Creed (2015) : Spin-Off 'Rocky' Terbaik

creed spin off rocky terbaik
Warner Bros Pictures

Andil Sylvester Stallone dalam mengembangkan naskah film Creed, terbukti menjadi salah satu formula kesuksesan film tersebut, sekaligus mengobati kerinduan sejumlah penggemar akan karakter Rocky yang kini telah pensiun itu.

Film Creed merupakan sempalan atau spin-off Rocky terbaik, bahwasanya karakter Adonis Creed sebagai tokoh utamanya, merupakan putra dari sang legenda Apollo Creed yang pernah berseteru dengan Rocky dan akhirnya bersahabat erat.

Kelihaian seorang sineas muda kulit hitam asal Amerika, Ryan Coogler yang terkenal dengan film Black Panther-nya itu, menjadi bukti nyata untuk mengangkat karakter protagonis kulit hitam yang disegani, bukan hanya semata rutinitas akting dan gaya belaka saja, jauh dari kesan stereotip.

Kisah film Creed bermula di tahun 1998 saat Adonis “Donnie” Johnson yang tinggal di panti asuhan, adalah seorang anak hasil hubungan mendiang Apollo Creed dengan seorang wanita yang tidak diketahui keberadaannya. Adalah Mary Anne (Phylicia Rashad), istri Apollo yang kemudian mengadopsi Adonis.

Tahun 2015, Adonis (Michael B. Jordan) berhenti dari pekerjaannya untuk mengejar obsesi pribadinya sebagai seorang petinju profesional. Hal itu tentu saja dikhawatirkan oleh Mary Anne, mengingat peristiwa naas yang menimpa suaminya tewas saat bertanding melawan Ivan Drago 30 tahun yang lalu.

Adonis ditolak oleh seorang pelatih bernama Tony “Little Duke” Evers, Jr (Wood Harris), anak dari Tony Evers yang pernah melatih Apollo dan Rocky. Ia pun menuju Philadelphia untuk bertemu dengan Rocky Balboa (Sylvester Stallone) yang mengidap trauma otak, awalnya enggan untuk melatihnya dan akhirnya menyetujuinya.

Namun apa yang mereka alami, mulai dari latihan, eksebisi dan pertandingan ternyata tidak semulus yang dikira.

Drama dari babak baru perjalanan Rocky Balboa, terangkum dalam satu film yang tersentral kepada Adonis Creed, putra dari petinju legendaris Apollo Creed.


Film ini adalah sisi lain dari kehidupan Rocky Balboa yang pernah pensiun dan menjadi pelatih sejak film Rocky V (1990) lalu kembali bertarung di film Rocky Balboa (2006), kini menjalani masa tuanya dengan menjadi pelatih sekaligus mentor putra sahabatnya itu.

Di film ini, Coogler berusaha keras untuk mengarahkan semua elemen agar bisa memiliki setidaknya sebagian jiwa dari semua film Rocky.

review film creed
Warner Bros Pictures

Melalui berbagai gaya yang ditampilkan dengan sentuhan modern, hal tersebut terasa lebih mirip dengan film Rocky Balboa, tanpa meninggalkan elemen tradisional yang masih melekat kuat lewat premis, adegan, dialog ataupun setting serta scoring yang dieksekusi dengan cermat.

Selain Adonis Creed sebagai karakter utama tentang bagaimana DNA seorang petinju profesional mengalir kuat dari ayahnya, tentu saja tidak bisa lepas dari peran Rocky yang mengenal betul karakter Apollo di dalam maupun di luar ring tinju.

Dalam film Rocky (1976), seorang petinju amatiran bernama Rocky Balboa dididik oleh Michael “Mickey” Goldmill (Burgess Meredith) untuk menantang Apollo Creed (Carl Weathers), kembali diulangi dalam Rocky II (1979).

Namun dalam film Rocky III (1982), Rocky kehilangan Mickey yang meninggal saat ia akan bertanding, maka saat itulah kemudian Apollo melatih Rocky dan mereka menjadi sahabat.


Baca juga: 6 Film 'Rocky' yang Wajib Anda Tonton

Di film Creed, giliran Rocky yang melatih sekaligus mendidik Adonis hingga menjadi seorang petarung hebat. Semua yang diwariskan oleh Rocky adalah juga warisan yang ia dapat dari Mickey dan Apollo, tidak hanya melulu soal teknis saja, namun juga nilai-nilai hidup seorang petarung tentang bagaimana bertahan dan bangkit dari kegagalan dan kepahitan.

Ikatan kuat yang muncul dalam hubungan antara Adonis dan Rocky, juga memperlihatkan bahwa Adonis yang tidak mengenal ayahnya sejak lahir, memanggil Rocky sebagai “paman”. Begitu pula sebaliknya, Rocky yang kehilangan Apollo, ditinggal mati istrinya Adrian (Talia Shire) dan jauh dari anaknya, menganggap Adonis sebagai keluarga sendiri.

Boleh dikatakan bahwa film Creed adalah cerminan dari film Rocky itu sendiri, dengan premis klise tentang seorang anak muda putra Apollo Creed, dalam pencarian jati diri sebagai petarung sejati yang dididik oleh petinju legendaris Rocky.

Dalam perjalanannya, Adonis menemukan sosok wanita biasa yang dicintainya yakni Bianca (Tessa Thompson), akhirnya menemukan lawan sepadan yang sebenarnya sudah sering jadi juara, serta tentunya berpengalaman.

Yang membuat perbedaan di film ini adalah seorang Adonis yang ingin keluar dari zona nyaman akan karir dan masa depannya yang semestinya terhindar dari resiko, malah terjun bebas ke dalam dunia ‘brutal’ yang dilakukan oleh ayahnya yang nyawanya terenggut akibat sebuah sikap dan tindakan yang berakibat fatal dalam Rocky IV.

ulasan sinopsis film creed
Warner Bros Pictures

Reinkarnasi dari Apollo yang terdapat dalam sosok Adonis bisa dikatakan sebagai sebuah penebusan sekaligus mempertahankan warisan dari seorang petarung untuk meraih juara.

Selain itu, rangkaian cerita dan pengembangan karakter di film ini, cukup meyakinkan dan elemen drama yang dihadirkan juga menggugah emosi, seperti saat apa yang dialami oleh Rocky dalam melatih Adonis untuk persiapan bertarung dengan petinju Inggris, “Pretty” Ricky Conlan.

Kita tidak bisa mengetahui apa yang akan terjadi selanjutnya dan hal itu merupakan sebuah kejutan yang menggenjot adrenalin.

Performa Michael B. Jordan sebagai Adonis cukup meyakinkan, baik secara fisik yang lebih kurang mirip Carl Weathers, maupun dialog dan gaya bertinjunya. Gaya aktingnya tidak menunjukkan identitas seorang kulit hitam modern yang terlalu menonjolkan sisi kultur ‘hip-hop’ yang berlebihan itu.

Keseriusan dalam mendalami karakternya itu, sebagai seseorang yang memiliki tekad kuat sebagai petinju profesional, meski tetap saja salah satu gaya keangkuhan ia tunjukkan sesuai dengan karakter mendiang ayahnya.

Karakter kunci di film ini tentu saja Rocky Balboa yang kembali diperankan Stallone, yang penampilannya saya rasa jauh lebih baik dibandingkan film Rocky V. Sosoknya terlihat jauh lebih bijak dan sabar, rendah hati, serta tanpa pernah meninggalkan gaya bicaranya yang khas itu.

Sedangkan karakter Ricky Conlan yang diperankan Anthony Bellew cukup meyakinkan sebagai sosok antagonis yang arogan dan banyak lagak.

Penyajian menarik dari berbagai sekuen dan adegan dalam Creed, boleh dibilang merupakan formula yang menggabungkan teknik pengambilan gambar secara konservatif dan modern. Tampaknya penggunaan shaky camera di beberapa adegan, tidak mengganggu visual secara keseluruhan, meski saya tidak mengerti tujuannya untuk apa.

spin off rocky terbaik film creed
Warner Bros Pictures

Salah satu sekuen dikenang, terinspirasi dari sekuen ikonik ketika Rocky latihan lari di jalanan yang diikuti oleh banyak orang yang berlari mengejarnya. Terlihat ketika Adonis yang berlari di jalanan sepi namun diikuti oleh para pengendara motor di lingkungan tersebut yang dikombinasikan dengan beberapa gerakan slow-motion.

Dengan memakai setelan training dan skullcap berwarna sama, aksinya itu pula diiringi oleh sebuah lagu Lord Knows/Fighting Stronger dengan kombinasi antara hip-hop dan instrumen yang mirip dengan tema musik Gonna Fly Now.

Selain itu, berbagai adegan pertandingan tinju yang dibuat dengan dramatis, dieksekusi dengan apik, diperlihatkan secara epik terutama dalam pertandingan terakhir yang tentu saja sejumlah gaya gerak lambat saat salah seorang karakter itu dipukul telak sebelum jatuh ke kanvas ring tinju.

Celana tinju ikonik milik Apollo Creed dengan desain bendera Amerika pun dipakai oleh Adonis dalam pertandingan puncak itu.


Baca juga: Lintas Generasi Karakter dalam Film Sekuel

Berbagai setting cerita yang sebagian besar berada di kota Philadelphia, memperlihatkan patung nyata Rocky Balboa dekat Rocky Steps di area Philadelphia Museum of Art.

Nostalgia dari film Rocky Balboa juga diperlihatkan ketika Adonis bertemu dengan Rocky di restoran Adrian’s miliknya, kemudian sasana latihan tinju di Mighty’s Mickey Boxing yang terletak di sudut bangunan dekat jalur kereta layang, serta tentunya sekuen “72 steps” saat fajar menyingsing.

Sekilas tema musik yang aslinya diaransemen Bill Conti, yakni Gonna Fly Now juga dilantunkan saat pertandingan terakhir, serta The Final Bell hadir saat pertandingan hampir selesai.

Film Creed mengangkat kembali kejayaan waralaba Rocky sebagai spin-off terbaik, melalui kemampuan untuk menerobos sisi lain warisan Apollo Creed terhadap Adonis.

Sebuah film yang menarik, sangat menghibur, dengan pengembangan cerita yang cukup emosional, meski berangkat dari premis yang tidak istimewa. Film Creed II sebentar lagi akan dirilis dengan kembalinya Ivan Drago, semenarik apakah filmnya?

Score : 3.5 / 4 stars

Creed | 2015 | Drama, Sport | Pemain: Michael B. Jordan, Sylvester Stallone, Tessa Thompson, Phylicia Rashad | Sutradara: Ryan Coogler | Produser: Irwin Winkler, Robert Chartoff, Charles Winkler, William Chartoff, David Winkler, Kevin King-Templeton, Sylverster Stallone | Penulis: Berdasarkan karakter Rocky karya Sylverster Stallone. Naskah: Ryan Coogler, Aaron Covington | Musik: Ludwig Göransson, berdasarkan tema musik karya Bill Conti | Sinematografi: Maryse Alberti | Distributor: Warner Bros Pictures | Negara: Amerika Serikat | Durasi: 133 Menit

Comments