A Little Romance (1979) : Petualangan Romansa Belia

Dunia Sinema Review A Little Romance
Warner Bros Pictures

Apa jadinya jika seorang beranjak remaja berusia 13 tahun mengalami jatuh hati untuk pertama kalinya?

A Little Romance mengangkat kisah petualangan romansa remaja belia dengan latar belakang eksotis Eropa, yang dibintangi oleh Diane Lane dalam debut layar lebarnya yang didukung oleh aktor Perancis, Thelonious Bernard, serta aktor watak veteran asal Inggris, Laurence Olivier.

Film yang disutradarai oleh George Roy Hill yang dikenal melalui beberapa film berkualitas semacam Butch Cassidy and Sundance Kid (1969), The Sting (1973) atau Slap Shot (1977), diadaptasi dari sebuah novel Perancis karya Patrick Cauvin berjudul E=mc2 Mon Amour.

A Little Romance ternyata berkualitas Oscar dengan memenangkan kategori Best Original Score, serta dinominasikan untuk Best Adapted (Screenplay), juga beberapa penghargaan bergengsi lainnya.

Adalah Daniel (Thelonious Bernard), putra seorang supir taksi yang aktif diluar rumah, serta menggemari film Hollywood. Saat mengamati proses syuting film di dalam istana, ia bertemu dengan Lauren (Diane Lane).

Lauren seorang kutu buku, putri dari Kay (Sally Kellerman) seorang ibu pebisnis film, serta ayah tirinya yakni Richard (Arthur Hill), seorang eksekutif perusahaan yang memboyong keluarganya tinggal di Paris.

Daniel mengajak Lauren bertemu untuk kemudian berkencan setelah mereka saling menyukai. Dalam sebuah insiden kecil, mereka bertemu dengan pria tua bernama Julius (Laurence Olivier).

Dalam perjumpaan mereka selanjutnya, Julius menceritakan kepada mereka akan kisah romantis tentang pasangan yang berciuman di atas gondola dan di bawah jembatan kota Venezia pada waktu matahari terbenam, maka mereka menemukan cinta sejati selamanya.

Kekhawatiran Richard atas Lauren yang sepertinya terasingkan dengan kehidupan di Paris, memutuskan bersama dengan Kay untuk kembali ke Amerika. Lauren yang merasa sedih harus berpisah dengan Daniel pun bertekad mengajaknya untuk pergi menuju Venezia atas dasar kisah Julius.


Dunia Sinema A Little Romance Lauren dan Daniel
Warner Bros Pictures

Dengan bantuan Julius, mereka menyiasati berbagai cara agar bisa menuju kota air tersebut, sementara Richard dan Kay khawatir akan kepergian Lauren tanpa pamit, hingga polisi pun turun tangan.

Jika disimak sejak beberapa menit awal, tampak tersajikan cuplikan film klasik Hollywood dengan selingan dubbing bahasa Perancis, yang hampir saja memperdaya saya, hingga adegan beralih kepada karakter Daniel yang sedang menontonnya.

Sekilas film ini tampak terasa standar untuk penyajian cerita secara keseluruhan, namun hal tersebut mampu menonjolkan beberapa elemen penting yang menghidupkan narasinya itu sendiri.

Aksi komedi dan dialog humor yang pas, adegan aksi yang mengasyikan dan terkadang mengejutkan, karakterisasi yang impresif, scoring yang membuat saya terlena dalam beberapa adegan, serta yang paling indah tentu saja setting lokasinya, memberikan energi besar terhadap premis standar.

Gaya penyutradaraan yang diarahkan dengan mengutamakan unsur ‘fun’ ala Hill di film ini, tampak mirip dengan ketiga film yang telah saya sebutkan diatas. Meski tidak sebaik tiga film tadi, A Little Romance menjadikan sebuah tontonan yang cukup memuaskan serta menghibur.

Performa impresif Diane Lane belia sebagai Lauren, mampu diimbangi oleh karakter Daniel yang dimainkan gemilang oleh Bernard mencuri perhatian dengan sikap dan perilakunya yang memegang prinsip kuat itu.

Aktor legendaris Laurence Olivier, meski penampilannya tidak sebaik di beberapa film tertentu, namun karakternya sebagai Julius tetap mampu membawa suasana drama menjadi lebih hidup.

Karakternya bagaikan seorang mentor yang awalnya terlihat bijak, namun dalam petualangannya bersama dengan Lauren dan Daniel, ia bagaikan seseorang yang ingin menebus dirinya dari masa lalu. Aksennya sebagai orang Perancis terasa aneh terdengar, seperti dipaksakan.

Film ini pun menceritakan tentang kondisi hubungan keluarga Lauren, bagaimana seorang ayah tirinya sibuk dengan pekerjaannya malah lebih pengertian dibandingkan ibu kandungnya sendiri, yang terlihat menyebalkan dengan kesalahpahaman dan pandangan negatifnya terhadap Daniel.


Dunia Sinema A Little Romance Julisu, Daniel dan Lauren
Warner Bros Pictures

Bahkan di salah satu adegan dengan dialog humor, saat orangtua Lauren diinformasikan oleh detektif polisi bahwa putrinya menuju Italia bersama dengan Daniel, sontak Kay dengan nada kecewa dan marah berkata “Oh no, not that filthy French boy!

Maka detektif polisi itu pun melototi Kay dengan ekspresi gusar, hingga Kay langsung meminta maaf atas kata-katanya tadi.

Karakter yang paling menyebalkan tentu saja George (David Dukes) yang merupakan mitra kerja Kay, pria muda yang bersikap seperti kekanak-kanakan dan sering berkata kurang pantas.

Adegan menariknya yakni saat Kay mengadakan pesta di rumahnya sekaligus merayakan ulang tahun Lauren, tampak banyak tamu hadir termasuk George. Lauren mengundang seorang sahabatnya dan Daniel yang juga membawa temannya yang kemudian berpesta di dalam kamarnya.

Saat Daniel keluar kamar menuju ruang tamu, George berkata kepadanya “Hey kid, did you score?”, sontak Daniel yang tersinggung memukul perut George hingga terjatuh.

Masih banyak beberapa adegan lain yang menarik, saat Lauren, Daniel serta Julius ketinggalan kereta, menumpang dan bertemu dengan pasangan suami-istri asal Amerika di kota Verona, dikejar-kejar polisi dan berpura-pura ikut balapan sepeda.

Bahkan mereka sempat beristirahat dalam Gereja di Venezia, hingga akhirnya berusaha menuntaskan misi berada di sebuah gondola. Adegan yang mengharukan dan emosional itu pun terjadi di akhir cerita, bagaimana kesedihan mewarnai sebuah hubungan romantis yang singkat namun sangat berarti bagi Lauren.

Film A Little Romance adalah petualangan romansa belia yang asyik untuk diikuti dalam petualangan mereka, meski terkesan kurang dalam akan dramatisasi yang kuat, namun mampu memberikan makna akan nilai hubungan spesial dan persahabatan yang akan selalu dikenang.

Score : 3 / 4 stars

A Little Romance | 1979 | Drama, Romantis | Pemain: Diane Lane, Thelonious Bernard, Laurence Olivier, Arthur Hill, Sally Kellerman | Sutradara: George Roy Hill | Produser: Robert L. Crawford, ves Rousset-Rouard | Penulis: Berdasarkan novel E=mc2 Mon Amour karya Patrick Cauvin. Naskah: Allan Burns, George Roy Hill | Musik: Georgers Delerue | Sinematografi: Pierre-Wlliam Glenn | Distributor: Warner Bros Pictures | Negara: Amerika Serikat, Perancis | Durasi: 108 Menit

Comments