Gosford Park (2001) : Drama Pembunuhan Sang Industrialis

gosford park drama pembunuhan sang industrialis
Entertainment Film Distributors

Tipe film whodunit merupakan tipe film yang cukup berat untuk disimak, perlu ekstra fokus dan ketenangan, sehingga diharapkan mendapat rasa yang tepat.

Gosford Park adalah salah satu contoh sejenis yang tipikal dalam drama pembunuhan sang industrialis, saat seluruh keluarga, kerabat serta kolega berkumpul dalam satu ruang, sehingga sang tersangka pun mulai diterka satu-persatu dari mereka semua.

Hal yang klise seperti ini memang telah ada, termasuk kepopuleran Hercule Poirot dalam sejumlah novel karya Agatha Christie yang beberapa diantaranya diadaptasi ke dalam film.


Baca juga: Head to Head : Murder on the Orient Express 1974 vs 2016

Ide film Gosford Park berawal dari aktor Bob Balaban yang mengenalkan penulis Julian Fellowes  kepada sutradara Robert Altman, untuk mengembangkan cerita film drama misteri jenis whodunit tersebut yang ternyata cukup sukses pada saat perilisannya, baik dari pendapatan maupun kritik.

Sejatinya, film ini produksi Inggris, namun kru-nya gabungan antara Inggris dan Amerika Serikat, sesuai dengan ceritanya tentang pertemuan besar sejumlah orang kaya Inggris dengan aktor-produser Amerika di Gosford Park, sebuah country house di Inggris.


Ceritanya sendiri berada di tahun 30’an.

Gosford Park mengisahkan seorang industrialis kaya-raya bernama Sir William McCordle (Michael Gambon), memiliki seorang istri bernama Lady Sylvia McCordle (Kristin Scott Thomas) dan seorang putri, Isobel.

Mereka mengundang para relasi dalam rangka acara berburu, di sebuah country house mereka di Gosford Park, Inggris. Ketika para tamu mulai berdatangan, mereka disambut dan dilayani oleh kepala penjaga rumah, Mrs. Wilson (Helen Mirren), kepala pembantu rumah tangga, Elsie (Emily Watson) dan kepala pelayan Mr. Jennings (Alan Bates).

Para tamu undangan pun berkumpul untuk minum teh, kemudian mereka makan malam. Sementara, di dapur diketahui bahwa salah satu pisau makan hilang, namun para pelayan menganggap mungkin hanya salah penempatan.


Keesokan harinya, para pria pergi berburu dan sebuah insiden terjadi ketika telinga Sir William nyaris terkena sasaran peluru.

Saat makan malam, Lady Sylvia memulai percakapan yang menyulut emosi Sir William yang didukung oleh Elsie. Mereka berdua segera meninggalkan meja makan, sementara Sir William pergi ke ruang perpustakaan pribadinya.

Setelah makan malam usai, para tamu bersantai di sebuah ruang, dan seorang tamu yang merupakan aktor, Ivor Novello (Jeremy Northam) menyanyi sambil memainkan piano, untuk mencairkan suasana hingga menggema ke seluruh ruangan, termasuk para pelayan yang diam-diam mendengarkannya.

review film gosford park
Entertainment Film Distributors

Dalam momen itulah, seseorang menikam Sir William dengan sebuah pisau dapur. Saat Louisa alias Lady Stocbridge (Geraldine Sommerville) menghampirinya, ia terkejut dan histeris. Maka investigasi pun dilakukan, dengan mengundang seorang detektif polisi bernama Thompson (Stephen Fry) untuk mengungkapnya.

Karakterisasi cerita di film ini, pada dasarnya terbagi dua kelompok besar: kelompok majikan alias sejumlah orang terpandang dan kelompok para pelayan yang bekerja pada mereka.

Masing-masing kelompok tersebut terdiri dari banyak karakter, yang jika pertama kali nonton filmnya, bikin sedikit pusing dan bingung. Apalagi pengenalan masing-masing karakter terjadi dalam adegan yang cukup cepat transisinya, melalui berbagai dialog dan obrolan yang mengalir, antar beberapa grup yang sedang beraktivitas satu sama lain.

Setelah beberapa kali saya tonton terhadap beberapa dialog penting, maka dapat ditarik satu kesimpulan penting: Karakter Sir William adalah kunci dari pembunuhan itu sendiri!

Ia adalah seorang kaya-raya, yang mengakibatkan semua orang yang terlibat bersamanya, terlihat seperti mengerumuni dirinya karena harta. Berbagai cara, siasat atau taktik mereka perankan untuk dekat sekaligus mempengaruhi dirinya.

Sir William sendiri memiliki sisi gelap, diantaranya pernah selingkuh dengan Louisa, yang merupakan istri dari Raymond alias Lord Stockbridge (Chales Dance), yang memang mengalami kesulitan keuangan.


Sir William yang terus mendukung keuangan Raymond, tiba-tiba ingin berhenti karena sudah muak. 

Selain itu, ada pula Panglima Anthony Meredith (Tom Hollander) yang memohon kepada Sir William, untuk tidak mundur dari skema bisnis yang dijalaninya dengan Raymond dan Louisa. Hal tersebut dikatakannya pada saat makan siang, setelah insiden peluru nyasar yang hampir kena telinga Sir William dalam aktivitas berburu.

Juga ada perselingkuhan antara Freddie Nesbit (James Wilby) dengan Isobel, putri tunggal Sir William, padahal Freddie telah memiliki istri bernama Mabel (Claudie Blakely). Freddie terus merayu Isobel, agar bisa bekerja atau berbisnis dengan Sir William, tentunya dengan mengharapkan uang yang banyak.

Tambahan lainnya, yakni Lord Rupert Standish dan Jeremy Bond yang memiliki hubungan bisnis dengan Sir William. Salah satu diantara merekapun terlibat perselingkuhan dengan salah satu pelayan Sir William.

Jadi, perselingkuhan adalah jalan menuju pendekatan untuk meraih uang banyak?
 
ulasan sinopsis film gosford park
Entertainment Film Distributors

Karakter unik lainnya, yakni aktor Ivor Novello, adalah sepupu Sir William. Ivor membawa temannya, Morris Weissman (Bob Balaban), seorang produser Hollywood, dengan harapan mengajak Sir William untuk investasi dalam dunia hiburan.

Ada satu hal yang menggelikan, saat Morris sibuk menelepon koleganya di Amerika untuk urusan skenario film, tepat pada saat Sir William tewas dibunuh. Tampak dialog Morris dengan koleganya di telepon, membicarakan naskah cerita pembunuhan, seakan menyambung dengan peristiwa pembunuhan Sir William itu sendiri.

Boleh dikatakan, bahwa sudut pandang dalam cerita ini, adalah Mary MacEachran (Kelly MacDonald), pelayan dari Constance alias Countess of Trentham (Maggie Smith).

Dari awal cerita pun, ia diperlihatkan berangkat bersama majikannya, menuju kediaman Sir William. Countess of Trentham dan Lady Sylvia memiliki relasi keluarga dilihat dari berbagai dialog yang mereka bicarakan, dan tampak Mary dua kali berada dalam satu ruangan, ketika mereka sedang asyik mengobrol.

Kehadiran Mary pun selalu menjadi fokus dari awal hingga akhir cerita, bagaimana interaksinya dengan beberapa karakter ‘pelayan’ seperti Robert Parks (Clive Owen) dan seorang pelayan yang bertingkah aneh, yang ingin selalu mau tahu, yakni Henry Denton (Ryan Phillipe), hingga Mary akhirnya menjalin persahabatan dengan Elsie.

Selain itu, beberapa karakter yang diperkenalkan dalam kelompok pelayan yakni Mrs. Croft (Eileen Atkins), Probert (Derek Jacobi) dan Dorothy (Sophie Thompson).

Selingan cerita antara kelompok majikan dan kelompok pelayan dihadirkan secara bergantian, menghasilkan dua sisi yang berbeda namun berkaitan erat satu sama lain.

Hal tersebut memberikan sentuhan warna dinamika agar menghindari kejenuhan di satu sisi saja.  Jika anda sedikit lengah untuk fokus di setiap adegannya, maka sulit untuk memahami ceritanya itu sendiri, serta motivasi dari masing-masing karakternya.

film whodunnit gosford park
Entertainment Film Distributors
 
Arahan Robert Altman dalam menyuguhkan drama misteri tersebut, dihadirkan tanpa memberikan ruang yang luas kepada eksploitasi karakter, sentuhan emosi, serta berbagai tragedi atau kesuraman yang mendalam.

Sepertinya, semua itu dialirkan dengan cukup deras dan spontan, tanpa ada prolog atau introduksi mendetail dari masing-masing karakter.

Kekuatan visual dalam beberapa adegan tertentu, dirasa cukup signifikan akan adanya gradasi halus antara suasana riang, meriah, tenang atau damai dengan hasrat nafsu, suram, remang-remang, kesendirian, gelap atau bahkan cukup menyeramkan.

Namun bagi anda yang tidak biasa nonton film drama membosankan, berbagai adegan yang menegangkan pun mungkin bakal dianggap menimbulkan kantuk.

Beberapa selingan sedikit humor, cukup membangkitkan sedikit hiburan di film ini, seperti bagaimana cerobohnya seorang Anthony Meredith yang membuat Sir William jadi muak terhadapnya, sedangkan Morris Weissman yang hanya peduli soal filmnya.


Baca juga: Knives Out (2019) : Film 'Whodunit' Bertendensi Politik Identitas

Juga Lady Sylvia yang sepertinya ingin mencari petualangan baru, atau bahkan Sir William sendiri yang diam-diam berhasrat besar kepada Louisa. Namun karakter yang paling konyol adalah detektif Thompson, bagaimana ketika ia akan memperkenalkan diri dengan menyebut namanya, selalu dipotong oleh lawan bicaranya.

Dari semua aktor/aktris yang memerankan masing-masing karakter itulah, hanya dua orang yang membuat saya simpati terhadap mereka, yakni karakter Mary dan Elsie.

Dengan status sosial yang lebih rendah sebagai pelayan atau pembantu, dunia mereka memiliki latar belakang yang lebih sederhana dan mereka juga bersikap rendah hati serta setia dalam keteguhan.

Film Gosford Park saya simpulkan, selain terinspirasi dari gaya Agatha Christie, juga terpengaruh dari gaya penuturan film Hitchcock umumnya, meski tidak ada penjelasan yang absah dan logis akan pembunuhan Sir William.

Penyampaiannya memang diperlihatkan secara cerdas dan apik, cukup menghibur dan agak mengejutkan, namun kurang memuaskan saya dalam penyelesaian akhir akan drama pembunuhan sang industrialis tersebut.

Score : 3 / 4 stars

Gosford Park | 2001 | Drama, Thriller, Misteri, Period | Pemain: Eileen Atkins, Bob Balaban, Alan Bates, Chales Dance, Stephen Fry, Michael Gambon, Richard E. Grant, Derek Jacobi, Kelly MacDonald, Helen Mirren, Jeremy Northam, Clive Owen, Ryan Phillipe, Maggie Smith, Kristin Scott Thomas, Emily Watson | Sutradara: Robert Altman | Produser: Robert Altman, Bob Balaban, David Levy | Penulis: Julian Fellowes | Sinematografi: Andrew Dunn | Musik: Patrick Doyle | Distributor: Entertainment Film Distributors | Negara: Inggris | Durasi: 137 Menit

Comments