Wrath of Man (2021): Misteri Aksi Perampokan Truk Uang

wrath of man misteri perampokan truk
United Artists, Lionsgate, Universal Pictures

Sinema aksi laga review film Wrath of Man, tentang misteri aksi perampokan truk uang.

Seperti halnya David Lynch atau Christopher Nolan, sineas Guy Ritchie gemar mengacak alur cerita dalam sejumlah film yang biasa ia tangani, termasuk film ini yang merupakan adaptasi dari Perancis.

Dalam masa pandemi COVID-19 ini tidak banyak pilihan untuk menonton film besar dengan konten yang menarik dari sisi cerita maupun pengembangan karakternya, yang murni menghibur dan bebas dari politik identitas.

Film seperti Wrath of Man adalah salah satu film aksi laga yang ternyata menarik atensi saya, sejak penilaian yang tak disangka cukup mengesankan.

Berdasarkan situs IMDB maupun skor audiens di situs Rotten Tomatoes, film ini juga ditunjang dengan kesuksesan finansialnya.

Meski saya kurang tertarik dengan berbagai film yang diperankan Jason Statham, ternyata yang satu ini merupakan kolaborasi keempatnya dengan Guy Ritchie.

Wrath of Man mengisahkan tentang perampokan mobil truk yang mengangkut sejumlah uang besar, dan ceritanya beralih menuju kepada karakter Patrick Hill (Jason Statham).

Ia memulai pekerjaannya di Fortico Security, sebuah jasa pelayanan penyimpanan uang dalam jumlah besar.

Patrick merupakan sosok misterius dan dingin, dipanggil “H” oleh atasannya di lapangan yakni Bullet (Holt McCallany) dan ia dipandang sinis oleh rekannya, Boy Sweat Dave (Josh Hartnett).

Patrick menjadi pahlawan dan diandalkan oleh pemilik perusahaan, sejak melawan balik sekaligus menumpas para perampok.

Hal itu dilakukannya saat di dalam truk bersama Bullet dan Dave sedang membawa sejumlah uang klien, meski ia konon diburu oleh biro intelijen selama 25 tahun.

review film wrath of man
United Artists, Lionsgate, Universal Pictures

Suatu waktu, terjadi lagi perampokan, namun saat Patrick keluar dari mobilnya, para perampok pun ketakutan dan melarikan diri. Ada apa dibalik semua ini? Siapakah Patrick sebenarnya?

Saya yang skeptis dan memang kurang menyukai gaya penyutradaraan Ritchie, menyambut film ini tanpa ekspektasi apapun, yang ternyata merubah semua prasangka yang ada di benak saya.

Pace dalam film ini tersajikan apik dan solid pada mulanya, terutama berkenaan dengan perkenalan akan figur Patrick yang misterius, cenderung mengarah kepada drama thriller.

Hingga tiba dalam adegan perlawanan Patrick terhadap perampokan pertama yang dialaminya, terasa adrenalin bergejolak, karena intensitas serta sejumlah aksi tindakan brutal tersaji mengejutkan.

Secara komprehensif, penceritaan film Wrath of Man terdiri dari empat babak yakni a "Dark Spirit", "Scorched Earth", "Bad Animals, Bad", serta "Liver, Lungs, Spleen & Heart".

Keempatnya masing-masing berada dalam sudut pandang antar karakter yang berbeda, sehingga nantinya bakal dipertemukan secara acak alurnya dan bahkan terkadang pararel.

Butuh sedikit usaha untuk fokus dalam setiap adegannya, walau terkadang terlewat karena agak sulit membedakan bingkai waktu terhadap masing-masing babak satu-sama lain, terkait banyaknya figur yang terlibat.

ulasan sinopsis wrath of man
United Artists, Lionsgate, Universal Pictures

Sangat disayangkan adegan pertemuan antara Patrick dengan seorang agen bernama King, begitu implisit atau cenderung ambigu.

Hal itu mengakibatkan kontradiksi, sejak terasa ada lubang dalam alur yang tak terjelaskan secara mendasar.

Penyelesaian akhirnya pun kurang memuaskan saya terhadap gaya aksi sang figur sentral terhadap sang lawan.

Terasa malah lebih ringan, meski sedikit berkesan sebagai standar aksi laga yang menuntun pembalasan.

Seperti biasa, performa Statham rupanya tidak asing dalam memerankan figur tipikal seperti Patrick, begitu pula dengan sederet para aktor/aktris pendukung lainnya.

Umumnya sinematografi di film ini pula terasa lebih rapih dan enak dilihat, terutama gerakan kamera baik terhadap aksi figur maupun latar belakang.

Apalagi penempatan sudut dan laju gerak truk uang dalam kota, diantara sejumlah gedung pencakar langit.

Film Wrath of Man cukup menghibur dalam sajian aksi laga thriller yang membuat penasaran hingga pertengahan cerita.

Aksi laga disajikan standar dan efisien, hanya saja alur yang acak dan pararel cukup mengganggu selera saya pribadi.  

Itulah sinema aksi laga review film Wrath of Man, tentang misteri aksi perampokan truk uang.

Score: 2.5 / 4 stars

Wrath of Man | 2021 | Aksi Laga, Thriller | Pemain: Jason Statham, Holt McCallany, Jeffrey Donovan, Josh Hartnett, Scott Eastwood | Sutradara: Guy Ritchie | Produser: Guy Ritchie, Ivan Atkinson, Bill Block | Penulis: Berdasarkan film Cash Truck karya Nicolas Boukhrief. Naskah: Guy Ritchie, Ivan Atkinson, Marn Davies | Musik: Chris Benstead | Sinematografi: Alan Stewart | Distributor: United Artists Releasing (Amerika Serikat), Lionsgate (Inggris, Irlandia), Universal Pictures (Internasional) | Negara: Amerika Serikat, Inggris Raya | Durasi: 119 Menit

Comments