Head to Head: Road House 1989 vs 2024

review road house 1989 vs 2024 head to head
United Artists, Amazon MGM Studios

Sinema aksi laga head to head Road House 1989 vs 2024.

Road House adalah film aksi laga cult classic tentang seorang bouncer atau petugas kemanan klub malam, rilis pada tahun 1989.

Film Road House adalah satu dari rangkaian Karir Patrick Swayze yang sedang melambung tinggi setelah Dirty Dancing (1987) dan Ghost (1990).

Dirilis United Artists dengan modal 15 juta Dollar Amerika, Road House sukses mendapatkan lebih dari 61 juta Dollar Amerika, meski dikatakan sebagai film kelas B.

Tahun 2024 ini, Road House dibuatkan ulang dengan aktor Jake Gyllenhaal sebagai James Dalton, sang figur sentral seorang bouncer.

Road House versi 2024 hanya rilis via streaming, apakah mungkin mengingat krisis sosial politik dan wokeness di Amerika sana belum reda? Bisa jadi!

Premis Road House sangat relevan dengan maskulinitas, heroisme, moralitas, serta keadilan, saat seorang bouncer mengatasi masalah besar dalam komunitas di kota kecil.

Sementara di sisi lain, film Road House mengumbar kekerasan berupa perkelahian brutal dengan tangan kosong.

review road house 1989 patrick swayze kelly lynch sam elliott
United Artists

Premis film Road House, baik versi 1989 maupun 2024 pada dasarnya sama.

Figur sentral kedua film yaitu James Dalton yang diperankan Patrick Swayze dalam versi 1989, sedangkan versi 2024 diperankan Jake Gyllenhaal.

Dalton disewa oleh seorang pemilik klub untuk mengelola sekaligus hadapi ulah para pembuat onar yang merusak suasana di sebuah kota kecil. 

Versi 1989 sang pemilik Klub "Double Deuce" yaitu Frank yang diperankan Kevin Tighe, sedangkan versi 2024 adalah seorang wanita bernama Frankie diperankan Jessica Williams.

Nama klub malam dalam versi 2024 yaitu "Road House" mengambil judul film nya sendiri.

Masalah utama datang dari kelompok pembuat onar yang berasal dari sang antagonis yang menguasai kota tersebut.

review road house 2024 remake jake gyllenhaal connor mcgregor
Amazon MGM Studios

Brad Wesley (Ben Gazzara) sang antagonis dari keluarga pendiri kota yang melakukan pemerasan terhadap warga dalam Road House versi 1989.

Ben Brandt (Billy Magnussen) adalah sang antagonis dengan latar yang sama dengan segala cara agar bisa membeli dan menguasai klub tersebut.

Di tengah konflik tersebut, Dalton akhirnya menjalin hubungan spesial dengan seorang dokter, yaitu Elizabeth yang diperankan Kelly Lynch dalam versi 1989.

Sedangkan Road House 2024 figur dokter Ellie diperankan Daniela Melchior.

Kedua figur dalam dua versi berbeda, merupakan karakter kunci dalam konflik besar itu.

Perbedaan menonjol yaitu figur antagonis andalan dalam lapangan, yaitu Knox yang diperankan bintang UFC, Connor McGregor dalam versi 2024.

Knox adalah lawan seimbang dari Dalton, melalui peran karakter dominan terutama dari sisi aksi pertarungan.

sinopsis alur cerita road house 1989
United Atrists

Adapun figur Jimmy Reno yang diperankan Marshall Teague dalam Road House 1989 terkesan sebagai karakter antagonis andalan jago bertarung, dengan porsi seadanya.

Selain perwujudan karakter, kedua versi Road House memiliki perbedaan latar cerita yang cukup signifikan.

Figur utama Dalton dalam versi 1989 memang seorang bouncer di sebuah klub malam Kota New York.

Dalton versi 2024 adalah mantan bintang UFC yang jadi petarung jalanan, karena insiden masa lalu yang akhirnya terungkap dalam alur cerita.

Meski demikian, Dalton versi 1989 dengan jelas memberikan arahan dalam mengelola klub malam, termasuk memecat sejumlah kru yang tidak pantas.

Road House versi 1989 original merupakan esensi terhadap tema cerita film itu sendiri, tentang seorang bouncer berpengalaman.

Film ini sederhana dalam penuturan narasi maupun eksekusi, baik melalui dialog keren era 1980'an, maupun aksi laga fantastis.

sinopsis alur road house 2024 reboot
Amazob MGM Studios

Sebagai film kelas B status cult classic serta pesona Patrick Swayze sebagai simbol maskulin, Road House 1989 berbicara seadanya namun efektif.

Road House 1989 tidak perlu alur rumit, cukup dengan sajian dialog praktis namun mengena, serta laga yang utamakan koreografi sungguhan melalui kombatan tangan kosong.

Oh ya, nilai plus Road House 1989 yaitu melalui figur pendukung karismatik dengan hadirnya Wade Garrett yang diperankan Sam Elliott.

Gaya dan pesona sang bouncer sekaligus mentor Dalton itu, mampu berikan simpati tersendiri sekaligus menekankan persahabatan melalui chemistry solid diantara keduanya.

Road House 2024 mengandalkan pertarungan epik diantara Dalton dengan Knox, melalui sejumlah adegan ala CGI meski gaya dan arah sudut sorotan kamera dinamis tak kalah impresif.

Adegan berlebihan di atas lautan melalui pengejaran kapal motor dalam versi 2024, hanyalah bumbu standar belaka.

Versi ini berupaya keras tampilkan cerita dengan selipan misteri masa lalu Dalton melalui pengungkapan yang tidak perlu.

ulasan film road house 1989 original kombatan pertarungan
United Artists

Derita kemudian ditambahkan dengan berbagai isu sosial masa kini yang tidak menarik dan membosankan.

Figur pendukung tidak penting seperti Charlie dengan ayah nya hanya demi memenuhi standar "keberagaman" dan "playing victim" ala Sayap Kiri, merupakan salah satu faktor nya.

Pergantian gender dan warna kulit untuk figur sang pemilik klub, membuat kesan yang sama, meski hal itu tidak mengganggu.

Yang terakhir adalah figur Ellie sebagai simbol feminisme post-modern juga turut mengganggu dan sama sekali tidak ada daya pikat.

Saya lupa, apakah ada elemen humor dalam Road House 2024, seperti selingan humor segar versi 1989 sangat kuat.

Jakes Gyllenhaal akhir nya mampu menghidupkan karakter figur Dalton melalui versi nya sendiri, sebagai tribut terhadap mendiang Patrick Swayze. 

Road House original versi 1989 sebenarnya tidak perlu dibuatkan ulang, karena memang percuma.

ulasan film remake road house 2024 connor mcgregor
Amazon MGM Studios

Tapi satu hal yang pasti, Road House versi 2024 adalah contoh film aksi laga yang sulit diterima dalam polarisasi sosial di Amerika saat ini.

Meskipun inferior, Road House 2024 merupakan film dengan tantangan besar untuk mengembalikan kejayaan aksi laga tanpa politik identitas.

Road House versi 2024 pada dasar nya adalah aksi laga esensial, tentang sosok heroik yang langka dalam perfilman Hollywood modern yang semakin toksik. 

Road House | 1989 | Score: 3 / 4 stars | Pemain: Patrick Swayze, Ben Gazzra, Kelly Lynch, Sam Elliot, Kevin Tighe, Jeff Healey | Sutradara: Rowdy Herrington | Produser: Joel Silver | Penulis: David Lee Henry, Hilary Henkin | Musik: Michael Kamen | Sinematografi: Dean Cundey | Distributor: United Artists | Negara: Amerika Serikat | Durasi: 114 menit

Road House | 2024 | Score: 1.5 / 4 stars | Pemain: Jake Gyllenhaal, Daniela Melchior, Billy Magnussen, Jessica Williams, Joaquim de Almeida, Conor McGregor | Sutradara: Doug Liman | Produser: Joel Silver | Penulis: Berdasarkan karakter karya David Lee Henry dan Hilary Henkin. Naskah: Anthony Bagarozzi, Charles Mondry | Musik: Christopher Beck | Sinematografi: Henry Braham | Distributor: Amazon MGM Studios | Negara: Amerika Serikat | Durasi: 121 menit

Itulah sinema aksi laga head to head film Road House 1989 vs 2024.

Comments