The New Mutants (2020): Horor Superhero Standar

review ulasan sinopsis the new mutants
20th Century Studios

Sinema superhero review The New Mutants, film tentang horor superhero dengan eksekusi standar.

Film The New Mutants yang diadaptasi dari komik Marvel, merupakan bagian dari semesta sekaligus sempalan dari X-Men

Namun adaptasi filmnya lebih mengarah kepada elemen horor standar berkenaan dengan tema “survival” dalam sebuah fasilitas bagi para mutan remaja.

Film tersebut mengalami sejumlah penundaan tayang oleh 20th Century Fox yang seharusnya terjadi di tahun 2018.

Hal itu terkait faktor teknis dan pengaturan jadwal dengan film Deadpool 2 dan Dark Phoenix, adanya syuting tambahan, proses akuisisi Disney hingga pandemi COVID-19.

The New Mutants mengisahkan Danielle “Dani” Moonstar (Blu Hunt) berada di rumah sakit setelah desa-nya diserang oleh kekuatan besar yang menewaskan seluruh keluarganya.

Dengan bantuan Dr. Cecilia Reyes (Alice Braga) yang mengelola rumah sakit itu, Dani diberitahu olehnya bahwa ia seorang mutan namun belum diketahui kekuatan super-nya. 

Ia lantas diperkenalkan pada sekelompok kecil mutan lainnya yakni Sam (Charlie Heaton), Illyana (Anya Taylor-Joy), Roberto (Henry Zaga) serta Rahne (Maisie Williams). 

Baca juga: Eastrail 177 Trilogy: Unbreakable, Split, Glass

Empat remaja tersebut memiliki karakter unik satu-sama lain, hanya Rahne yang dekat dengan Dani sehingga mereka menjadi akrab. 

Sementara terungkap kekuatan super mereka satu-persatu, tanpa disadari ada sebuah kekuatan misterius yang kembali menghantui masa lalu kelam mereka di rumah sakit tersebut.

the new mutants horor standar
20th Century Studios


The New Mutants yang akhirnya ditayangkan pada Agustus lalu harus terkena dampak akan pemasukan laba melalui format seperti DVD, Blu-Ray maupun streaming, karena sejumlah bioskop di tanah air saat itu belum operasional.

Senada dengan Dark Phoenix, tampak sineas Josh Boone kurang percaya diri dalam mencurahkan energi suspens serta elemen kelam secara penuh. 

Jika memang dilabeli superhero horor, maka efek seram atau mengerikan setidaknya bisa mendekati film Brightburn (2019).

Tapi setidaknya film ini mampu menjaga alur yang dirangkai menuju sebuah konklusi yang terungkap menjelang akhir cerita.

Premisnya menegaskan kekuatan super apa yang dimiliki figur sentral Dani, mengapa ada elemen supranatural di rumah sakit tersebut, serta latar belakang Dr. Reyes yang misterius.

Begitu pula dengan sejumlah figur para calon superhero lainnya, kekuatan super mereka mulai terungkap satu-persatu seiring dengan jalinan adegannya. 

Dari semuanya, hanya figur Illyana yang diperankan dengan baik oleh Anya Taylor-Joy sebagai gadis tipe pemberontak dan penantang.

Adegan penyerangan Smiling Men adalah contoh terburuk, bagaimana eksekusi dilakukan tanpa ada rasa ancaman nyata terhadap audiens, baik dari sudut dan pergerakan kamera, teknik pencahayaan ataupun efek spesial seadanya.

film the new mutants superhero horor psychology
20th Century Studios

Baca juga: Isolasi dan Paranoia: Horor 'Apartment Trilogy' Roman Polanski

Lain halnya saat figur Rahne mengalami ilusi mengerikan dalam sebuah Kapel.

Adapun mengejutkan yang dialami Roberto di kolam renang, dieksekusi dengan cukup baik meski memiliki atmosfir horor standar.

Adegan pertarungan akhir cukup epik, terutama bagaimana karakter Ilyana melakukan aksi impresif bersama dengan partner-nya, Lockheed.

Meski demikian, penyelesaian akhir sungguh mudah ditebak arahnya tanpa ada ikatan emosional yang dialami karakter Dani.

Tidak banyak yang dikomentari di film ini, sehingga secara keseluruhan cukup menghibur. 

Elemen horor kelam dan tema isolasi terhadap genre superhero juga mampu dihadirkan secara konsisten, meski eksekusinya digarap dengan sangat standar.

The New Mutants akhirnya melengkapi kemunduran kualitas waralaba X-Men yang telah dimulai sejak film X-Men: Apocalypse (2016). 

Mungkin sudah saatnya nanti ada crossover dengan Avengers.

Demikian sinema superhero review The New Mutants, film tentang horor superhero dengan eksekusi standar.

Score: 2 / 4 stars

The New Mutants | 2020 | Superhero, Horor | Pemain: Maisie Williams, Anya Taylor-Joy, Charlie Heaton, Alice Braga, Blu Hunt, Henry Zaga | Sutradara: Josh Boone | Produser: Simon Kinberg, Karen Rosenfelt, Lauren Shuler Donner | Penulis: Berdasarkan komik The New Mutants karya Chris Claremont dan Bob McLeod. Naskah: Josh Boone, Knate Lee | Musik: Mark Snow | Sinematografi: Peter Deming | Distributor: 20th Century Studios | Negara: Amerika Serikat | Durasi: 94 Menit

Comments