The Unholy (1988) : Bertarung dengan Iblis Wanita Penggoda dalam Gereja

Dunia Sinema The Unholy Iblis Wanita Penggoda
Vestron Pictures

The Unholy (1988) adalah salah satu film horor kecil yang mungkin luput dari perhatian moviegoers khususnya  penggemar horor, padahal berstatus cult. Tema di film ini menarik, yakni seorang Pastur harus bertarung menahan godaan iblis berupa sosok wanita penggoda di dalam Gereja!

Meski terkesan klise dan standar, yakni pertarungan  antara yang baik versus yang jahat, namun penggabungan dari beberapa elemen klasik semacam film The Sentinel (1977), Phantasm (1979) atau Prince of Darkness (1987) tersebut ternyata cukup menarik sebagai horor sederhana dan serius.
 
Seorang Pastur bernama Dennis ditemukan tewas di dekat sebuah Gereja kecil. Kemudian di lokasi lain,  Pastur senior bernama Silva (Trevor Silva) tengah berdiskusi dengan Archibishop Mosely (Hal Holbrook), untuk menugaskan Pastur bernama Michael (Ben Cross), dengan mengaktifkan kembali Gereja kecil tersebut.

Setelah Michael tiba di Gereja tersebut, datanglah seorang polisi detektif bernama Stern (Ned Beatty) yang menginformasikan bahwa selain Dennis, setahun sebelumnya seorang Pastur terbunuh di Gereja tersebut. Melalui buku telepon peninggalan Dennis, maka Michael mendapat petunjuk yang menuntunnya untuk menemui seorang gadis bernama Millie (Jill Carroll), mantan pegawai di sebuah klub malam.

Millie mencurigai sang pemilik klub, yakni Luke (William Russ), sebagai penyembah setan dan ingin mengorbankan keperawanan Millie. Maka, terungkap bahwa Millie pernah beberapa kali menemui Pastur Dennis untuk pengakuan dosa atas niat Luke terhadapnya. Berbagai konflik pun terjadi, pada saat Michael berseteru dengan Luke mengenai Millie.
 
Awalnya, saya menganggap enteng film The Unholy, berdasarkan premis sederhananya, namun saat mengikuti alur ceritanya, pertanyaan demi pertanyaan pun mulai bermunculan : Siapa sebenarnya iblis berwujud wanita penggoda yang muncul di awal adegan? Benarkah Luke menjadi dalangnya? Siapa sebenarnya Millie dan mungkinkah ia sebagai karakter kunci terhadap misteri tersebut?

Sehingga saya pun mencurigai ada misteri yang disembunyikan, berkaitan dengan Pastur Dennis dan Millie di masa lalu, ditambaha kehadiran karakter Luke yang berpotensi sebagai dalangnya.

Film The Unholy ternyata jauh dari kesan horor kacangan yang mudah ditebak alurnya. Melalui penyajian suspens bergaya neo-noir, karakter utamanya yakni Michael yang notabene seorang Pastur, bertindak layaknya detektif yang menyelidiki kematian Dennis secara misterius, yang disisipi elemen giallo-nya Dario Argento atau ala crime thriller-nya Michael Mann.


Dunia Sinema The Unholy Pastur Michael
Vestron Pictures

Intensitas melalui tone dan atmosfir horor yang dibangun pun, terasa begitu meyakinkan sekaligus membuat penasaran terhadap berbagai adegan selanjutnya hingga tigaperempat cerita. 

Narasi film ini tampaknya sengaja menyembunyikan sisi antagonis wujud iblis, sehingga menimbulkan banyak pertanyaan seperti mengapa wujud iblis bisa berupa wanita penggoda, serta bagaimana tiba-tiba bisa muncul atau siapa yang terkoneksi dengannya yang mengakibatkan karakter Pastur Dennis tewas terbunuh.

Elemen suspens yang dipadukan dengan visual akan keresahan tidak menentu itu, sepertinya sengaja ditahan hingga pertengahan cerita yang belum terungkap. Lucunya, karakter Michael terkesan lebih cocok menjadi seorang detektif yang lebih agresif ketimbang karakter Stern yang terkesan malah tidak bisa berbuat banyak. Karakter Michael mengingatkan saya akan film The Name of the Rose (1986).

Namun di sisi lain, iman Michael sebagai seorang Pastur benar-benar teruji di sepanjang cerita. Keunggulan dari segi cerita di film ini, kurang disertai dengan performa akting dari masing-masing aktor/aktrisnya, hanya saja kehadiran karakter Archibishop Mosely yang diperankan aktor kawakan Hal Holbrook, membawa karisma tersendiri.

Sayangnya, kelemahan paling mendasar di film ini, yakni penyelesaian cerita yang terjadi di seperempat akhir, terutama kemunculan iblis termasuk monster besar yang terlihat begitu fake dan cenderung kaku, diambah dengan karakter minions yang terlihat cukup konyol, yang terkadang membuat saya tertawa. 

Meski demikian, kehadiran sosok iblis berupa wanita penggoda begitu impresif dan tetap menyeramkan, juga level gory-nya dalam beberapa adegan diperlihatkan cukup ekstrim, layaknya horor splatter.

Film The Unholy secara keseluruhan pantas ditonton, sebagai horor klasik yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Beberapa efek spesialnya ada yang mengesankan sekaligus mengerikan, di salah satu adegan yang tak terlupakan.

Score : 3 / 4 stars

The Unholy | 1988 | Horor, Drama | Pemain: Ben Cross, Ned Beatty, William Russ, Jill Carroll, Hal Holbrook, Trevor Howard | Sutradara: Camilo Vila | Produser: Matthew Hayden | Penulis: Philip Yordan, Fernando Fonseca | Musik: Roger Bellon | Sinematografi: Henry Vargas | Distributor: Vestron Pictures | Negara: Amerika Serikat | Durasi: 102 Menit

Comments