Animal House (1978) : Awal Kepopuleran Komedi Seks Remaja

animal house awal populer komedi seks remaja
Universal Pictures

Sinema drama review Animal House, awal kepopuleran komedi seks remaja.

Animal House adalah film drama komedi seks remaja yang populer dan punya pengaruh besar terhadap generasi selanjutnya. 

Genre film remaja pertama kali dimulai pada era 1950’an, melalui sejumlah film yang dibintangi Marlon Brando.

Adapun peran James Dean lebih khusus dalam eksploitasi identitas diri remaja, sebagai kontra kultur perwakilan Rebellion Youth.

Dalam dua dekade selanjutnya, terjadi revolusi seksual di Amerika yang mempersempit tema film remaja, contoh nya adalah Carnal Knowledge (1971).

Sub genre komedi remaja mulai dipopulerkan dalam film kolaborasi Francis Ford Copolla dengan George Lucas, yaitu American Graffiti (1973) dengan eksploitasi identitas, sosial, dan seksualitas.

Sedangkan film Freaky Friday (1976) cenderung kepada hubungan keluarga dengan elemen fantasi. 

Pada penghujung era tersebut, film komedi remaja biasanya selalu ada isu klasik seks remaja, baik dalam level sekolah maupun perguruan tinggi.

Film Animal House atau dikenal sebagai National Lampoon’s Animal House, adalah contoh awal kepopuleran film komedi seks remaja yang vulgar dan eksplisit.

Premis Animal House berada dalam ruang lingkup asrama, serta komunitas sosial, baik di sekolah maupun perguruan tinggi.

Ide cerita Animal House terinspirasi dari beberapa kisah yang ditulis Matty Simmons dalam majalah humor National Lampoon.

Ceritanya sendiri merupakan pengalaman pribadi Matty Simmons, Harold Ramis, serta produser Ivan Reitman yang aktif dalam klub persaudaraan atau "fraternity" semasa kuliah.

review film animal house
Universal Pictures

Film Animal House sukses, baik secara kritik maupun pendapatan, akibat nya masuk dalam pelestarian National Film Registry yang signifikan secara kultural, historikal dan estetis.

Bahkan di beberapa tahun kedepan, banyak film yang terinspirasi cerita dari majalah National Lampoon, seperti Class Reunion (1982), Movie Madness (1983), beberapa seri Vacation dan masih banyak lagi.

Animal House
mengisahkan tahun 1962, kala itu terdapat dua klub persaudaraan di Faber College

Klub pertama itu eksklusif dan premium "Omega Theta Pi" yang dipimpin Greg (James Daughton).

Sedangkan klub kedua adalah "Delta Tau Chi" yang dikenal liar dan urakan, serta dipimpin Robert (James Widdoes). 

Dekan universitas, Vernon (John Vernon) berniat menyingkirkan "Delta Tau Chi" yang masih dalam berada dalam proses percobaan.

Vernon punya dalih untuk menegakkan moralitas kampus dari berbagai tindak pelanggaran, alkoholisme, serta minim prestasi akademik.

Vernon mengutus Greg untuk mencari cara menyingkirkan "Delta Tau Chi", dengan memanfaatkan Douglas (Mark Metcalf), pimpinan Kadet Korps Pelatihan Petugas Cadangan.

Sementara sejumlah insiden terjadi akibat kejahilan "Delta Tau Chi" terhadap Douglas dan "Omega Theta Pi".

Sementara, seorang anggota "Delta Tau Chi" yaitu Otter (Tim Matheson), berupaya mendekati kekasih Greg bernama Mandy, semakin menambah memperburuk keadaan.

ulasan film animal house
Universal Pictures

Cerita film Animal House dibuka dengan sudut pandang dari dua mahasiswa baru, Larry (Thomas Hulce) dan Kent (Stephen Furst) yang menghadiri sebuah pesta, sekaligus membandingkan kedua klub tersebut.

Berbagai kejadian menarik dan aksi komedi, mengejutkan mereka terutama saat berada dalam pesta 
"Delta Tau Chi", sehingga Larry dan Kent tertarik dan ingin bergabung.

Meski "Delta Tau Chi" dipimpin Robert, namun peran Otter yang lebih menonjol karena bersahabat, ramah, melalui gaya flamboyan, sekaligus seorang playboy.

Sahabat Otter adalah Boon (Peter Riegert), memiliki hubungan pasang surut dengan Katy (Karen Allen) 
yang bimbang dan malah tertarik dengan sang dosen bernama Dave (Donald Sutherland).

Kebrutalan "Delta Tau Chi" itu berasal dari sosok D-Day (Bruce McGill), seorang pengendara motor dengan kumis dengan gaya eksentrik.

"Delta Tau Chi" tidak akan pernah meriha tanpa mahasiswa abadi, Bluto (John Belushi) yang paling gila dan urakan.

Bluto punya penampilan cuek dan kelakuan jorok, gemar minum dan mengintip para gadis, serta selalu bercanda dalam situasi apapun.

Namun saat berperang dengan 
"Omega Theta Pi", Bluto dan D-Day adalah tipe eksekutor yang selalu mengerjakan misi kotor.

sinopsis film animal house
Universal Pictures

Sementara dari kubu "Omega Theta Pi", Greg digambarkan sebagai sosok anak orang kaya yang angkuh dan arogan.

Karakter figur Vernon adalah orang yang sinis, kejam, licik dan culas, sekaligus tipe penjilat saat berhadapan dengan Walikota.

Kehidupan rumah tangga Vernon tidak harmonis, apalagi sang istri adalah tipe orang genit. 

Sosok Douglas adalah tipikal orang yang galak namun bodohnya sangat kentara, saat mudah dikelabui dan dikerjai "Delta Tau Chi". 
 

Arahan John Landis tipikal gaya komedi itu, begitu memukau saya untuk selalu tertawa lepas hingga terbahak bahak dalam banyak adegan konyol berkelas.

Sejumlah adegan memorable dan unik terjadi di sepanjang cerita, seperti saat Bluto mengintip Mandy sedang membuka pakaian, serta Bluto pula yang membuat provokasi “perang makanan” di kantin, hingga adegan seks Larry dalam "Toga Party".

Tak lupa ada alur khusus kisah Otter, Boon, Larry serta Kent dalam 
perjalanan ke luar kota, mengerjai para gadis di kampus lain.

Adegan Dave, Boon, Katy, serta Larry menghisap ganja, tak kalah unik sekaligus kocak.

komedi seks remaja film animal house
Universal Pictures

Komedi paling kocak dan konyol adalah adegan kematian seekor kuda, diperlihatkan dengan gaya kartun. 

Entah bagaimana teknik eksekusi adegan itu, mengingat belum ada CGI, namun hasil nya luar biasa melalui gaya freeze kamera, lengkap dengan ekspresi muka kuda itu.

Begitu pula koreografi dalam adegan "Toga Party" saat sebuah band membawakan lagu "Shout", hadir energi besar dan suasana humor meriah.

Puncak adegan terbesar sekaligus paling heboh tentu saja saat ada parade Faber College, menjelang akhir cerita. 

Bebagai aksi komedi konyol namun keren, dilakukan dengan luar biasa, sehingga ada kekacauan besar yang lepas kendali.

Judul dari Animal House memang sesuai dengan premis cerita, bahwa perilaku "Delta Tau Chi" bagaikan "binatang" yang nakal, liar, serta cukup brutal.


Baca juga: Porky's (1981) : Komedi Vulgar Remaja dan Balas Dendam

Namun hal tersebut muncul, dari pandangan negatif Vernon dan Greg terhadap 
"Delta Tau Chi".

Animal House adalah salah satu film pelopor komedi seks remaja melalui solidaritas dalam klub persaudaraan, berbagai aksi nakal dan liar, isu pubertas, serta gaya komedi slapstick berkelas.

Selain itu, keunggulan Animal House ada pada dialog elegan, tanpa dibubuhi sejumlah kata kasar atau umpatan dalam film masa kini.

Semua ciri khas film komedi seks remaja, banyak sekali diproduksi hingga era 2000’an, dengan tujuan untuk hiburan tanpa ada politik identitas busuk.

Saya selalu kangen terhadap film sejenis yang berkualitas.

Demikian sinema drama review Animal House, awal kepopuleran komedi seks remaja.

Score: 4 / 4 stars

Animal House
| 1978 |  Drama, Komedi, Remaja | Pemain: John Belushi, Tim Matheson, John Vernon, Verna Bloom, Thomas Hulce, Stephen Furst, Donald Sutherland, Kevin Bacon | Sutradara: John Landis | Produser: Matty Simmons, Ivan Reitman | Penulis: Harold Ramis, Douglas Kenney, Chris Miller | Musik: Elmer Bernstein | Sinematografi: Charles Correll | Distributor: Universal Pictures | Negara: Amerika Serikat | Durasi: 109 Menit

Comments