10 Karakter Wanita Heroik dalam Film


Menonton film seharusnya menjadi sesuatu yang menyenangkan dari dua sisi, yakni pihak studio sebagai pemilik film, maupun publik sebagai penontonnya. Mulai dari promosi, penayangan hingga kritik ataupun ulasan film, sebuah kontroversi negatif bakal merusak semua pihak, apalagi jika dimanfaatkan oleh segelintir oknum yang let sayplaying victim! Akibatnya, publik pun kesal dan yang dirugikan tentu saja pihak studio itu sendiri yang sudah bersusah payah menggelontorkan sejumlah dana tertentu.

Terlepas dari kesalahan siapa atau konspirasi apapun, mulai dari hasil pencapaian sejumlah film seperti Ghostbusters (2006), Star Wars Episode VIII : The Last Jedi (2017), Ocean's 8 (2018) hingga Captain Marvel (2019), pada akhirnya fans-lah yang menentukan apakah film tersebut layak atau tidaknya. Bahkan mungkin saja suara para kritikus pun sudah dianggap tidak valid, mengingat tudingan adanya kejanggalan yang kontradiktif dengan penilaian para fans di seluruh dunia.

Atas reaksi berkenaan dengan film-film tersebut, berikut adalah daftar 10 karakter wanita heroik dalam film. Adapun kriteria penilaiannya adalah sebagai berikut : Berperan sebagai pahlawan ikonik, memorable serta disukai oleh fans, filmnya berupa live-action dan film lepas, posisi karakter utama atau karakter pendamping (sidekick) yang signifikan sekaligus berperan sebagai karakter kunci, serta filmnya populer atau bisa berstatus cult.

Adapun karakter signifikan berdasarkan komik superhero dan video game :

Warner Bros, Columbia Pictures, EMI, Disney,
Paramount Pictures, United International Pictures, Screen Gems

Diana Prince (Gal Gadot) di film Wonder Woman (2017), Wonder Woman 1984 (2020), serta di dua film DC Extended Universe. Cathy Lee Crosby di film televisi (1974) dan Lynda Carter di serial televisi (1975-1979). Kara Zor-El/Linda Lee/Supergirl (Helen Slater) di film Supergirl (1984) dan Kara Danvers/Supergirl (Melissa Benoist) di serial televisinya (2015-kini). Natalia Romanova/Natasha Romanoff/Black Widow (Scarlett Johansson), di beberapa filmnya Marvel Cinematic UniverseLara Croft (Angelina Jolie) di dua film Tomb Raider dan Alicia Vikander di versi reboot, serta karakter Alice (Milla Jovovich) di film Resident Evil Series.

Sebelum memasuki daftarnya, berikut adalah honorable mention-nya :

Paramount Pictures, Screen Gems, American International Pictures,
Warner Bros, 20th Century Fox, Columbia Pictures

Æon Flux (Charlize Theron) Æon Flux (2005)
Selene (Kate Beckinsale) Underworld Series
Foxy Brown (Pam Grier) Foxy Brown (1974)
Imperator Furiosa (Charlize Theron) Mad Max : Fury Road (2015)
Buffy Anne Summers (Kristy Swanson, Sarah Michelle Gellar) Buffy the Vampire Slayer (1992) dan serial televisinya (1997 – 2003)
Hermione Granger (Emma Watson) Harry Potter Series
Lisbeth Salander (Noomi Rapace, Rooney Mara, Claire Foy) The Girl with the Dragon Tattoo (2009), The Girl with the Dragon Tattoo (2011), The Girl in the Spider’s Web (2018).

Akhirnya sampai juga pada daftar kesepuluh Karakter Wanita Heroik dalam Film :

10. Beatrix Kiddo a.k.a. The Bride (Umma Thurman) Kill Bill Volume 1 (2003), Kill Bill Volume 2 (2004)
Miramax Pictures

Beatrix Kiddo menggunakan nama samaran dan menjalani hidup normal ketika menikah dengan sang suami. Bersamaan dengan itu, datanglah kelompok penjahat Vipers yang menewaskan suaminya dan menembak dirinya hingga koma. Kiddo membalas dendam terhadap Bill pimpinan Vipers, atas perbuatan mereka itu. Rupanya sebuah flashback mengisahkan koneksi antara Kiddo dengan Bill, serta bahkan masa kecil Kiddo yang kelam. Dengan keahlian bela diri Kung Fu dengan salah satu metode mematikan yang dipelajari dari gurunya yakni Pai Mei, Kiddo pun satu-persatu berusaha menghabisi Bill dan kelompok Vipers. Kiddo kerap disebut “The Bride” karena ‘reinkarnasi’nya setelah saat ia sedang menikah lalu dibantai olek kelompok Vipers. Bagaikan hidup kembali dan mulai dari awal, Beatrix Kiddo mengaktifkan dirinya kembali menjadi seorang pejuang tangguh yang mematikan bagi lawan-lawannya.


9. Laurie Strode (Jamie Lee Curtis) Halloween (1978), Halloween II (1981), Halloween H20 : 20 Years Later (1998), Halloween (2018)
Universal Pictures

Laurie Strode adalah seorang gadis remaja yang berprofesi sebagai babysitter di malam harinya, yang dengan segala cara berhasil ia tempuh untuk menghindari dari usaha pembunuhan yang dilakukan Michael Myers terhadapnya, bahkan hingga dua kali kejadian! Setelah sekian lama, insting Laurie kian terasah akibat sebuah trauma serta mempersiapkan segalanya untuk kembali menghadapi Myers dengan perhitungan matang. Laurie Strode dan Michael Myers adalah dua kekuatan yang boleh dikatakan seimbang dalam sebuah konfrontasi di film terakhir. Meski Laurie telah memiliki seorang anak dan cucu, serta dianggap terlalu protektif sekaligus mengalami delusi atau paranoia, namun tujuan akhir Laurie sangatlah simple, yakni memastikan bahwa keluarganya aman terhadap teror yang dilakukan Myers.


8. Clarice Starling (Jodie Foster, Julianne Moore) The Silence of the Lambs (1991), Hannibal (2001)
Orion Pictures

Seorang wanita yang magang di FBI bernama Clarice M. Starling merupakan wanita cerdas dan ambisius yang rupanya akan berkarir cemerlang. Namun pertemuannya dengan seorang kriminal jenius sekaligus seorang kanibal mengerikan, yakni Dr. Hannibal Lecter, menghadirkan berbagai intrik dan gesekan menarik sekaligus perang psikologis diantara keduanya. Starling yang melacak seorang pembunuh berantai bernama Buffalo Bill, harus menggali inofrmasi lebih detail hanya kepada Hannibal yang rupanya memiliki agenda tersembunyi dan selalu ‘mengerjai’nya. Saat Sterling telah resmi menjadi agen FBI pun, ia kembali harus menghadapi sekaligus menangkap Hannibal yang telah melarikan diri, melalui sebuah permainan ‘petak umpet’. Clarice Starling adalah seorang wanita yang tidak bisa diremehkan begitu saja oleh lawan-lawannya, berkat kecerdikan dan keberaniannya dalam menghadapi musuh besarnya sekalipun.


7. Katniss Everdeen (Jennifer Lawrence) The Hunger Games (2012), The Hunger Games : Catching Fire (2013), The Hunger Games : Mockingjay – Part 1 (2014), The Hunger Games : Mockingjay – Part 2 (2015)
Lionsgate Films

Katniss Everdeen adalah seorang gadis yang ‘dipaksa’ menjadi pahlawan karena keadaan yang menjepitnya dari semua sisi. Hidup dalam era futuristik yang dystopian, ia tinggal di area ‘terbuang’ bernama District 12 bangsa Panem. Tak rela adiknya yang terpilih harus mengikuti the Hunger Games, sebuah permainan brutal dengan saling menewaskan pesertanya satu sama lain, Katniss secara sukarela menggantikan posisi adiknya itu. Berkat kemahirannya dalam memanah, ia berhasil menjadi salah satu survivor permainan tersebut, bersama dengan love interest-nya, Peeta Mellark. Dalam petualangannya, ia berhasil membangkitkan perlawanan melalui simbol Mockingjay terhadap pemerintahan Capitol yang bersifat tirani dipimpin oleh Presiden Snow. Sejak usia remajanya, Katniss Everdeen termotivasi dan perlahan mulai memberontak atas kehidupan yang lebih baik, setelah melihat kesewenangan dan ketidakadilan yang dilakukan oleh Snow terhadap penduduk bangsanya, meski harus melalui berbagai rintangan dan berbagai dilema yang menyangkut pengorbanan dirinya, keluarganya, sahabatnya dan bahkan kekasihnya.


6. Nikita (Anne Parillaud) Nikita (1990) | Maggie Hayward (Bridget Fonda) Point of No Return (1993)
Gamount Film Company, Les Films Du Loup, 
Cecchi Gori Group Tiger, Cinematographica, Warner Bros

Nikita / Maggie awalnya seorang wanita jalanan pengkonsumsi narkoba yang terlibat perampokan. Ia mendapat kesempatan kedua agar terhindar dari hukuman mati, dengan syarat bekerja dengan pemerintah sebagai seorang pembunuh bayaran. Nikita / Maggie terus dilatih dan ditempa fisik dan mentalnya, hingga mulai berubah sifat, sikap dan perilakunya menjadi lebih beradab. Saat menjalani berbagai tugasnya, ia terbebani oleh konflik batin dan nurani dalam dirinya. Sisi manusiawinya bergejolak sekaligus mempertanyakan jati dirinya, bahwa pekerjaan yang ia jalani tidaklah manusiawi, terlebih ia sedang menjalani kehidupan indah bersama seorang pria biasa. Nikita / Maggie pun merasa membohongi dirinya sendiri dan pria yang dicintainya. Bagaikan menjalani dua tahap kehidupan yang ‘kotor’, Nikita / Maggie akhirnya bertindak untuk mengakhiri hal tersebut, guna menjalani kehidupan normal yang lebih baik, meski harus mempertaruhkan nyawanya sendiri.


5. Juno MacGuff (Ellen Page) Juno (2007)
Fox Searchlight Pictures

Juno MacGuff adalah seorang gadis remaja berusia 16 tahun yang hamil gara-gara ‘kecolongan’ dengan kekasihnya. Sempat mempertimbangkan untuk mengaborsi bayi yang dikandungnya, namun Juno malah merencanakan untuk mencari orang tua pengadopsi. Melalui restu bijak sang ayah, Juno bertemu dan sepakat dengan sepasang suami-istri yang ingin mengadopsi bayinya. Namun kemudian sebuah masalah menimpa hubungan suami-istri tersebut. Juno tidak tinggal diam, ia bersikeras untuk mempertahankannya demi sang bayi yang segera akan dilahirkannya. Meski hanya seorang gadis belia, Juno memiliki kematangan layaknya seorang wanita dewasa dari pola pikir maupun nurani manusiawinya. Ia adalah tipe gadis yang belajar dari pengalaman pahit, namun mulai berubah menjadi positif dan menerima keadaan yang tetap ia syukuri.


4. Alita (Rosa Salazar) Alita : Battle Angel (2019)
20th Century Fox

Ia merupakan sosok cyborg wanita yang berasal dari reruntuhan kota Zalem dan diberi nama Alita oleh Dr. Ido yang mengaktifkan kembali dirinya. Alita merupakan teknologi yang punah sejak 300 silam, dan memiliki skill bertempur mumpuni layaknya pejuang sejati, sekaligus memiliki otak dan hati dengan kemampuan setara manusia. Dalam proses penyembuhan amnesianya, Alita berusaha untuk menemukan jati diri masa lalunya melalui serangkaian pengalaman menghadapi para penjahat dari Zalem yang dipimpin oleh Nova. Meski bukan manusia, Alita memiliki nurani dan emosi kuat dalam keterikatannya dengan figur ‘ayah’ Dr. Ido dan hubungan istimewanya dengan Hugo.  


3. Princess Leia (Carrie Fisher) Star Wars Episode IV : A New Hope (1977), Star Wars Episode V : The Empire Strikes Back (1980), Star Wars Episode VI : Return of the Jedi (1980), Star Wars Episode VII : The Force Awakens (2015), Star Wars Episode VIII : The Last Jedi (2017)
20th Century Fox

Putri dari Padmé Amidala yang diadopsi oleh Senator Bail dan Ratu Organa, Pricess Leia atau Leia Organa adalah seorang Ratu Alderaan yang juga sebagai anggota Senat Imperial. Sejak kebengisan yang dilakukan oleh pemimpin Galactic Empire bernama Darth Vader, Leia menjadi agen dan akhirnya memimpin Rebel Alliance yang dibantu oleh seorang Jedi muda bernama Luke Skywalker dan love interest-nya seorang penyelundup bernama Han Solo, untuk menentang tirani yang dilakukan oleh Vader. Perjuangan Leia tidak pernah lelah. Karisma serta kebijakan dalam keanggunannya memimpin hingga menjadi seorang General of the Resistance, terus diperjuangkan untuk melawan First Order yang dipimpin oleh Kylo Ren.


2. Sarah Connor (Linda Hamilton, Emilia Clarke, Lena Headey) The Terminator (1984), Terminator 2 : Judgment Day (1991), Terminator Genisys (2015), Terminator : The Sarah Connor Chronicles (serial televisi)
TriStar Pictures

Sebagai seorang pramusaji dan wanita biasa yang memiliki segala kekurangan dan masalah hidupnya, Sarah Jeanette Connor tiba-tiba harus menghadapi kenyataan bahwa jauh di masa depan, anaknya (John Connor) kelak akan menjadi pemimpin untuk melawan mesin cerdas (Cybernet) pemusnah umat manusia. Meski dibantu oleh Kyle Reese dalam menghadapi cyborg pembunuh, pada akhirnya tanpa persiapan apapun dan improvisasi, Sarah harus bertahan dan bahkan membasmi cyborg dengan segala cara. Alhasil, perjalanannya ke Meksiko membulatkan tekadnya untuk belajar taktik gerilya ala militer, semuanya ia lakukan untuk melindungi John Connor belia sekaligus mencegah terjadinya kiamat dengan menghancurkan Cyberdine System. Sarah Connor adalah seorang wanita yang tidak bisa menghindari takdirnya dan belajar dari pengalaman, hingga ia bertransformasi menjadi seorang pejuang tangguh.


1. Ellen Ripley (Sigourney Weaver) Alien (1979), Aliens (1986), Alien3 (1992), Alien : Resurrection (1997)
20th Century Fox

Sebagai salah satu awak pesawat kargo luar angkasa, Ellen Louise Ripley bersama dengan rekan-rekannya diteror oleh mahluk ganas. Sementara rekannya tewas satu-persatu, hanya Ripley dengan segala keterbatasan dan kecerdikannya akhirnya mampu mengalahkan mahluk tersebut. Masih dalam kondisi trauma, ia dipaksa untuk kembali berhadapan dengan para mahluk ganas tersebut bersama dengan sekelompok tentara bayaran. Dalam berbagai petualangannya, Ripley dengan tanggap mempelajari perilaku mahluk tersebut dan bagaimana cara menghadapinya. Mental Ripley kian terasah dan tangguh sejak bertempur dalam membasmi, sekaligus bahkan mampu ‘berinteraksi’ dengan mahluk tersebut. Kisah heroik yang menyentuh dan memorable adalah ketika ia menyelamatkan seekor kucing di film Alien dan menyelamatkan sekaligus melindungi seorang gadis kecil di film Aliens.


Comments