10 Karakter Wanita Heroik dalam Film

sepuluh karakter film wanita heroik

Menonton film seharusnya menjadi sesuatu yang menyenangkan dari tiga sisi, yakni pihak studio sebagai pemilik film, pihak media dalam mempromosikan serta mengulas filmnya, maupun publik sebagai penontonnya.

Mulai dari promosi, penayangan di bioskop hingga kritik melalui sejumlah media besar, sebuah kontroversi negatif bakal merusak semua pihak, apalagi jika diselipkan berupa politik identitas.

Terlepas dari kesalahan siapa atau konspirasi apapun, dari pencapaian sejumlah film kontroversial yang melibatkan karakter wanita ‘heroik’, pada akhirnya penggemarlah yang menentukan apakah film tersebut layak atau tidaknya.

Bahkan mungkin saja suara para kritikus pun sudah dianggap tidak sah, mengingat tudingan adanya kejanggalan yang kontradiktif dengan penilaian audiens di seluruh dunia.

Atas reaksi berkenaan dengan film-film tersebut, berikut adalah daftar 10 karakter wanita heroik dalam film sebagai sesuatu yang murni dan ikonik, serta diterima oleh banyak orang secara global.

Adapun kriteria penilaiannya yakni sebagai berikut: Berperan sebagai pahlawan ikonik, selalu dikenang dan digemari oleh publik, formatnya berupa live-action dan film lepas, serta posisi karakter utama atau karakter pendamping (sidekick) yang signifikan sekaligus berperan sebagai karakter kunci.

Tentu saja mereka berasal dari sejumlah film populer atau yang berstatus cult.
 
karakter wanita heroik dalam film
All character based on each of their own licence respectively

Selain itu, terdapat beberapa karakter signifikan berdasarkan adaptasi komik superhero dan video game seperti: Wonder Woman, Catwoman, Supergirl, Black Widow hingga Lara Croft serta Alice dan Jill Valentine.

Akhirnya sampai juga pada daftar 10 Karakter Wanita Heroik dalam Film:


karakter wanita heroik the bride
Miramax Pictures
10. Beatrix Kiddo a.k.a. The Bride (Umma Thurman)
Kill Bill Volume 1 (2003), Kill Bill Volume 2 (2004)

Beatrix Kiddo merupakan seorang pejuang tangguh yang membalaskan dendamnya atas kematian seluruh keluarganya terhadap komplotan kriminal “Vipers” yang dipimpin oleh Bill.

Melalui keahlian ilmu bela dirinya, ia tak gentar menghadapi para lawannya, meski Bill pernah mengadopsinya sehingga timbullah sebuah ikatan dinamis emosional diantra keduanya.

 
karakter wanita heroik laurie strode
Universal Pictures
9. Laurie Strode (Jamie Lee Curtis)
Halloween (1978), Halloween II (1981), Halloween H20 : 20 Years Later (1998), Halloween (2018)
Laurie Strode awalnya merupakan salah satu korban sasaran Michael Myers yang selamat dalam dua kali pembantaian di malam Halloween, hingga 20 tahun berselang Laurie terpaksa kembali berhadapan dengan Myers demi melindungi putra semata wayangnya yang telah remaja.

Maka, dalam sekuel langsung, 40 tahun kemudian Laurie telah menjadi seroang nenek tangguh traumatis yang siap menghadapi Myers guna memastikan bahwa putri serta cucu perempuannya selamat.


karakter wanita heroik clarice starling
Orion Pictures
8. Clarice Starling (Jodie Foster, Julianne Moore)
The Silence of the Lambs (1991), Hannibal (2001)
Clarice M. Starling merupakan salah satu wanita muda dengan karir cemerlang sebagai agen FBI yang saat itu didominasi oleh kaum pria. Starling bisa membuktikan, meski ia hanya berstatus magang, namun performa impresifnya dalam menangkap seorang pembunuh maniak bernama Buffalo Bill patut diacungi jempol.

Namun berkat keberanian serta kecerdikannya-lah, Starling mampu mendapat petunjuk penting melalui seorang psikopat jenius yang menakutkan bernama Dr. Hanniball Lecter.


karakter wanita heroik katniss everdeen
Lionsgate
7. Katniss Everdeen (Jennifer Lawrence)
The Hunger Games (2012), The Hunger Games : Catching Fire (2013), The Hunger Games : Mockingjay – Part 1 (2014), The Hunger Games : Mockingjay – Part 2 (2015)
Katniss Everdeen awalnya sungguh tidak beruntung saat terundi mengikuti sebuah permainan berbahaya yakni The Hunger Games, akibat menjadi sukarelawan guna menggantikan tempat adiknya.

Perlahan, berbagai keahlian sekaligus mental dan karakternya mulai terbentuk dalam proses meraih sejumlah kemenangan berserta kedua rekannya. Hingga akhirnya ia termotivasi mencapai sebuah tujuan besar terhadap kesewenangan Presiden Snow yang kejam.


karakter wanita heroik nikita and maggie
Warner Bros Pictures,
Gaumont Film Company, Les Film Du Loup, Cecchi Gori Group Tiger, Cinematografica
6. Nikita (Anne Parillaud) / Maggie Hayward (Bridget Fonda)
Nikita (1990) / Point of No Return (1993)
Nikita / Maggie mengalami perubahan radikal dalam kehidupan putus asa di jalanan, hingga menjadi seseorang yang terangkat derajatnya berkat karantina serta serangkaian pelatihan guan menjadi seorang agen pembunuh bayaran pemerintah.

Perkembangan psikologis Nikita / Maggie pun kian nyata setelah ia mempertanyakan motif aktivitas yang harus ia lakukan dalam menghilangkan nyawa seseorang, sementara ia sendiri telah menemukan kehidupan baru yang normal termasuk cinta sejati yang membuatnya bahagia.


karakter wanita heroik juno
Fox Searchlight
5. Juno MacGuff (Ellen Page)
Juno (2007)
Juno MacGuff adalah seorang gadis remaja berusia 16 tahun yang harus segera bertindak layaknya orang dewasa dalam mengambil keputusan tentang masa depannya yang prematur, akibat hamil muda diluar rencana yang kini dirasakan seperti bencana.

Tindakannya yang begitu mulia dan nuraninya yang manusiawi, berdasarkan tanggung jawab moral dengan menghindari aborsi, sekaligus menemukan pasangan suami-istri yang siap mengadopsi bayinya itu. Meski mulai itmbul problema baru, namun Juno tetap optimis dan yakin akan buah perjuangannya tersebut.


karakter wanita heroik alita
20th Century Fox
4. Alita (Rosa Salazar)
Alita : Battle Angel (2019)
Alita adalah cyborg yang dtemukan kemudian diadopsi oleh Dr. Ido, sehingga membangkitkan kembali memori manusiawinya sekaligus berusaha mengingat kembali masa lalunya guna mempertanyakan jati dirinya sendiri sekaligus tujuan mengapa ia diciptakan.

Sebagai cyborg pejuang yang memiliki kekuatan langka dan terbaik, Alita memiliki sisi manusiawi yang begitu nyata dan emosional, sehingga sulit membedakannya dengan manusia biasa. Ulasan lengkapnya ada disini.

 
karakter wanita heroik princess leia
Lucasfilm, 20th Century Fox
3. Leia Organa (Carrie Fisher)
Star Wars (1977), The Empire Strikes Back (1980), Return of the Jedi (1980), Star Wars : The Force Awakens (2015), Star Wars : The Last Jedi (2017)

Sebagai seorang Princess dalam trilogi orisinal dalam memimpin Rebel Alliance terhadap kekejaman The Empire, hingga menjadi seorang Jenderal dari The Resistence, perjuangan panjang Leia Organa memang ditakdirkan sebagai seorang wanita pejuang tak kenal putus asa, karena selalu ada harapan baru.

Mulai dari penolakan aliansi yang ditawarkan Darth Vader terhadapnya, hubungan romansa tarik-ulur dengan Han Solo, hingga ikatan kuatnya dengan Luke Skywalker, menjadikan dirinya begitu disegani sebagai seorang wanita mempesona yang gemar akan berbagai tantangan besar.
Ulasan lengkapnya ada disini.


karakter wanita heroik sarah connor
TriStar Pictures
2. Sarah Connor (Linda Hamilton)
The Terminator (1984), Terminator 2 : Judgment Day (1991)
Awalnya Sarah Connor tidak pernah menyangka sekaligus berusaha menghindar, serta menyangkal terhadap takdirnya di masa depan berkenaan dengan putranya yakni John Connor sebagai pemimpin umat manusia melawan kekejaman jaringan siber pemusnah dunia.

Melalui Kyle Reese, ia mulai memahami ancaman The Terminator dan harus menghadapinya, sehingga saat John lahir, ia pun mulai mempersiapkan segalanya mencegah hari kiamat, termasuk transformasi dirinya menjadi seorang wanita gerilya ala militer.
Ulasan lengkapnya ada disini.

 

Sebelum memasuki daftarnya, berikut adalah deretan honorable mention:

karakter wanita heroik honorable mention
Each of character based on their own licence respectively

Æon Flux dalam Æon Flux (2005), Selene dalam Underworld Series, Foxy Brown dalam Foxy Brown (1974), Imperator Furiosa dalam Mad Max : Fury Road (2015), Buffy Anne Summers dalam Buffy the Vampire Slayer (1992) dan serial televisinya (1997-2003), Hermione Granger dalam Harry Potter Series, hingga Lisbeth Salander dalam The Girl with the Dragon.


karakter wanita heroik ellen ripley
20th Century Fox
1. Ellen Ripley (Sigourney Weaver)
Alien (1979), Aliens (1986), Alien3 (1992), Alien : Resurrection (1997)

Sebagai salah satu awak pesawat kargo luar angkasa yang berhasil mempertahankan diri dari teror mahluk asing, Ellen Louise Ripley memiliki trauma yang sulit dilupakan hingga sebuah misi memaksanya kembali berhadapan dengan mahluk tersebut dalam jumlah yang banyak.

Ellen Ripley yang telah berpengalaman, malah bisa mengungguli para serdadu bayaran untuk membasmi para mahluk serangga ganas tersebut, sekaligus menyelamatkan seroang gadis cilik yang tersesat, atas dasar insting keibuannya yang harus ia lindungi hingga akhir.

Comments