Head to Head : The Girl with the Dragon Tattoo 2009 vs 2011

the girl with the dragon tattoo orisinal vs remake
Nordisk Film, Music Box Films, Alliance Films,Lumiere, GAGA, Columbia Pictures

Sinema drama kriminal misteri head to head review The Girl with the Dragon Tattoo 2009 vs 2011.

The Girl with the Dragon Tattoo adalah film produksi Swedia dirilsi tahun 2009, kemudian diadaptasi dalam versi Hollywood pada tahun 2011.

The Girl with the Dragon Tattoo adalah kisah drama kriminal misteri tentang orang hilang dan pembunuhan.

Kedua film itu juga memiliki sumber yang sama, yaitu dari novel karya Stieg Larsson berjudul The Girl with the Dragon Tattoo.

Adaptasi filmnya yang diproduksi Swedia di tahun 2009 dengan judul yang sama, menarik minat Amerika untuk segera membuat ulang versi mereka di tahun 2011.

Premis 
The Girl with the Dragon Tattoo memang menarik, tentang dua figur protagonis dalam dua alur berbeda yang menyatu, hingga muncul kolaborasi untuk pecahkan kasus pembunuhan.

Kedua film itu identik satu sama lain, mirip, serta tidak mudah dibedakan, baik dari sajian cerita, karakter, hingga gaya dan penampilan visual yang hampir sama.

Jika kurang teliti, mungkin anda bisa salah tonton versi nya, karena perbedaan signifikan hanya terdapat dalam bahasa dalam dialog film, baik itu Swedia atau Inggris.

Dua film 
The Girl with the Dragon Tattoo versi 2009 dan 2011, ditangani produser yang sama, yaitu Søren Stærmose.

review the girl with the dragon tattoo swedia orisinal
Nordisk Film, Music Box Films, Alliance Films,Lumiere, GAGA

The Girl with the Dragon Tattoo mengenalkan dua figur utama, yaitu Mikael Blomvist yang diperankan Michale Nyqvist dan Lisbeth Salander yang diperankan Noomi Rapace dalam versi 2009.

Sedangkan dalam versi 2011, Mikael Blomvist diperankan Daniel Craig, sedangkan Lisbeth Salander diperankan Rooney Mara.

Adapun figur pendukung utama yaitu Henrik Vanger diperankan Sven Bertil-Taube dalam versi 2009, dan Christopher Plummer dalam versi 2011.

Figur Martin Vanger diperankan Pater Haber dalam versi 2009 dan Stellan Skarsgård dalam versi 2011.

The Girl with the Dragon Tattoo mengisahkan Mikael Blomvist, jurnalis majalah Millenium, tengah hadapi proses hukum pencemaran nama baik.

Suatu hari, ia diminta seorang miliuner bernama Henrik Vanger, untuk selidiki hilang nya keponakan bernama Harriet, dan diduga telah dibunuh salah satu anggota keluarga besar.

Tak lama kemudian, Vanger jatuh sakit, sehingga sejumlah anggota keluarga besar nya berdatangan dan menentang proses investigasi.

Salah satu keponakan 
Vanger, yaitu Martin yang punya otoritas penuh, malah terus mendukung Blomvist yang belum mendapatkan titik temu.

review the girl with the dragon tattoo amerika remake
Columbia Pictures

Atas rekomendasi pengacara setia Vanger, ia diberikan seorang asisten guna mempercepat penyelidikan, yakni Lisbeth Salander.

Meski basis ceritanya sama, namun ada sedikit perbedaan alur dan setting cerita antara versi 2009 dengan 2011 yang akhirnya mempertemukan sejumlah hal tersebut menuju sebuah konklusi yang sama.

Sepertinya versi 2009 lebih praktis dalam hal setting, mungkin ada kaitan nya dengan biaya produksi.

Beda dengan versi Amerika, tentu saja bisa kembangkan narasi terhadap alur dan setting secara lebih kompleks serta terperinci.

Secara umum film tipikal Eropa, versi 2009 punya gaya lamban dalam penuturan cerita dari awal hingga akhir, sedikit membosankan meski dibantu sejumlah visual menarik dan berbagai karakter unik.

Sedangkan versi 2011 bisa bermain ritme diantara berbagai adegan tenang dengan yang intens dalam memacu adrenalin, melalui konteks visual dan sound, meski kadang transisi nya terlalu cepat.

Kedua versi itu, saya rasa sama dalam sajian berupa atmosfir crime thriller misteri yang dibangun perlahan, terkadang juga ada beberapa kejutan cukup mengerikan namun memuaskan.

ulasan the girl with the dragon tattoo
Nordisk Film, Music Box Films, Alliance Films,Lumiere, GAGA

Karakterisasi 
The Girl with the Dragon Tattoo merujuk kepada figur kunci Lisbeth Salander sebagai figur kunci, meski figur Blomvist dalam alur cerita begitu dominan.

Adegan kilas balik dalam versi 2009 akan menjawab mengapa karakter Lisbeth Salander bisa terbentuk seperti itu. 

Penampilan fisik nya dalam versi 2009 dan 2011 adalah sama unik nya, punya sikap anti sosial, introvert serta menyimpang, namun cerdas dan menguasai teknologi.

Performa Noomi Rapace dan Rooney Mara sangat baik menjiwai, sehingga saya tidak mampu melihat perbedaan kualitas diantara kedua nya.

Sedangkan peran Michale Nyqvist dan Daniel Craig sebagai Mikael Blomvist terasa ada perbedaan yang lumayan mengganggu.

Performa 
Michale Nyqvist terlihat kurang emosional dan lebih kaku, sehingga kurang istimewa. Berbeda dengan Daniel Craig yang terkesan lebih fleksibel melalui sisi temperamen, frustasi, serta sensitif.

Figur Henrik Vanger yang diperankan Sven Bertil-Taube dan Christopher Plummer, juga tidak ada perbedaan.

sinopsis the girl with the dragon tattoo
Columbia Pictures
 
Peran Stellan SkarsgÃ¥rd dalam versi 2011 punya karisma lebih sebagai Martin Venger,  dibandingkan aktor Peter Haber dalam versi 2009.

Secara keseluruhan, kedua film The Girl with The Dragon Tattoo memiliki kualitas yang sama dan tidak ada perbedaan mendasar, hanya sedikit perubahan gaya saja.

Kredit pembuka dalam versi 2011 yang diiringi lagu cover dari Led Zeppelin "The Immigrant Song", memang lebih menarik, tipikal film James Bond.

Dua film The Girl with The Dragon Tattoo menjadi rekomendasi yang menghibur sebagai drama kriminal bergaya thriller misteri.

Tema film ini diperkaya dengan sentuhan teknologi, aktivitas peretas dan spionase, dengan kombinasi gaya punk dan counter culture, 

Film The Girl with The Dragon Tattoo juga mengangkat tema intimidasi dan penyimpangan moral, kebrutalan, kekejaman, hingga penyalahgunaan kekuasaan.

Elemen yang cukup lengkap dalam narasi yang dikemas melalui film dengan durasi sekira 2,5 jam itu..

Genre: Drama, Crime, Thriller, Misteri

The Girl with the Dragon Tattoo | 2009 | Score: 3 / 4 stars | Pemain: Michale Nyqvist, Noomi Rapace, Sven Bertil-Taube, Peter Haber, Lena Endre | Sutradara: Niels Arden Oplev | Produser: Søren Stærmose | Penulis: Berdasarkan novel The Girl with the Dragon Tattoo karya Stieg Larsson. Naskah: Nicolaj Arcel, Rasmus Heisterberg | Musik: Jacob Groth | Sinematografi: Eric Cress, Jens Fischer | Distributor: Nordisk Film, Music Box Films, Alliance Films, Lumiere, GAGA | Negara: Swedia | Durasi: 153 Menit

The Girl with the Dragon Tattoo | 2011 | Score: 3 / 4 stars | Pemain: Daniel Craig, Rooney Mara, Christopher Plummer, Stellan Skarsgård, Steven Berkoff, Robin Wirght, Yorick van Wageningen, Joely Richardson | Sutradara: David Fincher | Produser: Scott Rudin, Ole Søndberg, Søren Stærmose, Ceán Chaffin | Penulis: Berdasarkan novel The Girl with the Dragon Tattoo karya Stieg Larsson. Naskah: Steven Zaillian | Musik: Trent Reznor, Atticus Ross | Sinematografi: Jeff Cronenweth | Distributor: Columbia Pictures | Negara: Amerika Serikat, Swedia | Durasi: 158 Menit

Itulah sinema drama kriminal misteri head to head review The Girl with the Dragon Tattoo 2009 vs 2011.

Comments