Spionase, Kriminal, Aksi Petualangan: Film Adaptasi Alistair MacLean (2)

sejumlah film adaptasi alistair maclean
Profile image taken from www.petervis.com

Periode Kelam Sejumlah Adaptasi MacLean yang Gagal Bersinar

Era 70’an tampaknya sulit mengulang kesuksesan film adapatasi MacLean, meski sangat disayangkan adanya potensi emas terhadap sejumlah mahakarya-nya, terutama di tiga film yang ia tulis sendiri naskahnya. 

Dua film produksi Inggris yang dirilis tahun 1971, yakni Puppet on a Chain dan When Eight Bells Toll tidak mampu berbicara banyak dalam meraih kesuksesan dan popularitas.

Film Puppet on a Chain mengeksploitasi sindikat pengedaran serta penyelundupan narkoba, dengan mengambil lokasi cerita di kota Amsterdam. Elemen suspens yang diperkuat oleh atmosfir kental thriller yang cenderung bernuansa misterius, dieksekusi dengan baik.


Baca juga: Top 10 Film James Bond Terfavorit 

Puncaknya yakni aksi pengejaran di sepanjang kanal Amsterdam dengan menggunakan perahu motor begitu impresif, sehingga menginspirasikan film James Bond yakni Live and Let Die (1973).

alistair maclean when eight bells toll
J. Arthur Rank
Ketenaran dan akting prima Anthony Hopkins tidak menolong kesuksesan film When Eight Bells Toll. Berlokasi di Skotlandia, film tersebut mengisahkan penyelidikan seorang agen rahasia dalam membongkar pembajakan kapal yang mengangkut sejumlah emas batangan, namun menemui berbagai rintangan di sebuah pelabuhan kota kecil.

Digadang-gadang menyaingi James Bond, kegagalan When Eight Bells Toll yang lebih menekankan elemen thriller suspens dirasa kurang memberikan sensasi menggetarkan, meski alurnya tetap menarik untuk disimak dan tetap penuh kejutan tak terduga.

Ada satu film yang sepertinya terlewatkan oleh banyak pihak, yakni Fear is the Key (1972) yang berkisah tentang kriminalitas penuh dengan tipu daya sejak awal hingga akhir cerita. Fear is the Key boleh dikatakan sebagai salah satu yang terbaik dari sisi narasi serta karakterisasi.

Selanjutnya, film Caravan to Vaccarès (1974) yang memiliki pola cerita serupa dari film sebelumhya tentang petualangan dan suspens, namun terasa lebih dangkal terutama dalam eksekusi akhir menuju konklusi.

Setting di jaman western adalah hal baru dalam mengadaptasi karya MacLean sekaligus sebagai penulis naskah untuk film Breakheart Pass (1975) dengan bintang aksi laga Charles Bronson.

Film tersebut saya favoritkan sebagai salah satu genre western yang lengkap dalam aspek thriller, suspens serta aksi laga fantastis terhadap investigasi pembunuhan di dalam kereta api.

alistair maclean breakheart pass
United Artists
Meski secara performa kurang mendukung, namun arahan sineas dan sinematografer sungguh memuaskan dalam mengikuti kisah dari awal hingga akhir, yang sayangnya film Breakheart Pass tidak sukses di pasaran.

Mungkin salah satu adaptasi terburuk MacLean adalah film Golden Rendezvous (1977) yang memang terlupakan, mengisahkan tentang pembajakan di kapal pesiar yang diperankan oleh jajaran bintang terkenal.

Sekuel dari The Guns of Navarone, yakni Force 10 from Navarone (1978) dirilis berdasarkan adaptasi lepas dari novel berjudul sama. Meski saya nilai cukup baik dan ada faktor Harrison Ford, namun film tersebut tidak mampu bersanding dengan film sebelumnya, terbukti dengan kegagalan box office dan kritik medioker.

Film adaptasi lepas lainnya yang mengalami kegagalan yakni Bear Island (1979), berkisah tentang pembunuhan dan usaha sabotase pada stasiun penelitian cuaca di Bear Island, wilayah Perairan Arktik, Kutub Utara. Meski premis dan alurnya menarik dalam suasana isolasi, film tersebut tidaklah populer.

Eksistensi UNACO dalam Film Berdasarkan Kreasi MacLean

Jika James Bond memiliki musuh berupa organisasi SPECTRE (Special Executive for Counter-Inteligence, Terrorism, Rvenge and Extortion), maka MacLean mengkreasi UNACO (United Nations Anti-Crime Organization) sebagai salah satu peninggalan atas sejumlah tulisan yang ia buat khusus untuk naskah film.

Melalui format televisi, film The Hostage Tower (1980) mengenalkan bagaimana agen UNACO beraksi dalam menghentikan aksi sandera di Menara Eiffel. Cukup menghibur dan menghadirkan intrik nyata, meski secara keseluruhan medioker.

MacNeal meninggal dunia di tahun 1987, lalu warisan berupa naskah dasar tentang UNACO dikembangkan ke dalam bentuk novel terpisah, masing-masing oleh John Dennis termasuk film The Hostage Tower dan miniseri Air Force One is Down (2013), serta novel berseri yang ditulis Alastair MacNeill.


alistair maclean death train
USA Network
Khusus nama terakhir, entah kebetulan atau disengaja, tampaknya seringkali mengecohkan bagi yang kurang paham. Hal tersebut pernah saya alami ketika pernah menyaksikan film televisi berjudul Death Train (1993) dengan didahului oleh sub-judul Alistair MacLeans’s.

Film aksi laga membosankan tentang agen UNACO yang dibintangi Pierce Brosnan sesaat sebelum menjadi James Bond tersebut, diadaptasi dari novel karya MacNeill berdasarkan naskah karya MacLean.

Begitu pula hal itu diulangi dalam sekuelnya berjudul Night Watch (1995). Adapun dua film adaptasi MacLean lainnya yakni River of Death (1989) terkesan menjadi film berkualitas kelas B, serta film televisi berjudul The Way to Dusty Death (1995) pun rasanya tidak berkesan. 

Kesimpulan

Saya sendiri menyukai jenis film yang mengangkat tema tentang spionase dan intelijen dalam investigasi terhadap aksi kriminal seperti konspirasi, sabotase maupun pembunuhan, disajikan melalui genre suspens dan thriller yang ditambah dengan laga dan petualangan.

Maka narasi yang diciptakan oleh Alistair MacLean, baik dalam sejumlah karya novel maupun naskahnya, seharusnya sangat menarik dan menimbulkan rasa penasaran, terlebih jika mengambil setting waktu pada Perang Dunia II. 

Sayangnya hanya beberapa film adaptasinya yang sukses dan cukup populer, selebihnya tenggelam diantara film dengan tema dan genre sejenis yang lebih populer.


alistair maclean fear is the key
Anglo-EMI, Universal Pictures
Saya rasa banyak faktor baik teknis maupun non-teknis yang menyebabkan ‘kegagalan’ atau ‘terlupakannya’ sejumlah film adaptasi karya MacLean, karena memang tidak mudah mengadaptasi berbagai elemen mengejutkan yang mengandung pelintiran dalam sebuah kisah menarik.

Bagaimanapun juga, film adaptasi karya MacLean bukanlah tipe film sembarangan, karena mengajak audiens menjadi penasaran dan ikut berpikir bagaimana kisah selanjutnya dalam sebuah alur yang menarik.


Dapat disimpulkan, menyakskan sejumlah film adaptasi Alistair MacLean dalam genre action thriller, perang hingga western, sungguh berupa petualangan terhadap investigasi kriminal ala Alfred Hitchcock dan sedikit Hercule Poirot terkadang dengan bumbu noir dan  giallo, yang dikombinasikan dengan laga ala James Bond.

Comments

Popular Posts