Backdraft (1991) : Piromania dan Heroisme Petugas Pemadam Kebakaran

backdraft piromania
Universal Pictures

“You go. We go”

Sinema drama review Backdraft, tentang piromania dan heroisme petugas pemadam kebakaran.

Petugas pemadam kebakaran adalah bentuk heroisme, apalagi dalam cerita film Backdraft, mereka harus menghadapi sosok pengidap piromania.

Kutipan dengan huruf tebal di atas menandakan kompak nya tim pemadam kebakaran terhadap amukan api, sisi heroisme kembali ditekankan.

Premis Backdraft fokus dalam investigasi seorang piromania, sebagai perlawanan aksi heroisme petugas pemadam kebakaran.

Ron Howard berlaku sebagai sutradara Backdraft, hingga mampu raih tiga nominasi Oscar dalam kategori Sound Effects Editing, Visual Effects serta Best Sound.

Backdraft diperankan jajaran cast dengan nama besar seperti Kurt Russell dan Robert De Niro, William Baldwin yang berada di puncak karir, lalu ada Scott Glenn, Jennifer Jason Leigh, Rebecca De Mornay, hingga Donald Sutherland.

Istilah "Backdraft" mengacu kepada ledakan api yang berasal dari campuran gas dari bahan kimia dengan udara. 

Biasanya ledakan terjadi saat seseorang membuka sebuah pintu ruangan, memicu ledakan yang telah terpasang di dalam ruangan tersebut.

backdraft heroisme
Universal Pictures
 
Backdraft mengisahkan dua bersaudara petugas pemadam kebakaran Chicago, Stephen (Kurt Russell) dan Brian (William Baldwin) bekerja dalam satu markas yaitu Engine 17.

Brian merasa tertekan, karena karir nya berada di bawah Stephen, dan ia beralih profesi namun gagal, hingga ia kembali bergabung dengan kakak nya. 

Sementara Stephen menilai Brian kurang pas sebagai petugas pemadam kebakaran, apalagi Brian punya trauma masa masih kecil saksikan sang ayah tewas sebagai pemadam kebakaran.

Petugas senior Adcox (Scott Glenn) yang pernah jadi anak buah ayah mereka, merasa khawatir akan metode yang dijalankan Stephen selama ini.

Sementara Stephen sendiri mengalami krisis rumah tangga terhadap sang istri, Helen (Rebecca De Mornay) dan putra mereka. 

Dalam waktu bersamaan, Swayzak (J.T. Walsh) melakukan kampanye sebagai wali kota dalam rencana pemotongan anggaran pemadam kebakaran.

Kampanye Swayzak menimbulkan reaksi keras, berkenaan dengan keselamatan nyawa pemadam kebakaran.

Seorang penyelidik dari Fire Department yaitu Rimgale (Robert De Niro) sedang menangani sejumlah kasus piromania, merujuk kepada seorang narapidana Ronald Bartel (Donald Suherland).

sinopsis film backdraft
Universal Pictures

Melalui asisten Swayzak bernama Jennifer (Jennifer Jason Leigh), Brian yang sedang tidak akur dengan Stephen, menerima tawaran sebagai partner Rimgale. 

Investigasi pun berlanjut sehingga terdapat dugaan seorang piromania yang sengaja menyulut sejumlah kebakaran di kota tersebut.

Selama lebih dari dua jam, kisah drama Backdraft memang fokus terhadap dua figur akak beradik Stephen dan Brian.

Adegan pembuka film ini berlangsung tragis, saat Brian kecil yang menyaksikan langsung kematian sang ayah sebagai petugas pemadam kebakaran dari jarak dekat.

Gila nya lagi, segera setelah nya wajah Brian kecil sempat difoto jurnalis dan dijadikan sampul majalah dan surat kabar.

Meski dari urutan pemeran, nama Kurt Russell muncul terlebih dahulu, namun sesungguhnya figur Brian yang diperankan William Baldwin adalah yang utama.

Sayang nya, tidak ada motif jelas bagaimana Brian memutuskan mengikuti jejak mendiang ayah nya dan Stephen sebagai petugas pemadam kebakaran.

Kontras, karena trauma masa kecil nya itu.

backdraft pemadam kebakaran
Universal Pictures

Ditambah dengan alasan tidak jelas dari Stephen yang menentang Brian agar tidak mengikuti profesi nya itu, namun hal itu masih bisa ditutupi duo performa gemilang mereka dalam berbagai konflik satu sama lain.

Dalam babak kedua, terlihat jelas bahwa Brian memilih bekerja dengan Rimgale yang berada di kubu seberang yaitu pihak Swayzak.

Kehadiran Brian dalam profesi baru, mengancam keberadaan Engine 17 dalam hal pemotongan anggaran administratif.

Meski Robert De Niro dalam film ini sebagai peran pendukung, namun karisma nya mampu memberikan warna tersendiri.

Rimgale memberikan impresi sebagai penyelidik yang memiliki dedikasi dan keberanian, tanpa terpengaruh siapa pun.

Level Remgale setara dengan Stephen di lapangan, mereka sama-sama dalam aksi heroisme memerangi piromania. 

Performa Donald Suherland sebagai seorang psikopat piromania pun patut dipuji, meski hanya mendapat peran kecil.

Backdraft secara terperinci memperlihatkan bagaimana gerak aktivitas para pemadam kebakaran, naik saat sedang santai, maupun saat panggilan darurat kebakaran.

ulasan film backdraft
Universal Pictures

Sejumlah peralatan dan perlengkapan yang dikenakan serta digunakan, tak kalah mengesankan, meski kadang terasa lebih dramatis.

Aspek paling unggul dalam film ini tentu saja banyak mise-en-scéne menakjubkan sekaligus mengerikan.

Adegan para petugas pemadam kebakaran tersebut, melakukan berbagai aksi mereka dalam lokasi kejadian, dikelilingi amukan api dan sesekali ada "backdraft".

Ada amukan api di dalam pabrik tekstil, juga di dalam apartemen.

Puncak adegan paling epik menjelang akhir cerita, adalah kebakaran besar dan berbagai semburan api, serta ledakan dahsyat di sebuah pabrik kimia.

Baca juga: Head to Head : The Poseidon Adventure (1972) vs Poseidon (2006)

Adegan yang cukup realistis itu, mungkin mewakili suasana nyata jika kita terjebak dalam kebakaran di sebuah gedung.

Suasana mencekam bagaimana api menjalar ke semua arah, menyerang apa pun disekitar nya sangat terasa, apalagi dalam film ini gunakan efek praktis non CGI.

Api dengan kebocoran gas, bahan kimia, dan bahkan arah angin, dengan cepat menjalar dan semburan nya dengan cepat terjadi.

Paling mengerikan adalah bagaimana semburan api mematikan tersebut bisa menghilang, bergerak mundur, namun sewaktu-waktu malah bisa menyerang baik dengan cepat!

Efek suara hadir pun begitu meyakinkan dan terdengar aneh, seperti campuran bunyi decit dan seperti suara orang menjerit, kadang bikin bulu kuduk merinding.

review film backdraft
Universal Pictures
 
Penggunaan efek pyro berupa api dan ledakan di film ini sungguh total dan nyata, mengingat saat itu biaya efek CGI teramat mahal dan memang terkesan palsu.

Peristiwa dalam adegan "Backdraft" terbaik dan bikin syok tentu saja, saat korban buka pintu dan semburan berupa ledakan api yang dari balik pintu, menyerang secepat kilat hingga korban terpental.

Hal tersebut tidak diperlihatkan dalam satu sudut saja, namun dalam adegan lain disorot dari arah datangnya ledakan api, saat meledak di sebuah gedung teater.

Meski alur cerita agak tanggung dan terasa janggal saat menjelang konklusi, film Backdraft dengan fantastis memberikan efek visual dan suara di luar dugaan.

Adapun scoring memikat dari Hans Zimmer terhadap dramatisasi berbagai momen, baik dari aksi laga maupun tragedi, tak kalah emosi nya.

Backdraft merupakan salah satu film heroisme pemadam kebakaran hadapi kasus piromania, melalui eksploitasi amukan api.

Film ini juga memberikan narasi yang cukup impresif, meski masih ada sedikit kekurangan.

Demikian sinema drama review Backdraft, tentang piromania dan heroisme petugas pemadam kebakaran.

Score : 3 / 4 stars

Backdraft | 1991 | Drama, Disaster, Thriller | Pemain: Kurt Russell, William Baldwin, Scott Glenn, Jennifer Jason Leigh, Rebecca De Mornay, Donald Suherland, Robert De Niro, J.T. Walsh | Sutradara: Ron Howard | Produser: Richard B. Lewis, John Watson, Pen Densham, Brian Grazer | Penulis: Gregory Widen | Musik: Hans Zimmer | Sinematografi: Mikael Salomon | Distributor: Universal Pictures | Negara: Amerika Serikat | Durasi: 137 Menit

Comments