Top 10 Film Kereta Api : Thriller/Horror/Komedi



Pemilihan 10 film berdasarkan genre thriller, horor dan komedi ini, berbasis kepada film drama tanpa keterlibatan banyaknya adegan action. Dalam daftar ini, terdapat dua film horor yang memang lebih kental dengan thriller suspense dan slasher. Tentu saja selain itu, ada pula satu film dengan genre drama komedi. Langsung saja urutannya sebagai berikut :


10. Transsiberian (2008)
Courtesy of Icon Film Distribution, 2008

Film produksi gabungan beberapa negara ini mengisahkan tentang sepasang suami istri asal Amerika, sengaja menaiki kereta dari Moskow menuju Beijing. Alih-alih bertualang merasakan indahnya dalam perjalanan kereta api, mereka bertemu dengan sepasang kekasih yang semakin lama semakin mencurigakan, apalagi setelah muncul seorang detektif polisi Rusia yang menginterogasinya. Disajikan melalui berbagai hamparan landskap yang tertutup salju yang dingin menggigilkan khas daratan utara Rusia, kisah thriller ini mengangkat sebuah kesalahpahaman dan pengkhianatan yang berakibat pada sebuah permainan berbahaya.


9.  Narrow Margin (1990)
Courtesy of TriStar Pictures, 1990

Sebenarnya tidak ada yang istimewa dalam film ini, hanya permainan ‘petak-umpet’ yang dilakukan seorang Jaksa yang diperankan Gene Hackman untuk melindungi seorang saksi pembunuhan, dari kejaran para penjahat yang ingin menghapus jejak pembunuhannya. Namun yang bikin seru adalah ketika mereka berada dalam kereta Amtrak di wilayah Kanada, maka perburuan pun dimulai. Berbagai adegan aksi pun tersaji dengan intens, terutama saat berjibaku dengan penjahat di atas gerbong kereta yang melaju kencang, dengan landskap indah khas Kanada.


8.  Horror Express (1972)
Courtesy of SGL Entertainment, 1972

Dari judulnya sudah jelas, ada horor di dalam kereta api malam. Film produksi gabungan Inggris dan Spanyol inipun, memadukan dua bintang horor pada masanya yakni Christoper Lee dan Peter Cushing, dalam menghadapi mahluk humanoid mengerikan yang terlepas dari tidur panjangnya dan meneror para penumpang dengan menjadikan mereka seperti zombie. Penampilan bintang tamu Telly Savalas yang nyentrik dan anti-hero itu cukup memorable dan menarik.


7.  The Darjeeling Limited (2007)
Courtesy of Fox Serachlight Pictures, 2007

Ketika kita terbiasa disuguhkan kereta api di Amerika atau Eropa yang elegan itu, maka lain halnya dengan India. Film drama yang disutradarai oleh Wes Anderson yang diperankan trio Owen Wilson, Adrien Brody dan Jason Schwartzman ini menarik untuk disimak, tentang tiga bersaudara dalam perjalanannya di India untuk bertemu dengan sang ibu setelah bertahun-tahun lamanya. Banyak sekuen dan adegan unik akan berbagai aktivitas mereka di dalam kereta api, meski tampaknya membosankan ditambah dengan gersangnya cuaca panas serta semerawutnya suasana di stasiun kereta khas India.


6.  Terror Train (1981)
Courtesy of 20th Century Fox, 1981

Klisenya film horor slasher ini, diobati dengan jalinan kisah yang menarik dan misterius, serta atmosfir kegelapan kereta malam yang mencekam, oh ya tak lupa juga kehadiran bintagn tamu sang maestro ilusi legendaris, David Copperfield. Film ini bukan hanya horor slasher semata, namun berbagai adegan yang ditampilkan baik pada interior maupun eksterior kereta api, menggambarkan visualisasi yang tepat seusai temanya. Film Kanada yang disutradarai oleh Roger Spottiswoode ini, memang disesuaikan dengan iklim Kanada yang cenderung chilling, apalagi di musim gugur pada malam hari ditambah atmosfir horor yang mengerikan sekaligus mencekam. Film Terror Train dibintangi oleh scream queen Jamie Lee Curtis yang namanya menanjak setelah dua film Halloween, The Fog serta Prom Night.


5.  Train of Life (1998)
Courtesy of Paramount Pictures, 1998

Sebuah desa kecil yang dihuni orang Yahudi di Eropa yang terancam akan invasi Nazi di masa Perang Dunia II, bertekad melarikan diri menuju kampung halaman mereka menuju Israel, dengan mengupayakan sebuah kereta api tua yang mereka modifikasi sendiri! Dalam perjalanannya, mereka sudah mempersiapkan segalanya, termasuk beberapa diantara mereka menyamar menjadi tentara Nazi, yang parahnya hanya satu orang yang cukup fasih berbahasa Jerman! Berbagai improvisasi pun mereka lakukan ketika beberapa kali bertemu pasukan Nazi dalam aktivitas pemeriksaan. Film ber-genre drama komedi ini dijejali dengan berbagai kelucuan sekaligus satir ideologi politik, serta hubungan manusiawi antar manusia dalam nilai kekeluargaan.


4.  The Lady Vanishes (1938)
Courtesy of United Artists, 1938

Film suspens yang disutradarai Alfred Hitchcock tersebut, berkisah tentang hilangnya Miss Froy secara misterius di dalam kereta api, dan mendadak Iris seorang gadis yang sempat berbincang-bincang dengannya panik serta paranoid, karena karcis kereta dipegang oleh Miss Froy. Ditemani oleh seorang musisi bernama Gilbert dan dibantu oleh kondektur kereta, mereka menyelidki hilangnya Miss Froy, lalu mereka menemukan sebuah misteri dan kejutan besar yang tak akan pernah disangka sebelumnya. Meski disajikan dalam format hitam-putih, namun tidak mengurangi atmosfir dan ambience misteri yang sangat terasa di dalam kereta api, baik dalam adegan maupun dialog, itulah kehebatan Hitchcock!


3.  Murder on the Orient Express (1974)
Courtesy of EMI Films, 1974

Diadaptasi dari novel berjudul sama karangan Agatha Christie tersebut, banyak terdapat adegan yang dipenuhi dialog dan intrik di sepanjang cerita. Meski demikian, arahan film ini disajikan dengan sangat baik dan apik, dengan menceritakan seorang detektif Hercule Poirot yang menggunakan kereta Orient Express dari Istanbul menuju London. Dalam perjalanannya, seorang berkebangsaan Amerika ditemukan tewas secara misterius, Poirot pun bertindak dengan berbagai kepiawaiannya untuk menyelidiki semua penumpang yang ada. Kemahiran sineas Sydney Lumet dalam menggarap dan mengarahkan film yang dibintangi oleh banyak aktor/aktris terkenal itupun, membuat film ini menjadi salah satu film adaptasi Hercule Poirot terbaik yang pernah ada.


2.  The Taking of Pelham One Two Three (1974)
Courtesy of United Atrists, 1974

Cerita tentang keempat karakter yang berbeda satu sama lain, membajak sebuah kereta subway dan harus beradu taktik dan perang psikologis dengan seorang polisi transit yang kelihatannya mudah dipermainkan, namun tidak bisa diremehkan begitu saja. Film ini tidak hanya menjajakan unsur thriller selama pembajakan berlangsung serta aksi laga yang menarik, namun berbagai dialog yang diselingi humor segar, serta tentunya akting yang brilian dari berbagai karakter diekspos secara utuh. Dibintangi oleh aktor Walter Matthau, Martin Balsam, H├ęctor Elizondo, serta aktor watak asal Inggris, Robert Shaw.


1.  Runaway Train (1985)
Courtesy of The Cannon Group, MGM, 1985

Mengisahkan tentang pelarian dua orang narapidana dari Alaska yang diperankan oleh John Voight dan Eric Roberts, bersembunyi di dalam kereta api kargo menuju Kanada. Mereka pikir semuanya akan berjalan mulus, namun sebuah insiden yang menimpa seorang masinis, mengakibatkan kereta tersebut bergerak cepat menerobos apapun selama berada di sebuah jalur. Kebebasan merekapun tertunda, karena mereka berupaya sedemikian rupa demi menyelematkan diri dari kereta maut tersebut. Dengan latar musim salju di area Alaska yang dingin tersebut, berbagai aksi yang tersaji begitu menantang segalanya, dan yang tak kalah penting yakni mereka mulai saling mengenal karakter dan jati dirinya satu sama lain lebih dalam, atau lebih tepatnya evaluasi diri. Adegan memorable-nya ada menjelang ending cerita yang begitu emosional dan meyentuh.



Comments