No Way Out (1987) : Menginvestigasi Dirinya Sendiri

no way out investigasi diri sendiri
Orion Pictures

Menginvestigasi dirinya sendiri dalam sebuah skandal, adalah hal yang paling menakutkan!

Mungkin banyak yang tidak menyadari bahwa film crime thriller berjudul No Way Out, merupakan reboot, sekaligus adaptasi ketiga dari novel The Big Clock. Adaptasi langsung pertama kali diimplementasikan melalui film dengan judul yang sama di tahun 1948, kemudian adaptasi kedua melalui film Perancis, yakni Police Python 357 (1976), dan yang terakhir adalah No Way Out.

Tanpa perubahan premis dasar, beberapa elemen dirubah dalam film No Way Out, terutama mengambil tema perwira militer dalam era Perang Dingin. Melalui film ini juga dan The Untouchables di tahun yang sama, nama Kevin Costner mulai populer sebagai aktor yang berstatus bintang, hingga beberapa tahun berikutnya berturut-turut, karirnya semakin menanjak hingga medio 90’an.

Film No Way Out mengisahkan tentang seorang Perwira Angkatan Laut Amerika bernama Tom Farrell (Kevin Costner) diinterogasi sehubungan dengan bagaimana ia pertama kali bertemu dengan Sekretaris Pertahanan bernama David Brice (Gene Hackman).


Lalu alur pun bergerak mundur ketika Farrell diajak rekannya bernama Pritchard (Will Patton) menghadiri sebuah inaugurasi untuk dikenalkan kepada Brice.

Brice tampak mengacuhkan Farrell, namun Farrell bertemu dengan seorang wanita menarik bernama Susan (Sean Young) yang tak lain adalah istri simpanan Brice, lalu mereka menuju apartemen sahabat Susan bernama Nina, dan setelahnya mereka berdua terlibat hubungan romantis.


Saat Farrell kembali bertugas dan menyelamatkan nyawa seseorang, Brice merekrut Farrell untuk bergabung sebagai staf intelijen-nya.

Dibawah supervisi Pritchard, Farrell ditugaskan diam-diam untuk mengumpulkan informasi rahasia dari beberapa agen pemerintah, termasuk CIA. Suatu hari, sebuah insiden terjadi dalam pertengkaran dengan Brice yang menyebabkan tewasnya Susan tanpa sengaja, sesaat setelah Farrell bersama dengan Susan.

review film no way out
Orion Pictures

Untuk mengelabui keadaan, Pritchard membuat skenario fiktif bahwa Susan tewas di tangan seorang KGB dengan kode panggilan “Yuri” yang mereka incar selama ini. Ironisnya, Farrell-lah yang ditugasi untuk menemukan “Yuri”, alih-alih investigasi sidik jari mulai mengarah kepada dirinya sendiri!

Film No Way Out menceritakan tentang sebuah thriller yang terjadi di dalam lingkaran politik terkait dengan pemerintahan (yang diwakili oleh Sekretaris Pertahanan dan Pentagon) dan militer (Angkatan Laut yang diwakili oleh karakter Tom Farrell).


Kompleksitas cerita berkembang secara perlahan, hanya gara-gara sebuah insiden yang dilakukan Brice dalam keadaan gusar terhadap Susan.

Meski tindakan Brice tidak disengaja, namun audiens bisa langsung menilai bahwa seorang mastermind dibalik konspirasi terhadap sebuah narasi, dilakukan oleh Pritchard demi menyelamatkan posisi Brice dari skandal tersebut.

Dari sini, kita bisa melihat bahwa Pritchard dinilai sebagai karakter antagonis yang menyebalkan, dengan mengorbankan temannya sendiri yakni Farrell yang ditugaskan untuk menginvestigasi kematian Susan, alih-alih dengan sebuah skenario bahwa pembunuhnya adalah seorang agen KGB yang dinamai “Yuri”.

Yang paling menarik dan menimbulkan intrik besar tentu ada dalam diri Farrell yang harus mengatur caranya guna menghindar dari semua itu, mengingat ia awalnya tidak mengetahui bahwa Susan telah mati, sehingga ia sendiri yang mencari tahu siapa pembunuh Susan yang sesungguhnya. Jadi boleh dibilang ada investigasi pribadi dibalik investigasi belaka.

Dalam keadaan terjepit, bersamaan dengan waktu yang terus berjalan cepat –penemuan barang bukti berupa foto polaroid saat Susan memotret dirinya- sekaligus menghindari terjadinya skandal memalukan di depan publik, Farrell harus mengungkap kebenaran, sedangkan ia sendiri berada di pihak Brice dan Pritchard yang memainkan sandiwara untuk memburu “Yuri” sebagai tersangka pembunuh Susan.


ulasan sinopsis no way out
Orion Pictures
 
Farrel kesulitan untuk keluar dari situasi kritis tersebut!

Sementara dari Langley, para penyelidik CIA pun ikut terlibat dalam mencari tahu keberadaan “Yuri” terkait isu agen KGB, mengingat peliknya suasana Perang Dingin terhadap Keamanan Negara saat itu.

Penyajian alur film ini diimplementasikan dengan baik, melalui akting dan dialog yang kuat, dramatisasi yang mampu memainkan emosi, thriller yang menggenjot adrenalin terhadap situasi genting, serta terdapat sebuah pelintiran besar yang tidak akan pernah disangka sebelumnya yang akan membuat mind blowing audiens hingga akhir cerita.

Performa dan akting Kevin Costner sebagai Farrell sungguh solid dan emosional, bagaimana saat ia begitu syok mengetahui Susan tewas ataupun saat ia harus bertindak cepat mengambil keputusan untuk mengulur waktu dalam menunggu hasil pelacakan komputer terhadap hasil cetak kamera polaroid, sekaligus diam-diam menyelidiki siapa sebenarnya pembunuh Susan.

Gene Hackman yang biasanya bermain prima dan memiliki karisma tinggi, agak turun performanya di film ini, meski tetap masih membawa energi besar sebagai Brice yang lepas kendali dan kebingungan dalam mencari solusi atas insiden yang dilakukannya.


Untung saja penampilan gemilang aktor Will Patton sebagai Pritchard yang bisa mengimbangi dan malah mendominasi Brice dalam memprovokasi sesuatu.

Sekali lagi, aktris Sean Young memang cocok memerankan sebagai seorang yang berkesan wanita penggoda, berkenaan dengan karakter Susan seorang wanita simpanan Brice, yang menjalin asmara dengan Farrell. Seperti halnya dalam beberapa filmnya, akting Young memang dengan mudah mampu mengeksekusi perannya sebagai wanita yang mengintimidasi.

Film No Way Out bukanlah sembarang film political thriller yang diadaptasi dari sebuah novel, sekaligus berfungsi sebagai reboot belaka, namun kekuatan cerita yang dibangun dari ketertarikan awal yang terkesan santai dan romantis, perlahan beralih menjadi sebuah tragedi hingga berujung kepada konflik serius yang mendebarkan, menegaskan film ini sebagai drama thriller berkualitas.

Score : 3.5 / 4 stars

No Way Out
| 1987 | Drama, Politik, Thriller | Pemain: Kevin Costner, Gene Hackman, Sean Young, Will Patton, Howard Duff, George Dzundza | Sutradara: Roger Donaldson | Produser: Robert Garland, Laura Ziskin | Penulis: Berdasarkan novel The Big Clock karya Kenneth Fearing. Naskah: Robert Garland | Musik: Maurice Jarre | Sinematografi: John Alcott | Distributor: Orion Pictures | Negara: Amerika Serikat | Durasi: 114 Menit

Comments