The Long Riders (1980) : Geng Koboi Bersaudara

the long riders geng koboi bersaudara
United Artists

Jika ada geng koboi yang terdiri dari empat klan bersaudara, berdasarkan fakta sejarah melalui sebuah film yang dibintangi sejumlah aktor dari empat klan bersaudara pula, maka The Long Riders adalah jawabannya.

Melalui film ini, nama Jesse James sebagai salah seorang legenda di jaman Old Western tersebut, menjadi figur utama bersama dengan saudaranya Frank James.

Mereka berkolaborasi dalam melakukan sejumlah perampokan bank dengan The Younger Gang (Cole, Jim dan Bob), The Miller Gang (Ed dan Clell) serta The Ford Gang (Charley dan Robert).

Menariknya dan mungkin satu-satunya di Hollywood, jajaran aktor diisi oleh empat klan dari sekumpulan aktor bersaudara masing-masing sebagai karakter bersaudara itu.

Merke terdiri dari: Carradine bersaudara (David, Keith dan Robert) sebagai The Younger Gang dan Keach bersaudara (Stacy dan James) sebagai The James Gang. Lalu ada Quaid bersaudara (Randy dan Dennis) sebagai The Miller Gang, serta Guest bersaudara (Christopher dan Nicolas) sebagai The Ford Brothers.

Sineas Walter Hill yang mengarahkan film ini, memang dikenal dalam sejumlah film aksi laga yang mengkombinasikan dengan elemen Western.

review film the long riders
United Artists

Terlepas dari keakuratan sejarah serta penggambaran karakterisasi dari tokoh sentralnya yakni Jesse James, The Long Riders menghadirkan sebuah cerita menarik yang dikemas dalam serangkaian laga seru.

Dikisahkan setelah berakhirnya Perang Saudara di Amerika, terjadi perampokan di sebuah bank yang dilakukan oleh geng yang terdiri dari James, Younger dan Miller bersaudara.

Namun karena sebuah insiden disengaja yang dilakukan Ed Miller (Dennis Quaid), terpaksa ia dikeluarkan dari geng tersebut. Suatu hari, dua bersaudara Charley dan Robert Ford mendatangi mereka dengan maksud ingin bergabung atas rekomendasi Ed, namun ditolak.

Sementara, sebuah agensi penyelidikan bernama Pinkerton yang dipimpin Rixley (James Whitmore, Jr.) ditugasi untuk menangkap geng tersebut. Sejumlah konfrontasi pun terjadi antara kelompok Pinkerton dengan mereka.

Clell Miller (Randy Quaid) menyarankan kepada rekan-rekannya untuk merampok sebuah bank di wilayah Northfeld, Minnesota. Saat mereka beraksi, sebuah kejutan terjadi, berupa jebakan yang dilakukan Rixley terhadap mereka.

Berdasarkan sejarah dan penyajian dalam sejumlah film, kita mengetahui kisah kelanjutan Jesse James akan seperti apa. The Long Riders adalah sebuah cerita yang ditampilkan melalui petualangan epik, seperti halnya karakter Wyatt Earp dan Doc Holliday di film Tombstone (1993).

ulasan film the long riders
United Artists

Duo aktor bersaudara Stacy dan James Keach-lah yang memperkenalkan serta menulis ide cerita ini, yang sempat dipertunjukkan dalam teater jauh sebelum filmnya diproduksi.

The Long Riders lebih fokus pada kisah perjalanan geng James-Younger-Miller yang telah terjalin akrab dalam menjalankan sejumlah aksi perampokan, hingga akhirnya sosok Jesse James ditembak mati oleh Bob Ford.

Satu-persatu, karakter mereka diperkenalkan melalui dialog dan aksi, dari hubungan mereka satu-sama lain, serta masing-masing kehidupan personalnya yang cukup rumit. 
Yang menarik, tentunya kompleksitas intrik, konflik bahkan hampir memicu konfrontasi yang terjadi di dalam tubuh geng tersebut, terjalin dengan sempurna di film ini.

Mulai saat Ed Miller dikeluarkan yang mengakibatkan dendam, perebutan hati seorang wanita antara Ed dengan Jim Younger, rumitnya hubungan Jesse James dengan seorang wanita yang akan dinikahinya, hubungan Cole Younger dengan seorang pelacur, hingga Frank James yang jatuh cinta dengan seorang wanita.

Konflik antara geng James dan Younger juga terjadi di sepuluh menit terakhir dari cerita film, yang digambarkan ketika kondisi geng Younger dan Clell Miller dalam keadaan kritis. 

Performa James Keach sebagai Jesse James meski kurang istimewa, namun tetap mampu memberikan karismanya sebagai tokoh yang berpengaruh di dalam geng perampok.

Jika dibandingkan dengan Brad Pitt di film lainnya, tampak dirinya kalah mentereng. Malah penampilan fisiknya terkesan seperti dipaksakan ketika tampil dengan menggunakan kumis dan janggut.

sinopsis film the long riders
United Artists

Sedangkan Stacy Keach cukup baik berperan sebagai Frank James sebagai yang paling senior sekaligus bijak bersama dengan tipikal anti-hero Cole Younger yang diperankan David Carradine, wajar jika mereka berdua yang paling akrab.

Lalu ada Keith Carradine sebagai Jim Younger yang menonjolkan pesona daya tariknya terhadap wanita, Robert Carradine sebagai Bob Younger adalah anggota yang paling muda dan berusaha keren, serta tak ketinggalan Randy Quaid sebagai Clell Miller dengan gaya santainya.

Namun diantara semua itu, yang mencuri perhatian yakni performa impresif Dennis Quaid muda sebagai Ed Miller, dari sisi emosional melalui tindakan ceroboh serta sikap cenderung kasar.

Lalu ada James Whitmore sebagai Rixley yang berpenampilan dingin, serta kocaknya Guest bersaudara masing-masing sebagai Ford bersaudara.

Salah satu adegan laga yang dikenang tentu saja saat perampokan di kereta api. Dengan perpaduan unik antara gerakan dinamis kamera dari berbagai sudut, eksekusi koreografi pun dilakukan sempurna, untuk sebuah teknik pengambilan gerak gambar akan adegan yang memacu adrenalin.

Yang tak kalah menegangkannya yakni aksi perampokan bank di Northfeld, Minnesota. Saya tidak bisa menebak arah aksi mereka selanjutnya, yang ternyata dijebak oleh kelompok Rixley.

Yang tak kalah seru yakni adegan baku-tembak terjadi selanjutnya diantara kedua kelompok tersebut di dalam sebuah kota kecil itu. Nampaknya, gaya Hill di adegan epik tersebut terinspirasi dari film The Wild Bunch (1969) atau sejumlah film Western klasik lainnya. 

Baca juga: The Wild Bunch (1969) : Kontroversial dan Revolusioner dalam Narasi Anti-Western

saudara sungguhan film the long riders
United Artists
 
Saat salah seorang dari geng James-Younger-Miller terkena tembakan oleh kelompok Rixley, efek suara sengaja direndahkan dan dilambatkan, terutama suara hantaman peluru dan jeritan, ditambah dengan efek suara lainnya.

Juga sejumlah adegan slow motion, seperti orang tertembak, terjatuh dari atap rumah, jatuh dari kuda, menabrak kaca jendela, dan lain sebagainya sungguh berkesan.

Latar keindahan alam di wilayah Missouri, terpapar mulai sejak kredit pembuka yang memperlihatkan geng James-Younger-Miller mengendarai kuda di padang rumput yang didominasi warna hijau tua kecoklatan.

Atau saat Jesse James berbincang dengan wanita yang akan dinikahinya, dengan lingkungan perkebunan asri beserta rerumputan lengkap dengan beberapa ekor kuda dengan latar hutan.

Dengan hanya berdurasi lebih dari 90 menit, kisah petualangan geng koboi bersaudara dalam film The Long Riders cukup padat, lugas serta efektif.

Dengan tidak fokus hanya pada eksploitasi karakter satu orang saja, film ini menyuguhkan cerita dan adegan menarik serta menekankan aksi laga estetis serta penuh gaya.

The Long Riders adalah salah satu film western unik berdasarkan fakta sejarah yang melegenda.

Score : 3.5 / 4 stars

The Long Riders | 1980 | Drama, Aksi Laga, Petualangan, Western | Pemain: David Carradine, Keith Carradine, Robert Carradine, James Keach, Stacy Keach, Randy Quaid, Dennis Quaid, James Whitmore, Jr., Christopher Guest, Nicolas Gues | Sutradara: Walter Hill | Produser: Tim Zinnemman | Penulis: Bill Bryden, Steven Phillip Smith, Stacy Keach, James Keach | Musik: Ry Cooder | Sinematografi: Ric Waite | Distributor: United Artists | Negara: Amerika Serikat | Durasi: 99 Menit

Comments