Mother’s Day (2016): Sosok Sang Ibu dalam Berbagai Problema

mothers day sosok ibu berbagai problema
Open Road Films

Sinema drama review Mother’s Day, film tentang sosok sang ibu dalam berbagai problema.

Film Mother’s Day boleh dibilang sebagai rangkaian terakhir dalam “Holiday Trilogy” yang pernah disutradarainya, setelah film Valentine’s Day (2010) dan New Year’s Eve (2011).

Sama seperti dua film yang telah disebutkan tadi, Mother’s Day merupakan kisah antalogi yang nantinya bakal menyambung antar-karakter meski tidak semuanya terlibat.

Sejumlah nama besar seperti Julia Roberts, Jennifer Anniston, serta Kate Hudson mampir di film ini selain aktor langganan di hampir semua film Garry Marshall, yakni Héctor Elizondo.

Mother’s Day merupakan film terakhir sekaligus yang terburuk bagi Marshall sebelum  meninggal di tahun yang sama.

Menjelang "Hari Ibu" di kota Atlanta, sekelompok figur dengan masing-masing kisah terpisah satu-sama lainnya menghadapi isu yang sama, yakni sosok sang ibu.

Sandy (Jennifer Anniston) yang memiliki dua orang putra, terkejut dan kesal terhadap dirinya sendiri.

review mothers day garry marshall
Open Road Films

Ia mengetahui bahwa mantan suaminya, Henry (Timothy Olyphant) diam-diam telah menikahi wanita yang jauh lebih muda darinya yakni Tina (Shay Mitchell).

Sandy tak sengaja bertemu dengan Bradley (Jason Sudeikis) yang memiliki dua orang putri, namun belum “move-on” akibat kematian istrinya seorang perwira marinir. 

Bradley sedang bermasalah akan hubungan dengan putri tertuanya yang beranjak remaja.

Lain halnya dengan Kristin (Britt Robertson) yang telah memiliki seorang bayi hasil hubungannya dengan Zack (Jack Whitehall), seorang pramuniaga yang berjuang menjadi seorang komika.

Kristin tidak mengenal kedua orang-tuanya, sejak dirinya semasa kecil diadopsi oleh keluarga lain dengan perjanjian tertentu.

Maka ia pun merasa seperti kehilangan masa lalunya. Oleh karena itu, butuh waktu dalam menunda tekanan akan proposal pernikahan dari Zack.

Atas desakan sahabatnya, Jesse (Kate Hudson), agar ia segera menelusuri siapa ibu kandungnya tersebut.

Sementara Jesse memiliki problema dengan ibu kandungnya yang tidak merestui hubungannya dengan seorang pria keturunan India yakni Russell (Aasif Mandvi),.

ulasan film mothers day jennifer anniston
Open Road Films

Padahal dirinya telah menikah dengan Russell dan memiliki seorang anak. Lebih parahnya, Jesse berbohong kepada Russell mengenai kedua kondisi orangtuanya.

Jesse tinggal bersama dengan kakaknya yakni Gabi (Sarah Chalke) yang seorang lesbian dan memiliki pasangan seorang wanita yakni Max.

Gabi dan Max yang mengadopsi seorang anak, juga merahasiakan hubungannya itu kepada kedua orangtuanya.

Kedua orang tua Jesse dan Gabi sedang berpergian menikmati masa pensiun dan sering berkomunikasi dengan mereka melalui panggilan video. 

Adapun di tempat lain, Miranda adalah seorang TV Personality yang sibuk akan karirnya, namun memiliki masalah besar.

Sama dengan kedua filmnya terdahulu, selama hampir dua jam lamanya, Mother’s Day terasa begitu dangkal dalam menyajikan sebuah drama antologi menarik maupun sensasional.

Entah apa ingin disampaikan melalui narasinya serta tujuan akhir yang tidak pernah mengejutkan.

Pengecualian terdapat dalam kisah pencarian Kristin terhadap sosok ibu kandungnya, lumayan menggugah sedikit emosi.

Selebihnya adalah drama medioker yang menjenuhkan sekaligus mudah terlupakan dalam sekejap.

alur sinopsis film mothers day
Open Road Films

Upaya humor yang ingin disampaikan melalui sedikit aksi komedi dibuat asal, maupun lawakan kering ala British yang disampaikan oleh Zack dalam adegannya sebagai komika.

Untung saja masih ada Julia Roberts meski hanya berperan kecil tapi cukup bermakna.

Kehadirannya mampu memberikan pesona tersendiri, sebagai salah satu aktris senior yang berpengaruh dalam genre drama modern.

Sedangkan Jennifer Anniston tampaknya berusaha keras untuk mencurahkan energi akting komedinya, meski dirasa tetap saja tidak cocok dengan selera humor saya.

Mother’s Day merupakan penutup buruk dalam “Holiday Trilogy” yang memang tidak pernah menarik.

Film ini sekaligus menjadi akhir karir yang tragis bagi seorang sineas jempolan sekelas Garry Marshall.  

Demikian sinema drama review Mother’s Day, film tentang sosok sang ibu dalam berbagai problema.

Score: 1 / 4 stars

Mother’s Day | 2016 | Drama | Pemain: Jennifer Anniston, Kate Hudson, Shay Mitchell, Julia Roberts, Jason Sudeikis, Britt Robertson, Timothy Olyphant, Héctor Elizondo, Jack Whitehall | Sutradara: Garry Marshall | Produser: Brandt Andersen, Howard Burd, Daniel Diamond, Mark DiSalle, Wayne Rice, Mark Karz | Penulis: Tom Hines, Lily Hollander, Garry Marshall, Matt Walker. Naskah: Tom Hines, Anya Kochoff Romano, Matt Walker | Musik: John Debney | Sinematografi: Charles Minsky | Distributor: Open Road Films | Negara:  Amerika Serikat | Durasi: 118 Menit

Comments