A Little Romance (1979) : Petualangan Romansa Belia

a little romance petualangan romansa belia
Warner Bros Pictures

Sinema drama review A Little Romance tentang petualangan romansa belia di Eropa.

A Little Romance adalah film petualangan sepasang remaja belia usia tiga belas tahun dalam romansa seru penuh kejutan.

Mengambil lokasi eksotis Eropa, dua figur utama 
A Little Romance diperankan Diane Lane dalam debut film layar lebar, serta aktor Perancis, yaitu Thelonious Bernard.

Film ini juga didukung aktor watak veteran asal Inggris, Laurence Olivier dan disturadarai George Roy Hill yang populer melalui Butch Cassidy and Sundance Kid (1969), The Sting (1973), serta Slap Shot (1977).

Film A Little Romance yang diadaptasi dari sebuah novel Perancis karya Patrick Cauvin berjudul E=mc2 Mon Amour mendapatkan penghargaan Oscar untuk kategori Best Original Score, selain nominasi untuk Best Adapted (Screenplay).

A Little Romance mengisahkan Daniel (Thelonious Bernard), putra seorang supir taksi yang aktif diluar rumah dan gemar menonton film Hollywood

Ia mengamati proses syuting film di dalam sebuah istana, dan tak sengaja bertemu dengan Lauren (Diane Lane).

Lauren seorang kutu buku, putri dari Kay (Sally Kellerman) seorang pebisnis film, serta punya ayah tiri bernama Richard (Arthur Hill), seorang eksekutif perusahaan yang memboyong mereka tinggal di Paris.

Daniel mengajak Lauren bertemu kembali dan beberapa kencan terjadi, sehingga mereka saling menyukai satu sama lain, hingga tiba dalam insiden kecil, mereka tak sengaja bertemu pria tua yaitu Julius (Laurence Olivier).

Dalam perjumpaan mereka selanjutnya, Julius menuturkan bahwa agar bisa mendapatkan cinta sejati, maka pasangan melakukan ciuman di perahu gondola dengan lokasi tepat di bawah jembatan Kota Venezia saat matahari terbenam.

Sementara itu, Richard kahwatir karena Lauren merasa hidup nya asing di Paris, lalu memutuskan bersama dengan Kay untuk kembali ke Amerika. 

Namun Lauren justru sedih harus berpisah dengan Daniel, maka ia bergegas dan nekat mengajak Daniel pergi menuju Kota Venezia.

review film a little romance
Warner Bros Pictures

Mereka mendesak Julius, melakukan berbagai cara agar bisa menuju kota air tersebut, sementara Richard dan Kay khawatir akan kepergian Lauren tanpa pamit, hingga polisi turun tangan.

Sekilas, tampak sajian adegan pembuka film A Little Romance yaitu cuplikan film klasik Hollywood dengan selingan dubbing bahasa Perancis yang hampir saja memperdaya saya.

Film ini tampak terasa standar secara keseluruhan, namun hal tersebut unggul dalam sejumlah elemen penting yang membuat A Little Romance memiliki atmosfir kuat.

Aksi komedi dan dialog humor yang pas, banyak adegan seru dan asyik, terkadang berupa kejutan, memberikan warna tersendiri dalam alur cerita film ini.

Karakter figur A Little Romance juga terasa pas dari performa kuat para aktor, selain scoring dramatis dalam beberapa adegan, serta sejumlah lokasi eksotis yang sangat mendukung, memiliki energi besar terhadap premis standar.

A Little Romance boleh dikatakan sebagai arahan tipikal ala George Roy Hill, sebagai tontonan hiburan ringan yang mungkin tak bakal mengecewakan.

Performa impresif Diane Lane belia sebagai Lauren, mampu diimbangi karakter figur Daniel yang diperankan sangat baik oleh Thelonious Bernard melalui sikap dan perilaku tersendiri.

Aktor legendaris Laurence Olivier, melalui performa ringan sebagai Julius, tetap membawakan aura drama emosional menjadi lebih hidup.

Sosok Julius terkesan sebagai figur ayah tua yang bijak, padahal ada upaya penebusan, meski aksen bicara sebagai orang Perancis terdengar agak dipaksakan.

Tak hanya romansa semata, A Little Romance juga menekankan problema hubungan keluarga Lauren yang kontradiktif.

Richard sebagai ayah tiri malah lebih paham dan dekat dengan krisis pra remaja seperti Lauren dibandingkan sang ibu kandung nya sendiri.

Kay juga memiliki pandangan negatif terhadap Daniel, sehingga dalam dialog bernada humor, saat mereka mengetahui bahwa Lauren kabur bersama Daniel menuju Kota Venezia, Kay berkata: “Oh no, not that filthy French boy!

ulasan sinopsis film a little romance
Warner Bros Pictures
 
Ucapan spontan Kay tersebut tepat di depan kedua detektif yang langsung memberikan respon melalui tatapan mata tidak senang, sehingga Kay langsung meminta maaf.

Figur paling menyebalkan tentu saja George (David Dukes) seorang mitra kerja Kay, pria muda konyol dan sering berkata kurang pantas.

Adegan menarik dalam film ini, saat Kay mengadakan pesta di rumah nya sekaligus merayakan ulang tahun Lauren, banyak tamu hadir termasuk George. 

Lauren mengundang seorang sahabatnya, termasuk Daniel yang juga membawa seorang teman. Mereka mengadakan pesta sendiri di dalam kamar Lauren.

Saat Daniel keluar kamar menuju ruang tamu, George berkata kepadanya: “Hey kid, did you score?”, sontak Daniel yang tersinggung memukul perut George hingga terjatuh.

Banyak adegan menarik, seperti saat Lauren, Daniel, serta Julius ketinggalan kereta, lalu menumpang dan bertemu dengan pasangan suami istri asal Amerika di Kota Verona, juga adegan saat mereka dikejar polisi, sehingga menyamar sebagai peserta balap sepeda.

Adegan yang mengharukan dan emosional itu tentu ada menuju akhir cerita, bagaimana kesedihan Lauren dalam petualangan romansa sepertinya harus berakhir dalam waktu singkat.

A Little Romance adalah petualangan romansa belia yang asyik untuk ditonton melalui petualangan Lauren dan Daniel, meski eksekusi film ini tidak memberikan drama solid namun layak ditonton.

Demikian sinema drama review A Little Romance tentang petualangan romansa belia di Eropa.

Score : 3 / 4 stars

A Little Romance | 1979 | Drama, Romantis | Pemain: Diane Lane, Thelonious Bernard, Laurence Olivier, Arthur Hill, Sally Kellerman | Sutradara: George Roy Hill | Produser: Robert L. Crawford, ves Rousset-Rouard | Penulis: Berdasarkan novel E=mc2 Mon Amour karya Patrick Cauvin. Naskah: Allan Burns, George Roy Hill | Musik: Georgers Delerue | Sinematografi: Pierre-Wlliam Glenn | Distributor: Warner Bros Pictures | Negara: Amerika Serikat, Perancis | Durasi: 108 Menit

Comments