Top 10 Film Kereta Api : Adventure / Action


Banyak sekali film yang melibatkan objek kereta api (kereta uap, diesel maupun kereta listrik), namun tidak semua film yang melibatkan kereta api eksis di sepanjang cerita. Adapun kriteria penilaiannya yakni sekuen dan adegan di dalam atau disekitar kereta api yang dominan sepanjang cerita (minimal tiga perempat cerita), premis dan jalan cerita yang menarik, atmosfir kuat akan berbagai aksi (bukan action semata) dan dialog di dalam kereta, karakterisasi yang cukup signifikan, latar pemandangan atau lingkungan sekitar yang menarik serta menegaskan suasana di dalam kereta (termasuk sinematografi yang handal).

Dari proses seleksi yang ada, maka sebanyak 20 film yang terpilih, yang terbagi menjadi dua artikel bersambung. Masing-masing 10 film terbagi dalam dua genre yang signifikan berbeda. Adapun 3 film penting yang tidak masuk dalam kriteria adalah Dark of the Sun (1968), Boxcar Bertha (1972) dan The Great Train Robbery (1979) sedangkan beberapa film yang berupa honorable mentions yakni Under Siege 2 : Dark Territory (1995), Snowpiercer (2013), Train to Busan (2016) dan The Commuter (2018). Oke, langsung menuju urutan ke-20 hingga ke-11 berdasarkan genre action/adventure :


10. Avalanche Express (1979)
Courtesy of 20th Century Fox, 1979

Seorang Jenderal Rusia membelot ke negara Barat yang dibantu sekaligus diatur oleh seorang agen CIA, agar Jenderal tersebut meniggalkan Rusia, dengan cara menggunakan sebuah kereta yang melintasi Eropa, agar mereka mengenali para agen Rusia yang sedang mengejar Jenderal tersebut. Namun mereka tak hanya dihadapkan oleh para agen Rusia, namun ancaman longsor salju terhadap kereta yang mereka tumpangi lebih berbahaya dari itu semua. Film tipikal action thriller yang pelik dengan intrik spionase era Perang Dingin tersebut, cukup impresif dalam menghibur sebuah tontonan yang penuh intensitas konfrontasi di dalam gerbong kereta, hingga sebuah longsor salju yang mematikan. Dibintangi oleh bintang laga Lee Marvin dan aktor berkarakter Robert Shaw sebagai penampilan terakhirnya, sebelum ia meninggal.


9. Unstoppable (2010)
Courtesy of 20th Century Fox, 2010

Diadaptasi dari peristiwa nyata CSX 8888 incident, tentang sebuah kereta barang yang mengangkut senyawa kimia berbahaya, lepas kendali oleh kecerobohan seorang masinis, sehingga kereta tersebut melaju sendirian dan semakin kencang. Berbagai tindakan pencegahan dilakukan, guna menghindari sebuah bencana besar. Sebenarnya saya kurang menyukai gaya penyutradaraan Tony Scott di era 2000’an dengan permainan sorotan kamera dinamisnya yang terkadang lebay itu, namun masih tertolong dengan tema tentang kereta api, maka penyajian film ini diperagakan dengan atraktif, sehingga terasa suatu thrilling yang riil. Film ini dibintangi oleh Chris Pine dan Denzel Washington.


8. The Polar Express (2004)
Courtesy of Warner Bros Pictures, 2004

Satu-satunya film animasi modern yang sangat mengesankan, tertuang dalam suasana Natal tentang seorang anak laki-laki yang dijemput oleh kereta api untuk menemui Sinterklas menuju North Pole. Film yang dibintangi oleh Tom Hanks dan disutradarai oleh Robert Zemeckis ini menyuguhkan berbagai estetika animasi modern baik dari visual, tekstur, warna, serta detail yang dikemas dalam berbagai aksi spektakuler seperti ketika berada di atas gerbong kereta, kencangnya laju kereta yang meluncur di rel seperti roller coaster dan diatas permukaan danau yang membeku, atau saat gerbong terlepas menyusuri kota North Pole. Selain premis cerita, scoring akan main theme dari Alan Silvestri di film ini pun sangat menyentuh.


7. The Cassandra Crossing (1976)
Courtesy of AVCO Embassy Pictures, 1976

Seorang kriminal yang terinfeksi wabah mematikan, menyelinap ke dalam kereta penumpang dari Geneva menuju Stockholm. Alih-alih menghentikan penyebaran bakteri lebih luas dan meyakini seluruh penumpang beresiko terkena wabah, seorang Kolonel intelijen militer memerintahkan agar kereta diambil alih oleh militer dan dibawa menuju jembatan maut yang disebut The Cassandra Crossing. Seorang dokter di dalam kereta beserta beberapa orang lainnnya, berusaha keras mengantisipasi hal tersebut dan berusaha mengambil alih kereta. Film ini bukanlah sebuah film disaster kereta api biasa, namun berbagai karakternyalah yang bisa memperkuat kualitas film ini secara keseluruhan, baik dari akting, dialog serta aksi dari kompleksitas jalan cerita yang mengutamakan berbagai intrik dan emosi. Diperankan oleh banyak bintang terkenal, film gabungan Inggris-Italia ini menghadirkan sebuah ending yang mengejutkan.


6. Breakheart Pass (1975)
Courtesy of United Artists, 1975

Film yang diadaptasi dari novel karya penulis terkenal Alistair MacLean tersebut mengisahkan tentang seorang agen rahasia yang menyelidiki sebuah peristiwa besar di dalam kereta api, terkait berbagai peristiwa pembunuhan dan sabotase yang terjadi. Dibintangi oleh Charles Bronson, cerita dalam film ini terjadi di jaman Perang Sudara di Amerika pada era Western. Hampir di sepanjang cerita film, setting-nya berada di dalam kereta api, dengan menyajikan berbagai latar dan landskap yang mengesankan serta adegan action yang spektakuler, tanpa mengecilkan unsur suspens yang didukung oleh beberapa karakter kuat lainnya yang diperankan Ben Johnson, Jill Ireland serta Richard Crenna. 


5. Silver Streak (1976)
Courtesy of 20th Century Fox, 1976

Silver Streak adalah sebuah film action comedy, tentang seorang pria yang berprofesi sebagai editor buku, secara tak sengaja terlibat dalam kasus kejahatan besar di dalam kereta api Amtrak. Dibintangi oleh aktor spesialis komedi Gene Wilder dan Richard Prior, film ini mengundang tawa di sepanjang cerita film dengan menyuguhkan berbagai tindakan bergaya slapstick, humor dialog, romantisme serta adegan aksi yang tak akan pernah disangka sebelumnya. Pada puncak aksi di akhir cerita, adalah sesuatu yang epik dan menghebohkan, meski diperlihatkan dengan keterbatasan teknologi efek spesial di era tersebut.


4. The Emperor of the North (1973)
Courtesy of 20th Century Fox, 1973

Dengan cerita ber-setting pada era depresi di tahun 30’an, ketika penduduk Amerika banyak yang miskin, dikisahkan dua orang pengembara yang disebut sebagai ‘hobo’ menantang seorang masinis arogan yang terkenal dengan kereta No. 19-nya. Masinis tersebut dikenal beringas dan tanpa ampun terhadap mereka yang mencoba menyelinap dalam kereta kargo-nya. Film yang dibintangi dengan brilian oleh Lee Marvin, Ernest Borgnine dan Keith Carradine tersebut lebih banyak berfokus pada pembuktian diri siapa yang lebih unggul. Adanya pengalaman, keberanian dan kenekatan dalam diri seseorang juga mendominasi berbagai aksi, serta konsekuensi yang harus ditanggung sendiri demi harga diri. Sebuah adegan perkelahian yang begitu memorable menjelang akhir cerita, sangatlah epik dan menegangkan.


3. Von Ryan’s Express (1965)
Courtesy of 20th Century Fox, 1965

Betapa seru dan menegangkannya ketika sekelompok tentara sekutu yang menjadi tawanan perang Nazi, harus melarikan diri dengan membajak kereta api kargo, mulai dari wilayah Italia menuju Swiss. Dibintangi oleh Frank Sinatra, film ini menggambarkan bagaimana sulitnya perjuangan mereka ketika dikejar-kejar oleh tentara Nazi yang berusaha keras menghentikan mereka. Tak hanya itu saja, Von Ryan’s Express juga memperlihatkan berbagai konflik serta pengkhianatan yang terjadi di Italia, ketika tampaknya terjadi dualisme ideologi militer antara penganut Fasisme (yang setia dengan Nazi) dan Liberal yang memihak Sekutu. Saya begitu larut dalam mengikuti jalan cerita saat sekelompok tawanan tersebut berada di dalam kereta dan dikejar-kejar oleh Nazi, terutama saat aksi heroik di akhir cerita yang begitu berkesan.


2. The Train (1964)
Courtesy of United Artists, 1964

Film yang disutradarai oleh John Frankenheimer tersebut berkisah tentang pengawas stasiun kereta di Perancis, Paul Labiche (Burt Lancaster) dan kelompoknya yang harus menyelamatkan kereta api kargo berisi berbagai lukisan kelas dunia yang akan dijarah oleh tentara Nazi menuju Berlin. Meskipun film ini hadir dengan format hitam-putih, namun penyajian berbagai adegan, sekuen, aksi laga begitu epik, dengan mengambil berbagai sudut kamera yang fantastis serta sinematografi yang indah dan megah dengan keindahan komposisi antara kereta api, rel serta pemandangan atau landskap sekitarnya. Berbagai detail juga diperlihatkan, seperti bagaimana cara kerja masinis dalam mengoperasikan dan mengatur jalur rel, atau insinyur dan teknisi dalam memperbaiki lokomotif, memperbaiki rel yang rusak, dan lain sebagainya. Cerita yang penuh dengan taktik serta diselingi oleh beberapa adegan humor, akan berbagai upaya gerilyawan Perancis menghentikan tentara Nazi untuk membawa lukisan tersebut menuju Jerman.


1. The Great Locomotive Chase (1956)
Courtesy of Buena Vista Distribution, 1956

Film klasik garapan Disney ini diangkat dari peristiwa nyata, dengan latar Perang Saudara tahun 1862 di Amerika. Kegiatan spionase yang dilakukan oleh Yankees (pasukan Union atau Northern) untuk menyabotase kereta api di wilayah selatan, dilakukan untuk menghancurkan jembatan dan mematikan komunikasi telegraf yang dikuasai pihak Konfederasi atau Southern. Berbagai adegan aksi laga spektakuler disajikan dengan begitu epik, karena pihak Konfederasi juga begitu gigih mengejarnya dengan menggunakan kereta lainnya, setelah pihak Union melancarkan sabotase menggunakan sebuah kereta yang telah mereka bajak. Permainan manipulatif yang dilakukan pihak Union, mengakibatkan intensitas tinggi akan kejar-kejaran dari satu stasiun kereta menuju stasiun lainnya, semuanya berpacu dengan waktu dan sangat melelahkan di kedua belah pihak.



Baca juga : The Taking of Pelham One Two Three (1974) : Tidak Sekadar Bajak Kereta | Head to Head : Murder on the Orient Express 1974 vs 2017 

Comments