10 Karakter Wanita Heroik dalam Film

sepuluh karakter film wanita heroik

Daftar sinema sepuluh karakter wanita heroik dalam film.

Menonton film seharusnya menjadi sesuatu yang menyenangkan, termasuk menyangkut karakter wanita heroik dalam film.

Ada tiga hal yang menentukan, yaitu dari pihak studio sebagai pemilik film, pihak media dalam promosi dan ulasan film, serta publik sebagai penonton.

Politik identitas itu merusak seluruh proses film sehingga timbulkan kontroversi dan memecah belah penggemar, apalagii terhadap waralaba populer.

Politik identitas itu salah satunya adalah gender, dalam hal ini karakter wanita sebagai figur utama nya. 

Pada akhirnya, penggemar dan penonton awam yang dapat menentukan nilai akhir itu, apakah film nya layak atau tidak hingga beberapa waktu ke depan. 
 

Semua kontroversi itu adalah kontrol pihak perusahaan besar, dalam hal ini studio melalui aktor utama dan media melalui kritik, guna mempengaruhi opini publik.

Atas reaksi tersebut, berikut adalah daftar sepuluh karakter wanita heroik dalam film yang saya nilai murni dan ikonik, serta diterima 
publik global secara terbuka.

Adapun kriteria penilaian sebagai berikut: 

Karakter figur berperan sebagai pahlawan ikonik, selalu dikenang dan digemari publik, format film berupa live-action dan film lepas, posisi figur tersebut bisa sebagai sosok utama atau pendamping yang signifikan sekaligus berperan sebagai karakter kunci.

Tentu saja mereka berasal dari sejumlah film populer atau yang berstatus cult.
 
karakter wanita heroik dalam film
All character based on each of their own licence respectively

Selain itu, ada sejumlah karakter signifikan berdasarkan adaptasi komik superhero dan game seperti: Wonder Woman, Catwoman, Supergirl, Black Widow hingga Lara Croft, serta Alice dan Jill Valentine.

Akhirnya sampai juga pada daftar 10 Karakter Wanita Heroik dalam Film:

karakter wanita heroik the bride
Miramax Pictures
10. Beatrix Kiddo a.k.a. The Bride (Umma Thurman)

Kill Bill Volume 1 (2003), Kill Bill Volume 2 (2004)

Beatrix Kiddo adalah seorang pejuang tangguh yang punya misi balas dendam.

Ia menagih tanggung jawab kepada kelompok kriminal Vipers yang dipimpin Bill, atas kematian seluruh keluarga nya.

Melalui keahlian ilmu bela, The Bride tak gentar hadapi para lawan, meski Bill pernah mengadopsi dirinya, sehingga timbul ikatan dinamis emosional diantara keduanya.
 
karakter wanita heroik laurie strode
Universal Pictures
9. Laurie Strode (Jamie Lee Curtis)

Halloween (1978), Halloween II (1981), Halloween H20: 20 Years Later (1998), Halloween (2018)

Laurie Strode awalnya merupakan salah satu korban sasaran Michael Myers yang selamat dalam dua kali pembantaian di malam Halloween.

Dua puluh tahun berselang, Laurie harus kembali berhadapan dengan Michael Myers demi melindungi sang putra tunggal yang telah remaja.

Maka, dalam sekuel langsung, empat puluh tahun kemudian, Laurie Strode telah menjadi seorang nenek tangguh namun punya trauma yang siap hadapi Michael Myers guna memastikan bahwa sang putri serta cucu nya selamat.

karakter wanita heroik clarice starling
Orion Pictures
8. Clarice Starling (Jodie Foster, Julianne Moore)

The Silence of the Lambs (1991), Hannibal (2001)

Clarice M. Starling adalah salah satu wanita muda dengan karir cemerlang sebagai agen FBI yang saat itu didominasi kaum pria.

Clarice Starling bisa membuktikan, meski seorang agen magang, namun performa impresif ia tunjukkan saat mampu tangkap pembunuh maniak yaitu Buffalo Bill.

Berkat keberanian serta kecerdikan yang dimiliki nya, Clarice Starling mampu mendapatkan petunjuk penting melalui dominasi seorang psikopat jenius Dr. Hanniball Lecter.

karakter wanita heroik katniss everdeen
Lionsgate
7. Katniss Everdeen (Jennifer Lawrence)

The Hunger Games (2012), The Hunger Games : Catching Fire (2013), The Hunger Games : Mockingjay – Part 1 (2014), The Hunger Games : Mockingjay – Part 2 (2015)

Katniss Everdeen awalnya sungguh tidak beruntung saat mendapatkan undian mengikuti permainan berbahaya The Hunger Games.

Ia sukarela mengorbankan dirinya sendiri, untuk menggantikan tempat sang adik.

Perlahan namun pasti, berbagai keahlian sekaligus mental dan karakter dirinya mulai terbentuk dalam proses meraih sejumlah kemenangan bersama dua orang rekan. 

Katniss Everdeen akhirnya punya rmotivasi untuk mencapai tujuan besar, yaitu menjatuhkan kekuasaan Presiden Snow yang kejam.

karakter wanita heroik nikita and maggie
Warner Bros Pictures,
Gaumont Film Company, Les Film Du Loup, Cecchi Gori Group Tiger, Cinematografica
6. Nikita (Anne Parillaud) dan Maggie Hayward (Bridget Fonda)

Nikita (1990), Point of No Return (1993)

Dua karakter figur dalam dua film berlainan, Nikita dan Maggie mengalami perubahan radikal dalam kehidupan putus asa dari jalanan.

Ia menjadi seseorang yang terangkat derajat nya berkat karantina serta serangkaian pelatihan guna menjadi seorang agen pembunuh bayaran pemerintah.

Perkembangan psikologis Nikita dan Maggie kian nyata setelah ia mempertanyakan motif aktivitas dalam menghilangkan nyawa seseorang, sementara dirinya telah menemukan kehidupan baru yang normal termasuk kebahagiaan akan cinta sejati.

Film Nikita merupakan produksi Perancis dan diadaptasi ulang Hollywood melalui Point of No Return tentunya melalui karakter berbeda.


karakter wanita heroik juno
Fox Searchlight
5. Juno MacGuff (Ellen Page)

Juno (2007)

Juno MacGuff adalah gadis remaja berusia 16 tahun yang harus segera bertindak layaknya orang dewasa.

Ia berada dalam dilema terhadap masa depan prematur, akibat hamil muda diluar rencana yang dirasakan seperti bencana.

Tindakan Juno begitu mulia dan punya nurani yang manusiawi, berdasarkan tanggung jawab moral dengan menghindari praktek aborsi, sekaligus menemukan pasangan suami istri yang siap mengadopsi sang bayi. 

Meski timbul problema baru, namun Juno tetap optimis dan yakin akan buah perjuangan tanpa percuma.

karakter wanita heroik alita
20th Century Fox
4. Alita (Rosa Salazar)

Alita: Battle Angel (2019)

Alita adalah cyborg yang dtemukan dan diadopsi Dr. Ido, sehingga membangkitkan kembali memori manusiawi.

Alita berupaya mengingat kembali masa lalu nya guna mempertanyakan jati diri, sekaligus tujuan mengapa ia diciptakan.

Sebagai cyborg pejuang yang memiliki kekuatan langka dan terbaik, Alita memiliki sisi manusiawi nyata dan emosional, sehingga sulit membedakan dirinya dengan manusia biasa. Ulasan lengkapnya ada disini.
 
karakter wanita heroik princess leia
Lucasfilm, 20th Century Fox
3. Leia Organa (Carrie Fisher)

Star Wars (1977), The Empire Strikes Back (1980), Return of the Jedi (1980), Star Wars: The Force Awakens (2015), Star Wars: The Last Jedi (2017)

Princess Leia Organa memimpin Rebel Alliance terhadap kekejaman The Empire, hingga menjadi seorang Jenderal. 

Ia memang ditakdirkan sebagai seorang wanita pejuang tak kenal putus asa, karena selalu ada harapan baru.

Mulai dari penolakan aliansi yang ditawarkan Darth Vader, romansa dinamis dengan Han Solo, hingga ikatan kuat dengan Luke Skywalker, menjadikan Princess Leia begitu disegani sebagai wanita penuh pesona tapi gemar tantangan besar.
Ulasan lengkapnya ada disini.

karakter wanita heroik sarah connor
TriStar Pictures
2. Sarah Connor (Linda Hamilton)

The Terminator (1984), Terminator 2 : Judgment Day (1991)

Awalnya Sarah Connor tidak pernah menyangka bahkan berupaya menghindari takdir di masa depan.

Ia adalah sang ibu dari pemimpin tangguh masa depan, John Connor dalam melawan kekejaman jaringan siber pemusnah umat manusia.

Melalui sosok Kyle Reese, Sarah Connor mulai memahami ancaman The Terminator dan harus siap menghadapi nya, sehingga saat John lahir, ia sudah mempersiapkan segalanya mencegah hari kiamat.

Salah satu persiapan adalah transformasi dirinya menjadi seorang wanita gerilya ala militer. Ulasan lengkapnya ada disini.
 
Sebelum memasuki daftarnya, berikut adalah deretan honorable mention:

karakter wanita heroik honorable mention
Each of character based on their own licence respectively

Æon Flux dalam Æon Flux (2005), Selene dalam Underworld Series, Foxy Brown dalam Foxy Brown (1974), Imperator Furiosa dalam Mad Max: Fury Road (2015), Buffy Anne Summers dalam Buffy the Vampire Slayer layar lebar dan serial, Hermione Granger dalam Harry Potter Series, hingga Lisbeth Salander dalam The Girl with the Dragon.

karakter wanita heroik ellen ripley
20th Century Fox
1. Ellen Ripley (Sigourney Weaver)

Alien (1979), Aliens (1986), Alien3 (1992), Alien : Resurrection (1997)

Ellen Louise Ripley adalah salah satu kru pesawat kargo luar angkasa yang tidak pernah siap hadapi mahluk asing mematikan.

Ia akhirnya berhasil mempertahankan diri namun kemudian punya trauma yang sulit dilupakan, saat kembali hadapi para Xenomorph ganas.

Keunggulan Ellen Ripley selain punya berpengalaman, juga kecerdasan dalam upaya kelabui para Xenomorph yang tak kalah cerdas dengan manusia.

Hal itu ia buktikan dihadapan para prajurit serta koloni yang didominasi lelaki tangguh.

Naluri keibuan dirinya juga sangat kuat, saat ia berupaya kuat selamatkan gadis cilik yang tersesat seakan seperti putrinya sendiri yang ia tinggali di Bumi.

Itulah daftar sinema sepuluh karakter wanita heroik dalam film.

Comments