The Entity (1982) : Entitas Pemerkosa Misterius

the entity entitas misterius
20th Century Fox

Sinema horor review The Entity, misteri entitas pemerkosa misterius.

Ada entitas pemerkosa misterius melakukan aksi terhadap seorang wanita, namun bukan hantu, bukan pula kisah erotis, akan tetapi kisah horor yaitu The Entity.

The Entity adalah adaptasi dari novel berjudul sama, terinspirasi dari peristiwa nyata yang dialami Doris Bither di tahun 1970’an, 

The Entity semula akan dirilis tahun 1981, namun tertunda hingga akhirnya tayang pada September 1982, bahkan di Amerika sendiri baru tayang awal tahun 1983.

Perlu ditekankan bahwa, The Entity bukan film hantu pemerkosa, bukan pula eksploitasi erotisme belaka.

Film ini menekankan fenomena misterius berupa entitas pemerkosa yang melakukan teror terhadap seorang wanita.

Sineas kaliber seperti Martin Scorsese, bahkan menempatkan 
The Entity bersama dengan The Changeling (1980), dalam daftar "Sebelas Film Terseram Sepanjang Masa". 

Baca juga: The Changeling (1980) : Bukan Sekadar Film Hantu 

The Entity mengisahkan Carla Moran (Barbara Hershey) hidup bersama dengan ketiga anak nya, dalam sebuah rumah kontrakan. 

Suatu malam, sebuah entitas misterius pemerkosa melakukan aksi terhadap Carla dan juga melakukan tindak kekerasan.

Carla alami peristiwa itu berulang kali, bahkan nyaris tewas saat diserang di dalam mobil. Ia pun minta pertolongan Dr. Sneiderman (Ron Silver), melalui tes berkenaan dengan fisik dan psikologi.

Dr. Sneiderman yakin bahwa Carla alami gangguan psikologis, akibat trauma dari sang ayah, pernikahan muda dengan suami pertama, serta sang kekasih yang jarang berada di rumah karena pekerjaan.

Sahabat Carla yaitu Cindy, juga menyaksikan langsung aksi entitas pemerkosa misterius itu. 

Kebetulan, mereka bertemu dengan dua orang parapsikolog yang akhirnya membantu penyelidikan terhadap entitas pemerkosa misterius.

pemerkosa misterius film the entity
20th Century Fox
 
Film The Entity awal nya terkesan seperti roman horor hantu klasik klise, namun rangkaian adegan dalam plot cerita, tidak seperti yang dibayangkan, dalam arti tidak seram.
 
Alunan musik atau scoring ini sangat minim, sehingga sekilas seperti dokudrama dramatis sekaligus intens, namun tetap bikin merinding, meski tidak semegah The Poltergeist (1982) misalnya.

Hebat nya, film ini tidak butuh jump scare, apalagi dengan gaya lebay seperti horor modern saat ini.

The Entity juga mengupas sisi psikologis dari figur Carla, melalui dialog tentang trauma masa lalu, serta sejumlah upaya hadapi aksi teror yang menimpa diri nya.

Elemen suspens yang dibangun pun, secara perlahan menuju kepada sebuah konklusi namun sulit untuk dijelaskan terperinci.

Tampak narasi The Entity mengambil sejumlah elemen fiktif klasik populer, seperti The Invisible Man karya H.G. Wells dan film Hollow Man (2000).

Apakah sang entitas masa lalu nya adalah manusia? Tidak pernah dijelaskan dalam film ini.

Nmaun fenomena tersebut juga jadi kasus parapsikologi secara umum, masih ada argumen diantara nalar sehat dengan misteri yang belum terpecahkan.

Carla meyakini ada hal gaib yang tak terjelaskan secara ilmu dan medis, saat para dokter terlihat menyerah.

ulasan sinopsis film the entity
20th Century Fox

Adegan itu juga mengingatkan saya akan film The Exorcist (1973) saat terjadi 
konfrontasi antara Chris MacNeill dengan para dokter ahli.

Beda nya, dalam film ini para dokter ahli pun dengan keras kepala bersikukuh dan menolak hal supranatural.

Drama intens dalam 
The Entity mampu memainkan perasaan dan emosi saya, melalui thriller suspens, dijejali intrik internal dan eksternal dari figur Carla.

Adegan vulgar sekaligus brutal yang dilakukan entitas pemerkosa misterius pun disajikan dalam film ini.

Performa total Barbara Hershey sebagai Carla juga mengejutkan dan berani!

Meski demikian yang bikin pilu adalah saat kekasih Carla, yaitu Jerry hanya bisa pasrah saksikan adegan tersebut, sesaat setelah ia syok dan sangat ketakutan.

Tampak jelas, Jerry tidak rela saat Carla diserang entitas pemerkosa misterius, namun ia sendiri tak berdaya.

review film the entity
20th Century Fox
 
Transisi figur Carla pun diperliahtkan jelas secara perlahan, dari semula punya tambahan trauma dan ketakutan, hingga mulai berani hadapi entitas pemerkosa misterius itu.

Sementara, Dr. Sneiderman adalah karakter bebal yang semula bisa menarik simpati, berubah menjadi menyebalkan saat berhadapan dengan tim parapsikolog, karena perbedaan pandangan.

Baca juga: The Last Duel (2021): Kasus Perkosaan Berujung Duel Maut

Sineas asal Kanada, Sidney J. Furie yang dikenal dalam menggarap berbagai genre film, mampu arahkan narasi film ini dengan kombinasi horor dan drama misteri.

Sejumlah dialog The Entity sendiri ditulis oleh sang pengarang novel nya, yaitu Frank De Felitta.

Scoring yang diaransemen Charles Bernstein yang populer dalam A Nightmare on Elm Street (1984) pun terdengar ikonik, berupa efek suara dentuman musik saat ada aksi dari entitas pemerkosa misterius.

Tema musik 
The Entity dalam kredit pembuka maupun penutup, juga terdengar ikonik sekilas mengingatkan akan film The Exorcist dan The Fog (1980).

Cerita film The Entity dengan upaya mengungkapkan entitas pemerkosa misterius itu, memang menarik ditonton sampai habis, karena disajikan tanpa bumbu drama berlebihan.

Efek sederhana film ini pun cukup efektif sekaligus mengejutkan, mampu menakuti dan membuat penasaran hingga akhir.

Demikian sinema horor review The Entity, misteri entitas pemerkosa misterius.

Score : 4 / 4 stars

The Entity | 1982 | Horor, Thriller, Supranatural | Pemain: Barbara Hershey, Ron Silver, David Labiosa, George Coe, Margaret Blye, Jacqueline Brooks | Sutradara: Sidney J. Furie | Produser: Harold Schneider | Penulis: Berdasarkan novel The Entity oleh Frank De Felitta. Naskah: Frank De Felitta | Sinematografi: Stephen H. Burum | Musik: Charles Bernstein | Distributor: 20th Century Fox | Negara: Amerika Serikat | Durasi: 125 Menit

Comments