Rekomendasi 10 Film Perang tentang Kapal Selam

rekomendasi top sepuluh film perang kapal selam

Dalam peperangan modern di lautan lepas, pertaruhan nyawa manusia begitu tinggi layaknya di udara. 

Dari sekian jenis armada, kapal selam mungkin saja yang paling berisiko tinggi selain harus bertahan di dasar laut dengan tekanan udara tinggi, menghindari torpedo kapal selam musuh dan bom dari kapal perusak yang hanya mengandalkan radar, serta ancaman dari pesawat tempur saat berada di permukaan laut.

Begitu banyak film perang yang mengangkat tema tentang kapal selam sepanjang sejarahnya, mulai dari era klasik hingga terkini. Film yang paling banyak diproduksi mengambil setting era Perang Dunia II dan Perang Dingin, baik di jamannya itu sendiri maupun reka ulang sejarah.

Mengumpukan hanya 10 film perang yang dirasa terbaik atau yang paling direkomendasikan cukup sulit, mengingat persaingan yang ketat satu sama lain. Tanpa panjang lebar, berikut adalah daftar Rekomendasi 10 Film Perang tentang Kapal Selam terbaik sejauh ini.
 

top sepuluh film kapal selam ice station zebra
Metro-Goldwyn-Meyer
10. Ice Station Zebra (1968)

Kapten kapal selam nuklir USS Tigerfish yakni James Ferraday (Rock Hudson) memimpin misi penyelamatan para awak stasiun pengamatan cuaca milik Inggirs Ice Station Zebra di Kutub Utara.

Sejumlah penumpangnya yakni Jones (David McGoohan), Vaslov (Ernest Borgnine), serta Kapten Anders (Jim Brown) dan pasukan marinir-nya. Namun sesungguhnya, ada misi terselubung dibalik semua itu.

Merupakan adaptasi lepas dari novel karya Alistair MacLean, film ini menghadirkan premis menarik tentang intrik intelijen dan suspens, meski terdapat beberapa kelemahan dalam penyelesaian akhir. 


Baca juga: Spionase, Kriminal, Aksi Petualangan: Mengenal Sejumlah Film Adaptasi Alistair MacLean 

Bagaimanapun juga, kekuatan film ini terletak pada sound dan visual mengagumkan terhadap setting baik dalam laut maupun diatas dataran es, serta stasiun yang porak-poranda secara impresif dan terperinci. Begitu pula dalam adegan aksi terutama di area stasiun Zebra dan sekitarnya, termasuk pergeseran lempengan dataran es, konvoi pesawat tempur MiG, hingga pendaratan pasukan Soviet!
 

top sepuluh film kapal selam k19 the widowmaker
Paramount Pictures
9. K-19: The Widowmaker (2002)

Kebocoran reaktor nuklir menimpa kapal selam Uni Soviet K-19, membuat panik seluruh kru yang dipimpin oleh dua kapten yang selalu bertentangan, yakni Alaxei Vostrikov (Harrison Ford) dan Mikhail Polenin (Liam Neeson), setelah melakukan uji coba peluncuran rudal dan berpatroli menuju Laut Atlantik mendekati wilayah NATO.

Dalam proses upaya memperbaiki reaktor yang mengorbankan beberapa kru terpapar tingginya radiasi, mereka harus menghadapi dilema antara menerima bantuan kapal perusak Amerika yang kebetulan berada di lokasi terdekat, atau mengambil resiko kembali pulang.

Diangkat dari persitiwa nyata, film ini merupakan bentuk dramatisasi emosional bagaimana seluruh kru kapal mengalami situasi terjepit, antara keselamatan nyawa karena radiasi nuklir atau meminta bantuan pada pihak ‘musuh’. Performa akting prima dan scoring menyentuh, mengeksekusi dengan cermat sejumlah konflik terhadap perbedaan sudut pandang.   
 

top sepuluh film kapal selam above us the waves
GFD, Republic Pictures
8. Above Us the Waves (1955)

Angkatan Laut Inggris kewalahan menghadapi kapal perang Tirpitz milik Nazi, maka atas inisiasi Komandan Fraser (John Mills), dibentuklah "torpedo manusia" yang dinamakan Chariot, melalui Pasukan Katak Marinir yang mendapat pelatihan khusus.

Guna menghancurkan kapal Tirpitz di Laut Utara yang dikawal ketat dengan sejumlah kapal Nazi lainnya, ranjau serta jaring raksasa, misi pun dieksekusi dengan mengirimkan tiga kapal selam mini yakni X1, X2 serta X3.

Film dengan kisah yang diadaptasi dari dua peristiwa nyata yakni Operation Title dan Operation Source, pada mulanya menyajikan adegan sejumlah pelatihan dengan standar, namun serangkaian aksi mendebarkan sesungguhnya, terjadi saat misi mereka mulai mengalami serangkaian masalah. Sebuah akhir yang tak disangka. 
 

top sepuluh film kapal selam u571
Universal Pictures
7. U-571 (2000)

Kru kapal selam Amerika S-33 melakukan sabotase dengan menyamar penyuplai bagi kapal selam Nazi U-571, guna merebut alat komunikasi kode rahasia yakni Enigma. Namun saat mereka meringkus para kru U-571, kapal selam penyuplai Nazi yang sesungguhnya berhasil menghancurkan kapal S-33.

Dalam keadaan panik, semua kru yang tersisa pun terpaksa masuk ke dalam U-571 guna menghindari perburuan pihak Nazi baik melalui kapal selam U-Boat maupun kapal perusak. Dalam kondisi kritis dan asing bagi mereka di dalam U-571, Letnan Komandan Andrew Tyler (Matthew McConaughey) harus bertahan menuju ke wilayah Sekutu.

Meski film ini mengaburkan fakta bahwa sesungguhnya pihak Inggris yang berhasil merebut Enigma sebelum Amerika terlibat Perang Dunia II, namun memiliki keunggulan akan serangkaian adegan intens tiada henti melalui keunggulan sinematografi dan efek sound membahana. Selain itu, performa McConaughey sebagai seseorang yang belum berpengalaman memimpin kapal dan Harvey Keitel sebagai seorang Chief Komandan, tampil meyakinkan. 



top sepuluh film kapal selam crimson tide
Buena Vista Pictures
6. Crimson Tide (1995)

Sebuah pertentangan besar dalam kapal selam nuklir Amerika USS Alabama terjadi, antara Kapten Ramsey (Gene Hackman) dan Letnan Komandan Hunter (Denzel Washington), dalam keputusan kritis akan peluncuran rudal terhadap instalasi nuklir yang dikuasai pihak oposisi Rusia.

Sementara kru memperbaiki kerusakan komunikasi radio akibat konfrontasi dengan kapal selam milik oposisi, Ramsey meyakini adanya peluncuran atas perintah pusat komando yang sempat terputus, sedangkan Hunter berupaya mendapat konfirmasi lengkap sebelum bertindak. Waktu pun berlalu menuju detik ancaman peluncuran nuklir oleh pihak oposisi.

Meski mungkin bisa menebak akhir kisahnya, namun keunggulan film ini tentu saja terletak pada dialog akan performa dari kedua karakter utamanya. Bagaimana mereka begitu intens dalam bersitegang dan menimbulkan kebingungan, hingga terjadi pemberontakan. Audiens akan terus terpaku mengikuti drama thriller yang menggenjot adrenalin tersebut.
 

top sepuluh film kapal selam destination tokyo
Warner Bros Pictures
5. Destination Tokyo (1943)

Kapal selam Amerika USS Copperfin yang dipimpin Kapten Cassidy (Cary Grant), mendapat tugas rahasia menuju Kepulauan Aleutian di wilayah Pasifik, untuk menjemput seorang meteorologis yakni Letnan Raymond (John Ridgely), lalu menuju Teluk Tokyo untuk mengirim pesan kepada Kapal Induk Amerika yang akan menyerang pangkalan militer Jepang di lokasi tersebut.

Peristiwa serangan udara Amerika tersebut berdasarkan peristiwa sejarah yang disebut Doolittle Raid. Dengan teknik perfilman di jamannya, adegan saat USS Copperfin diam-diam mengikuti kapal barang Jepang dari bawah laut yang melewati area ranjau, serta jaring raksasa, disajikan dengan menarik dan menegangkan.

Meski skema cerita yang dipaparkan terasa medioker dan mudah diprediksi, tapi untungnya mampu ditutup dengan adegan paling intens akan bagaimana kapal mereka dibombardir oleh kapal perusak Jepang selama hampir 5 jam lamanya. Juga sejumlah  dialog dan interaksi yang dibangun antar kru terasa impresif, diselingi beberapa humor segar. Banyak yang berpendapat bahwa film ini menginspirasikan sejumlah film sejenis hingga saat ini. 
 

top sepuluh film kapal selam the hunt for red october
Paramount Pictures
4. The Hunt for Red October (1990)

Seorang kapten kapal selam nuklir "Red October" milik Uni Soviet, yakni Marko Ramius (Sean Connery) membelot menuju Amerika melalui laut Atlantik. Seorang analis CIA bernama Jack Ryan (Alec Baldwin) menyelidiki motifnya, apakah memang membelot atau malah menjadi ancaman.

Sementara pihak Soviet memburu Ramius dan meminta kerjasama dengan Amerika untuk menangkapnya. Film yang diadaptasi dari novel karya Tom Clancy tersebut, mengambil setting di tahun 1984 saat berlangsungnya Perang Dingin, dengan keunggulan narasi terhadap karakterisasi dan dialog, serta sejumlah efek spesial yang sudah maju saat itu, dilengkapi scoring berupa latar musik nasionalis megah khas Rusia oleh Basil Poledouris.

Yang menarik yakni konflik rumit yang dialami antara Ramius dengan para kru, inflitrasi KGB di dalam kapal selamnya, serta perburuan pihak Soviet. Konfrontasi Red October dengan kapal selam Soviet V.K. Konovalov yang dikomandani mantan murid Ramius, serta kasi kejar-kejaran dengan kapal selam Amerika USS Dallas, disajikan dengan intens.
 

top sepuluh film kapal selam run silent run deep
United Artists
3. Run Silent, Run Deep (1958)

Balas dendam adalah motif Komandan Richardson (Clark Gable) saat memimpin kapal selam USS Nerka menuju Bungo Straits, setelah ia gagal mempertahankan kapal sebelumnya yang dihancurkan armada Jepang. Dengan segala trik alih-alih simulasi perang, Letnan Komandan Bledsoe (Burt Lancaster) menentangnya sejak menaruh kecurigaan terhadapnya.

Meski akhirnya Bledsoe turut membantu dan menenangkan para kru, mereka pun beraksi menghancurkan konvoi kapal barang Jepang yang dikawal oleh kapal perusak Akikaze yang pernah menghantam kapal selam Richardson sebelumnya, meski tidak semudah yang diprediksi.

Film Run Silent, Run Deep merupakan salah satu film kapal selam terbaik, terutama dari sisi penyajian alur cerita yang dengan brilian mampu memanipulasi pikiran audiens atas peran karakter utamanya.

Belum lagi sejumlah kejutan hadir hingga menuju sebuah pelintiran melalui berbagai aksi menegangkan. Duo performa fantastis Gable dan Lancaster, baik dalam aksi maupun dialog, begitu mengena serta dikenang.
 

top sepuluh film kapal selam the enemy below
20th Century Fox
2. The Enemy Below (1957)

Konfrontasi terjadi antara kapal perusak Amerika USS Haynes yang dipimpin Kapten Murell (Robert Mitchum) dengan kapal selam U-Boat Nazi yang dipimpin von Stolberg (Curd Jürgens) di perairan Atlantik.

Murell adalah mantan perwira di kapal barang angkatan laut yang mengalami cedera trauma akibat insiden tenggelamnya kapal sebelumnya, sedangkan von Stolberg (Curd Jürgens) adalah perwira karismatik yang sudah muak dengan kondisi perang sekaligus berkurang rasa simpatinya terhadap kekuasaan Nazi.

Selama 1,5 jam, film ini menyuguhkan berbagai adu strategi dan aksi dari kedua pemimpin kapal tersebut, yang berusaha saling mengalahkan serta mengelabui, namun berjalan dengan alot dan lebih sulit dari yang diperkirakan. Sepertinya kedua karakter tersebut memiliki koneksi magis satu sama lain, melalui mind games untuk membaca pikiran lawan, terkait dari aksi yang mereka lakukan.

Film The Enemy Below fokus pada karakterisasi utama, selain hubungan manusiawi mereka dengan para kru, seperti bagaimana melakukan aksi taktis menyerang lawan, serta hebatnya film ini mampu menyeimbangkan sudut pandang dari kedua pihak yang saling bermusuhan tersebut.


top sepuluh film kapal selam honorable mention
General Films Distributors, Paramount Pictures, 20th Century Fox, Warner Bros Pictures

Sebelum memasuki peringkat 1, berikut adalah sejumlah film yang menjadi Honorable Mention, yakni: We Dive at Dawn (1943), Submarine Command (1951), Hell and High Water (1954), serta Up Periscope (1959).
 
 
top sepuluh film kapal selam das boot
Neue, Constantin Film
1. Das Boot (1981)

Kapal selam Nazi U-96 yang dipimpin oleh Kapten (Jürgen Prochnow), terlibat konfrontasi dengan sejumlah kapal perusak Inggris saat sedang berpatroli. Dalam kondisi kritis, mereka harus mengambil suplai dan amunisi di Spanyol dan satu-satunya jalan pulang yakni melewati area paling rawan yakni Selat Gibraltar yang dikuasai armada laut Inggris. 

Selama 3,5 jam, film Das Boot menyuguhkan saga utuh dan terasa nyata akan bagaimana keras serta sulitnya kehidupan di kapal selam dalam durasi panjang, mulai dari siaga tempur, menghindari bom dari kapal perusak dan torpedo kapal selam musuh, terisolir dalam kapal, hingga harus beradaptasi dengan tekanan udara yang menyesakkan.

Narasi film berdasarkan sudut pandang karakter Letnan Werner (Herbert Grönemeyer) yang meliput kehidupan dan pengalaman di dalam U-96. Disajikan secara realistis tentang drama dan aksi pertempuran sekaligus usaha bertahan dari serangan musuh, boleh dikatakan semua elemen di film ini dieksekusi dengan sangat baik serta emosional.

Objektivitas akan persepsi terhadap pihak Nazi tergambarkan dengan tepat dalam menekankan sisi manusiawi, mengingat film Das Boot yang disutradarai Wolfgang Petersen adalah produksi Jermat Barat.

Film Das Boot mungkin adalah film kapal selam terbaik sepanjang masa!

Comments

Popular Posts