Top Gun (1986) : Film Aviasi Militer Modern Terpopuler dan Ikonik

top gun aviasi militer modern populer ikonik
Paramount Pictures

I feel the need … the need for speed!

Sinema drama aksi petualangan review 
Top Gun, film aviasi militer modern terpopuler dan ikonik.

Top Gun boleh dikatakan sebagai salah satu film aviasi militer modern terpopuler dan ikonik yang mengeksploitasi petualangan seorang pilot.

Tentu saja film ini juga menyajikan sejumlah aksi laga pesawat tempur, dalam latihan maupun kombatan di udara.

Jika Top Gun menggunakan pesawat tempur F-14 Tomcat, maka di tahun yang sama sebuah film sejenis yakni Iron Eagle menggunakan pesawat F-16 Fighting Falcon

Film kecil selanjutnya yakni Flight of the Intruder (1991) menggunakan pesawat A-6 Intruder.

Sedangkan film Firefox (1982) dan Stealth (2006) menggunakan pesawat tempur fiktif, lalu selebihnya banyak film sejenis yang dirilis dengan latar Perang Dunia II.

Karir Tom Cruise serta sineas Tony Scott melambung, berkat kesuksesan film ini dalam meraih pendapatan besar. 

Meski secara kritik kurang memuaskan, ironisnya Top Gun malah masuk ke dalam National Film Registry sebagai sesuatu yang signifikan secara kultural, historikal, serta estetika.

Baca juga: Top Gun: Maverick (2022), Sekuel Unggul Melebihi Aspek Nostalgia

Film yang terinspirasi dari sebuah artikel tersebut, mengisahkan seorang Pilot Angkatan Laut terbaik di kapal induk USS Enterprise, yakni Letnan Pete “Maverick” Mitchell (Tom Cruise).

Ia bersama rekannya Letnan Nick “Goose” Bradshaw (Anthony Edwards), dikirim untuk sebuah pelatihan khusus yang dinamakan Top Gun.

Di sebuah bar, Maverick mencoba mendekati seorang wanita yang ternyata salah seorang instruktur Top Gun bernama Charlotte “Charlie” Blackwood (Kelly McGillis).

Charlie yang terkesan jaga image, diam-diam terkesan dengan keberanian manuver yang pernah dilakukan Maverick saat pernah berkonfrontasi dengan pesawat MiG.

review film top gun
Paramount Pictures

Saat sedang latihan pun, Maverick mengalahkan seorang instruktur pilot berpangkat Letnan Komandan, namun tindakannya dinilai melanggar aturan standar penerbangan militer.

Akibatnya, ia hingga ditegur oleh Kepala Instruktur Komandan Mike “Viper” Matcalf (Tom Skerritt).

Meski Maverick dianggap yang paling nekat dalam bertindak serta menjadi salah satu yang terbaik, ada seorang pesaing tangguh yakni Letnan Tom “Iceman” Kazansky (Val Kilmer).

Ingin menjadi yang terbaik, keduanya saling tidak menyukai satu-sama lain.

Top Gun pada dasarnya adalah film drama dengan sentralisasi figur Maverick sebagai seorang pilot pesawat tempur dengan pembuktian diri sebagai yang terbaik.

Kemampuan mematikan itu rupanya tertular dari mendiang ayahnya yang juga seorang pilot, melalui serangkaian aksi laga baik dalam latihan maupun pertempuran udara.

Akibatnya, ia sering melanggar regulasi standar penerbangan pesawat tempur yang terlihat jelas dari kacamata Kepala Instruktur Viper.

Bahkan Ice yang pertama kali menyebut Maverick adalah seseorang yang berbahaya di udara, serta rekan Maverick bernama Goose kadang terasa cemas.

Sejumlah intrik tersebut diperumit oleh hubungan romansa antara Maverick yang cenderung dinilai egosentris dengan Charlie yang jatuh cinta padanya.

Mereka sebelumnya sempat berkonflik dalam ‘drama’ argumentasi dalam sesi kelas pelatihan.

sinopsis alur film top gun
Paramount Pictures

Top Gun merupakan kombinasi antara semangat membara, aksi laga dan gaya, kesenangan, tragedi dan kesedihan, kejatuhan serta kebangkitan kembali secara heroik, tipikal film Hollywood.

Lalu, apa yang menjadikan Top Gun begitu istimewa? 

Duo penulis Cash dan Epps Jr. mengembangkan sebuah narasi menjadi kisah menarik, dengan alur yang enak untuk diikuti.

Transisi antar adegannya pun dieksekusi secara apik, sehingga mampu memberikan berbagai rasa yang pas terhadap sejumlah kombinasi elemen.

Adegan dramatis sangat terasa dalam kondisi naik maupun turun yang dialami para figurnya, berkat visi brilian Tony Scott.

Baca juga: Revenge (1990) : Perselingkuhan, Kehormatan dan Balas Dendam

Hal tersebut tentu saja diwarnai oleh hampir setiap visual menarik dan menakjubkan melalui sinematografer Jeffrey L. Kimball.

Sajian fantastis dimulai dalam adegan dogfight atau pertempuran di udara, baik dalam latihan maupun pertempuran antara F-14 dengan MiG-28.

Pergerakan kamera steady dalam berbagai sekuen pun sangat terasa jelas, mampu menuntun audiens untuk menikmati setiap adegan di udara, sehingga sangat terasa perbedaan objek dengan lingkungan sekitar.

Juga berbagai setting pendukung lainnya, seperti saat Maverick mengendarai motornya dengan kencang, maupun suasana menjelang senja di pemukiman Angkatan Udara lengkap dengan jajaran pohon palem serta pantainya.

Selain itu adegan percintaan antara Maverick dengan Charlie dengan visual siluet, diiringi lagu "Take My Breath Away" yang dibawakan Berlin, sungguh artistik.

aviasi populer ikonik film top gun
Paramount Pictures

Lagu tersebut sukses meraih penghargaan Oscar dan Golden Globes sebagai Best Original Song.

Meski diperankan oleh sejumlah aktor-aktris ternama saat itu, performa mereka masing-masing terkesan biasa saja, meski ada beberapa one-liner dialog signifikan. 

Hanya energi seorang Tom Cruise menegaskan untuk pertama kalinya sebagai seorang aktor muda yang patut menjadi "One Man Show".


Selain performa Cruise, tema musik dan soundtrack lagu yang begitu menghidupkan nyawa film Top Gun

Adegan pembuka berupa hiruk-pikuk para kru mempersiapkan pesawat tempur yang lepas landas di atas kapal induk.

Diiringi dengan aransemen musik dari Harold Feltermeyer yang dikenal sebelumnya dalam Beverly Hills Cop (1984), melodi gitar pun membahana.

Juga suara supersonik dari semburan mesin jet F-14, dipadukan dengan sejumlah lagu hard rock, diantaranya "Danger Zone" yang dilantunkan Kenny Loggins yang diputar beberapa kali.

Tak lupa juga ada lagu "Mighty Wings" yang dibawakan Cheap Trick.

Selain itu di saat sedang ada tragedi dan kesedihan, aransemen musiknya pun begitu sentimentil sehingga mampu meluapkan emosi.

Film Top Gun seharusnya disukai oleh semua orang yang gemar terhadap pesawat tempur 
sebagai film aviasi militer modern terpopuler dan ikonik.

Sejumlah aksi kejar-kejaran dan manuver pesawat tempur di udara, serta drama pelatihan para pilot maupun aktivitas di atas sebuah kapal induk, merupakan kombinasi pas di film ini. 

Demikian sinema drama aksi petualangan review Top Gun, film aviasi militer modern terpopuler dan ikonik.

Score: 3.5 / 4 stars

Top Gun | 1986 | Drama, Aksi Laga | Pemain: Tom Cruise, Kelly McGillis, Val Kilmer, Anthony Edwards, Tom Skerritt, Meg Ryan | Sutradara: Tony Scott | Produser: Don Simpson, Jerry Bruckheimer | Penulis: Jim Cash, Jack Epps Jr. | Musik: Harold Feltermeyer | Sinematografi: Jeffrey L. Kimball | Distributor: Paramount Pictures | Negara: Amerika Serikat | Durasi: 110 Menit

Comments