1987)


tema lagu james bond terfavorit goldfinger
amazon.com
1. Shirley Bassey: Goldfinger | Goldfinger (1964)

Satu-satunya penyanyi yang melantunkan tiga tema lagu Bond berlainan dalam dua dekade, Shirley Bassey dengan Goldfinger-nya adalah yang terbaik dan mungkin belum pernah tertandingi.

Perasaan terhentak sekaligus terkejut saat pertama kali mendengar lagu dengan vokalnya yang tinggi melengking tersebut, begitu dahsyat menggelora mulai dari intro, verse hingga bagian chorus.

Durasi panjang vokal Tom Jones dan Matt Monro, mungkin dengan mudah dilibas oleh Bassey dalam variasi nada di sepanjang lagu.

Comments

Popular Posts