What Women Want (2000) : Kepekaan terhadap Wanita

Courtesy of Paramount Pictures, 2000

Bagaimana jika seorang pria tiba-tiba mendapat sebuah berkah dengan kemampuan untuk membaca pikiran dari semua wanita yang ia temui? Tentu saja ia bisa dicap sebagai pria sejati oleh para wanita di dunia. Hal itu terjadi dalam sebuah kisah komedi romantis di film What Women Want yang disutradarai oleh Nancy Meyers yang dikenal lewat film sejenis seperti The Parent Trap (1998), It’s Complicated (2009) atau The Intern (2015).

Film yang diproduksi di tahun 2000 ini dibintangi oleh Mel Gibson yang merupakan salah satu dari keempat film yang dibintanginya dalam tahun yang sama, selain Chicken Run, The Patriot dan The Million Dollar Hotel. Sedangkan lawan mainnya yakni Helen Hunt yang saai itu sedang berada di puncak karirnya, setelah ia populer lewat sitcom berjudul Mad About You (1992-1999), serta mendapat penghargaan Oscar sebagai Aktris Terbaik dalam film As Good as it Gets (1997).

Film in mengisahkan Nick (Mel Gibson), seorang eksekutif di sebuah perusahaan agen periklanan, yang superior dengan menjual produk untuk pria dan meremahkan wanita, sehingga ia pandai merayu para wanita. Alih-alih berharap ia dipromosikan oleh atasannya bernama Dan (Alan Alda), malah ia kedatangan seorang pesaing bernama Darcy (Helen Hunt), seorang eksekutif yang berhasil menjual produk untuk wanita, berdasarkan trend dan segmen pasar saat ini.

Nick awalnya meremehkan Darcy dan berusaha ingin menyingkirkannya, namun di suatu malam ia mengalami kecelakaan ringan yang menyebabkan dirinya bisa membaca pikiran setiap wanita yang ia temui, temrasuk Darcy. Menyadari akan kekuatan anehnya, Nick mulai memanfaatkannya untuk menyingkirkan Darcy.

impawards.com

Film What Women Want adalah sebuah fantasi yang mengangkat sesuatu tentang “what if”, seperti bagaimana jika seorang bocah memiliki fisik dewasa dalam film Big (1988) atau bagaimana jika seorang pria menjadi tuhan dalam film Bruce Almighty (2006), yang tentu saja diwujudkan ke dalam bentuk drama komedi dalam dunia modern.

Begitu pula kisah What Women Want yang mengangkat karakter Nick dalam hal bagaimana caranya menyingkirkan Darcy sebagai pesaingnya yang kebetulan seorang wanita, yang dianggap oleh Nick tidak pantas untuk ‘menguasai’ atau ‘mendominasi’ bahkan menjadi ‘ancaman’ dunianya. Harapan Nick ternyata terkabulkan secara mistis, saat ia mampu membaca apa yang dipikirkan oleh semua wanita di sekitarnya.

Courtesy of Paramount Pictures, 2000

Maka, Nick seakan bisa memprediksi dengan tepat apa yang wanita inginkan dan tujuannya kemana atau apa tindakan selanjutnya, mulai dari Darcy, anak remajanya bernama Alex (Ashley Johnson), Lola (Marisa Tomei) seorang barista yang telah alam ia incar untuk diajak kencan, hingga Erin (Judy Greer) seorang stafnya yang nerd dan frustasi, serta beberapa staf wanita lainnya.

Dari berbagai kejadian yang dialaminya, Nick baru menyadari bahwa selama ini ia melakukan kesalahan, hingga sebenarnya merekapun tidak menyukai Nick. Lalu, seperti halnya dongeng komedi klasik lainnya, terjadilah sebuah penebusan yang berakhir dengan happy ending tentunya … lha iyalah namanya juga film komedi romantis ala Hollywood.

Courtesy of Paramount Pictures, 2000

Penyajian film ini secara keseluruhan menarik, baik jalan cerita yang dibangun dari awal hingga akhir, meski ada sedikit penyelesaian dalam dialog-dialog akhir yang tanggung sehingga terkesan sedikit dipaksakan. Seharusnya adegan tersebut diletakkan pada tiga perempat cerita, agar lebih leluasa memainkan intrik drama yang dilalui para karakternya.

Elemen komedi segar, baik slapstick yang dilakukan Gibson, maupun berbagai dialog yang tersaji juga mengesankan, dengan beberapa kejutan yang mampu mengundang tawa, terutama saat karakter Nick bereksperimen dengan atribut yang diapakai wanita sambil diiringi lagu Bitch yang dinyanyikan Meredith Brooks. Beberapa adegan kocak lainnya yakni dialog Nick dan seorang wanita penjaga pintu apartemen, atau saat Nick nekat ikutan kelas aerobik dan aktivitas manicure-pedicure yang dihayati Nick sambil mendengarkan pikiran-pikiran wanita di sekitarnya. 

Akting Mel Gibson mampu memerankan karakternya dengan gaya komedi yang proper dan rupanya memang sudah terbiasa dengan karakter yang sedikit mirip seperti di franchise film Lethal Weapon, Air America (1990), Bird on a Wire (1990) atau Maverick (1994). Sedangkan Helen Hunt sudah tak asing lagi dalam kepiawaiannya memerankan komedi romantis sejak film-film yang sebut sebelumnya. Adapun aktris Marisa Tomei juga yang telah berpengalaman dalam memerankan bebragai film sejenis, cukup menarik perhatian terutama saat adegan percintaannya dengan karakter Nick.

Film What Women Want adalah sebuah komedi romantis fantasi yang cukup ringan dan layak untuk ditonton, dengan penyampaian pesan yang sangat bermakna terutama untuk kaum pria yang merasa chauvinist, serta bagaimana pria harus belajar peka untuk memahami apa yang wanita inginkan.

Hmmm … untung saja karakter Nick bisa membaca pikiran para wanita, bagaimana jika ia tiba-tiba berjiwa wanita sesungguhnya?

Score : 3 / 4 stars

What Women Want | 2000 | Drama, Komedi, Romantis, FantasiPemain: Mel Gibson, Helen Hunt, Marisa Tomei, Lauren Holly, Mark Feuerstein, Alan Alda | Sutradara: Nancy Meyers  | Produser: Susan Cartsonis, Bruce Davey, Gina Matthews, Nancy Meyers, Matt Williams | Penulis: Josh Goldsmith, Cathy Yuspa, Diane Drake  Musik: Alan Silvestri | Sinematografi: Dean Cundey | Distributor: Paramount Pictures Negara: Amerika Serikat | Durasi: 127 Menit

Comments